Peradaban Dunia Ternyata Berasal dari Indonesia, Teori Ini Jadi Buktinya

oleh Adi Nugroho
06:00 AM on Oct 12, 2016

Selama puluhan tahun, semua orang percaya bahwa pusat peradaban dunia berasal dari kawasan Mesir atau Mesopotamia. Peradaban ini akhirnya menyebar ke banyak wilayah dunia seiring berjalannya waktu. Dari kejadian ini akhirnya muncul peradaban baru di kawasan Asia, Amerika, dan Afrika yang berkembang hingga sekarang.

Setelah teori peradaban ini dianggap benar dan dipercaya banyak orang, teori baru akhirnya muncul. Teori ini menyebutkan bahwa peradaban manusia modern berasal dari kawasan Sundaland khususnya Indonesia. Dari Indonesia inilah akhirnya peradaban menyebar ke banyak tempat. Berikut beberapa bukti atau temuan yang dijadikan dasar teori.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Indonesia adalah Benua Hilang alias Atlantis

Selama 30 tahun melakukan penelitian, seorang profesor bernama Arysio Santos menyimpulkan bahwa benua yang hilang itu adalah Indonesia. Dalam teori itu dia mengatakan bahwa pusat peradaban dan kebudayaan ada di khatulistiwa. Saat era es, kawasan ini lebih hangat sehingga ditinggali banyak orang. Seiring berjalannya waktu dan es mencair, pusat peradaban ini tergenang dalam air dan orang yang hidup di sana pergi ke dataran lebih kering di utara dan selatan khatulistiwa.

Atlantis [image source]
Atlantis [image source]
Teori ini menyebutkan bahwa manusia yang ada di dunia berasal dari Indonesia. Setelah menyebar, mereka memiliki peradaban baru dan beradaptasi dengan lingkungan. Akhirnya muncullah peradaban baru sebesar Mesir, Mesopotamia, dan Tiongkok.

2. Penemuan Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang adalah kawasan megalitikum yang ditemukan di kawasan Cianjur, Jawa Barat. Di tempat ini terdapat batuan dari masa lalu yang berserakan tidak keruan. Di bawahnya, terdapat sebuah punden berundak yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Diprediksi, punden berundak ini digunakan untuk keperluan ritual dari kepercayaan yang dipercaya kala itu.

Gunung Padang [image source]
Gunung Padang [image source]
Yang membuat penemuan ini cukup menarik adalah umur dari batuan yang digunakan. Berdasarkan uji karbon yang dilakukan, batuan di sini berusia sekitar 9.000 tahun. Usia dari batu ini jauh lebih tua dari Piramida Giza di Mesir yang konon merupakan peninggalan dari peradaban tertua di seluruh dunia.

3. Lukisan Gua Maros yang Mengagumkan

Gua Maros adalah gua dengan struktur batuan karst yang terletak di Maros, Sulawesi Selatan. Di dalam gua yang sangat tua ini ditemukan sekitar 12 cap tangan manusia dan beberapa gambar hewan. Lukisan ini berasal dari peradaban kuno yang konon telah berusia ribuan tahun dan lebih tua dari peradaban di Mesopotamia.

Gua Maros [image source]
Gua Maros [image source]
Dari penelitian yang dilakukan Pusat Arkeologi Nasional, Universitas Wollogong, dan Universitas Griffith ditemukan sebuah fakta mencengangkan. Umur dari lukisan ini lebih dari 40.000 tahun. Artinya di masa itu sudah ada manusia yang membentuk peradaban meski belum begitu maju. Diperkirakan yang hidup di sini adalah manusia modern jenis Homo Sapiens.

4. Penemuan Kapal Nabi Nuh yang Konon Terbuat dari Kayu Jati

Pada tahun 1949, di Gunung Arafat Turki ditemukan adanya benda yang mirip dengan kapal yang besar. Setelah diselidiki selama beberapa kali, benda itu mirip sekali dengan kapal besar yang digunakan oleh Nabi Nuh untuk selamat dari banjir besar yang menenggelamkan dunia. Dia dan pengikutnya yang taat menaiki kapal ini hingga akhirnya hanyut tidak tentu arah.

Bahtera Nuh [image source]
Bahtera Nuh [image source]
Dari serpihan fosil yang ditemukan ditemukan sebuah fakta yang cukup mencengangkan. Dari fosil itu diketahui bahwa kayu yang digunakan untuk kayu berasal dari kayu jati. Kayu yang digunakan ini berasal dari Pulau Jawa. Dari penemuan ini muncul dugaan jika kebudayaan di kawasan Jawa sudah maju sejak puluhan ribu tahun lalu sebelum akhirnya menyebar ke banyak tempat di dunia.

Inilah teori dan juga bukti yang menunjukkan bahwa peradaban yang ada di dunia berasal dari Indonesia. Ribuan tahun sebelum Mesir kuno mulai menunjukkan nyalinya, sudah ada peradaban hebat di Indonesia. Bagaimana menurutmu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA