Ini Lho Peraturan Gila Era Romawi Kuno, Indonesia Bisa Kacau Jika Menerapkannya Sekarang

oleh Admin
16:30 PM on Oct 15, 2016

Zaman dulu memang banyak peraturan aneh-aneh. Jika Anda pernah menonton film The DaVinci Code, di sana ada sebuah kisah masa lalu kelam. Perempuan yang berjuang untuk kebebasan mereka dicap penyihir dan ditenggelamkan begitu saja di sungai atau danau. Mengerikan ya?

Rupanya, hal-hal seperti itu kerap terjadi di masa lalu. Peraturan yang aneh bin ajaib dibuat dan itu disahkan oleh kerajaan lho! Salah satu kerajaan yang memiliki aneka aturan yang bikin dahi mengenyit ini adalah Kekaisaran Roma Kuno. Pada era itu, perempuan tidak boleh menangis di pemakaman! Waduuuhhh apa ada yang lebih absurd lagi? Banyak, simak saja di bawah ini:

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Memakai Apapun yang Berwarna Ungu Adalah Kejahatan

Pada era Roma Kuno, warna ungu adalah sesuatu yang mewah. Hal ini karena pewarnanya harus didatangkan dari kerajaan lain, sehingga yang boleh memakainya hanya para Kaisar saja. Selain mereka, dianggap melanggar hukum dan termasuk tindak kejahatan.

jubah ungu para bangsawan
jubah ungu para bangsawan [via]

Belum lagi, kaum menengah ke bawah dianggap nista dan tidak boleh memakai apapun yang berbau kemewahan atau mirip seperti kaum bangsawan atau keluarga kerajaan. Bisa dibayangkan jika aturan ini diterapkan di Indonesia, mungkin hampir semua wanita masuk penjara karena hobi pakai baju berwarna-warni apalagi ungu pastel. Walah, repot juga ya!

Wanita Hanya Punya Waktu Tiga Hari Dalam Satu Tahun Untuk Keluar Rumah

Mari kita teriak bersama-sama…SUMPAH? Ya, peraturan ini memang ada di zaman Romawi Kuno. Kala itu, perempuan yang sudah menikah menjadi milik suaminya sepenuhnya. Mereka hanya punya waktu tiga hari dalam satu tahun untuk meninggalkan rumah dan melakukan hal-hal yang mereka suka.

suami istri era roma kuno
suami istri era roma kuno [via]

Jika mereka tidak melakukan hal tersebut, maka otomatis haknya sebagai manusia ‘dicabut’ alias akan dianggap seperti barang yang tidak memiliki kebebasan apapun. Oleh karena itu, mereka harus pergi selama tiga hari dan tinggal di tempat lain agar tetap dianggap sebagai manusia. Padahal di Indonesia, perempuan bisa keluar ke mana saja kapan saja setiap hari. Untunglah ini tidak terjadi di era modern.

Ayah Boleh Membunuh Seluruh Keluarganya

Ini bisa jadi peraturan paling gila yang terjadi pasa era Romawi Kuno. Pada awal-awal kerajaan ini berdiri, seorang Ayah bebas melakukan apa saja, termasuk membunuh keluarganya sendiri. Jadi misalkan anaknya nakal dan tidak bisa dinasihati, si Ayah boleh saja membunuhnya.

pembunuhan dilegalkan pada masa itu
pembunuhan dilegalkan pada masa itu [via]

Tidak hanya itu, anak perempuan di era Romawi Kuno juga sangat tersiksa. Mereka harus terus menurut pada Ayahnya, memiliki rasa takut dan juga tidak boleh sedikitpun membuat Ayahnya jengkel. Anak perempuan baru mendapatkan kemerdekaan hidup yang sesungguhnya saat Ayah mereka sudah meninggal dunia. Waduh, ABG di Indonesia bisa mati semua kalau begitu aturannya ya. Mengingat pertengkaran atau selisih paham antara orangtua dan anak kerap terjadi bukan?

Pekerja Seks Komersial Harus Mewarnai Rambutnya Menjadi Pirang

Secara genetis, perempuan di Roma memiliki rambut berwarna hitam, dan orang bar-bar berwarna pirang. Untuk membedakan mana PSK dan perempuan baik-baik pada masa itu, para penjaja cinta itu diharuskan mewarnai rambutnya menjadi pirang. Ini seperti ‘kode’ bahwa perbedaan warna rambut menunjukkan status mereka.

prostitusi era roma kuno
prostitusi era roma kuno

Tapi faktanya, perempuan era Roma Kuno lain justru iri karena mereka menganggap warna pirang itu lebih cantik dan seksi. Akhirnya warna rambut pirang ini dipakai oleh siapapun, bahkan dari kaum Bangsawan sampai memelontosi rambut para budak untuk dijadikan wig. Parah luar biasa!

Aturan aneh tapi nyata ini untungnya sudah dihapuskan sejak hukum di suatu kerajaan diperbaiki terus menerus. Selain tidak manusiawi juga menyiksa orang-orang yang harus menganut hukum tersebut. Untunglah kita hidup di masa sekarang ya, terlebih di Indonesia yang kebebasannya masih tinggi. Hayo zaman dulu saja mewarnai rambut dan memilih warna baju saja ada aturannya, hihihi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA