Kasihan! Penyu Ini Kesakitan Gara-Gara Sedotan Nyangkut di Hidungnya

oleh Tetalogi
15:00 PM on Aug 19, 2015

Saat main ke pantai atau laut, lalu membuang sampah dengan melemparnya ke laut, pernah nggak sih membayangkan kemana perginya sampah itu? Ke dasar laut? Belum tentu, bisa jadi sampah-sampah itu nyangkut ke makhluk laut yang tinggal di sana dan melukai mereka. Jangan dikira ‘ini cuma plastik’ bisa menjadi pembenaran membuang sampah ke laut. Justru plastik ini bisa melukai dengan cara yang tidak kamu kira.

Beberapa waktu lalu, sebuah video muncul dan menjadi viral. Video tersebut menggambarkan seekor penyu dengan sedotan yang tersangkut di hidungnya. Sekelompok ilmuan berusaha menarik sedotan yang nyangkut di lubang hidung penyu laut tersebut kurang lebih selama 10 menit.

Baca Juga
Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
Chatting Kocak Anak Ingusan Main Online Shop Ini Endingnya Bikin Melongo

Christine Figgener dan koleganya saat itu sedang mengumpulkan data tentang penyu laut saat mereka menyadari ada sesuatu di lubang hidung penyu jantan seberat 35 kg tersebut. Ia dan anggota timnya mengambil sample kecil dari benda asing tersebut dan ternyata benda yang tersangkut tersebut adalah sedotan plastik.

Penyu yang malang dengan sedotan yang tersangkut di hidungnya [Image Source]
Penyu yang malang dengan sedotan yang tersangkut di hidungnya [Image Source]
Setelah yakin bahwa itu bukan parasit yang menempel ke bagian otak si penyu, para peneliti memutuskan untuk mengambil sedotan sepanjang 10 cm itu dari hidung si penyu. Karena mereka berada di tengah laut, akhirnya tim berusaha mengambil sedotan tersebut dengan peralatan yang terbatas.

Dengan menggunakan tang, para peneliti berusaha menarik sedotan dari hidng penyu laut yang kesakitan tersebut. Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana penyu tersebut menutup mata saat proses yang terlihat sangat menyakitkan tersebut. Darah terlihat keluar dari hidup penyu yang malang itu sebelum akhirnya sedotan itu bisa diambil sepenuhnya.

Para ilmuan berusaha melepaskan sedotan dari hidungnya [Image Source]
Para ilmuan berusaha melepaskan sedotan dari hidungnya [Image Source]
Tim tersebut kemudian memberikan perawatan dengan iodin sebagai desinfektan pada hidung si penyu dan merawat penyu tersebut untuk diobservasi selama beberapa saat sebelum akhirnya dilepaskan kembali ke lautan lepas. Memang prosedur tersebut terlihat menyakitkan, namun semoga saja penyu tersebut bisa bernafas dengan lega kembali.

Kemungkinan, penyu tersebut tidak sengaja menelan sedotan tersebut saat mencari makan, tersedak, kemudian berusaha memuntahkannya kembali. Namun karena saluran makan dan udara penyu saling terhubung, saat ia berusaha memuntakannya, sedotan tersebut salah jalur keluar dan tersangkut di lubang hidung reptil yang malang ini.

https://www.youtube.com/watch?v=-TxP7TXyn8g&feature=youtu.be

Menurut Christine Figgener, sampah seperti tas plastik atau sikat gigi biasanya berakhir di dalam perut binatang laut. Seringkali kait pancing juga tersangkut di mulut atau sirip penyu yang akhirnya jelas-jelas melukai binatang tersebut.

Nah, kalau sudah seperti ini, masak sih kamu masih mau membuang sampah sembarangan di laut? Yuk mulai memikirkan kehidupan makhluk lain di bumi karena kita tidak tinggal sendirian di sini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA