Bisa dibilang, 2017 merupakan tahun emas bagi banyak artis. Pasalnya, banyak di antara mereka yang sukses bukan cuma karena prestasi, tapi juga makin terkenal lewat bantuan sosial media yang berpengaruh besar. Sebagian besar dari mereka cocok dikategorikan sebagai artis yang sedang naik daun, tapi ada pula yang berasal dari kalangan senior.

Melihat fenomena artis di social media dan televisi membuat kita penasaran, siapakah artis terkaya, khususnya penyanyi, dengan bayaran termahal di tahun penuh sensasi ini? Boombastis punya jawabannya! Setelah membaca ulasan tarif penyanyi Indonesia ini, dapat dipastikan mulut kalian akan ternganga lebar-lebar karena syok melihat buah kesuksesan mereka.

1.  Terkenal karena Hartanya Nggak Habis-habis

Sudah bukan rahasia lagi jika Syahrini menempati urutan pertama untuk urusan kekayaan. Bagaimana tidak, pundi-pundi uangnya tak hanya berasal dari job menyanyi saja, tapi juga dari bisnisnya yang mungkin tak akan habis tujuh turunan! Lagu-lagu Syahrini tahun ini memang tidak se-pecah ‘Sesuatu’ beberapa tahun lalu. Meski demikian kalau untuk urusan duit, diva yang cukup banyak jadwal off airnya ini belum ada yang mengalahkan sensasionalnya.

Pricey – Syahrini [image source]
Dilansir dari detik.com, pihak yang mengundang Syahrini untuk sekali manggung harus merogoh kocek dari Rp. 60-250 juta. Bahkan, dalam acara penghargaan pun Syahrini masih mengantongi 100 juta hanya untuk menghadirinya. Belum lagi bisnis rahasia penyanyi termahal ini, serta tarif endorse-nya yang bikin puyeng para vendor dan kita para fans jelata princess kalau lihat tarifnya.

2. Agnez Mo, Tarifnya Pakai Dollar

Menyusul Anggun, penyanyi yang kita kenal dulu dengan nama Agnes Monica ini telah lama mewujudkan cita-citanya go international. Kini, persjuangan itu terjawab sudah. Penyanyi kelahiran 1 Juli 1986 ini telah dikenal dunia dengan nama Agnez Mo. Tahun ini mantan presenter acara anak-anak ’90an tersebut makin nge-gas menelurkan single internasional hinga berkolaborasi dengan penyanyi luar. Tentu saja tarif untuk mengundang penyanyi internasional sudah beda.

Pricey – Agnez Mo [image source]
Jarang sekali kita melihat Agnez Mo manggung di Indonesia, kemungkinan besar selain jadwal tur dunianya yang padat, pihak promotor tanah air juga mikir-mikir untuk mengundangnya. Sekali manggung, Agnez Mo mematok harga Rp. 100 juta. Nggak kebayang seberapa banyaknya nominal segitu kalau kita genggam di tangan.

3. Via Vallen, Penyanyi Baru yang Mendadak Tajir

Setiap penyanyi pasti memiliki waktunya sendiri, di mana mereka menempati posisi emasn. Bisa dibilang, 2017 merupakan tahunnya Via Vallen. Bagaimana tidak, lagu yang dibawakannya didendangkan di mana-mana. Via bahkan digadang-gadang menggeser Ayu Tingting dan beberapa penyanyi dangdut baru yang mengguncang 2016 lalu.

Pricey – Via Vallen [image source]
Berkat lagu Sayang itu, Via kini tak bisa lagi menyimpan uang di dompetnya, karena bisa-bisa jebol dimasuki nominal sebanyak itu. Selain manggung, Via kini juga berbisnis oleh-oleh kekinian serta menerima endorsement di akun instagramnya. Nah, jika kalian berminat menjadikan Via Vallen sebagai bintang tamu pada acara kalian, tarif penyanyi dangdut kekinian ini sekitar Rp. 60 jutaan, ya!

4. Cita Citata, Patok Tarif Per Lagu

Selain Nikita Willy, ternyata ada juga artis muda yang diam-diam sudah tajir melintir. Ya, sosok tersebut merupakan Cita Citata. Siapa sangka bahwa salah satu penyanyi termahal ini malah terkenal lewat jalur dangdut, padahal dulunya menggilai genre jazz. Selain lagu, Cita Citata juga penyanyi yang dikenal karena kisah cinta sensasionalnya yang wara-wiri di acara gosip.

Pricey – Cita Citata [image source]
Pelantun Sakitnya tuh Di Sini ini pun tak pernah sepi job, namun konflik yang melibatkannya juga berbanding lurus. Meskipun begitu, bukannya meredup, Cita Citata malah kebanjiran tawaran. Diketahui, tarif yang dipatok penyanyi berusia 23 tahun ini bukan sekali manggung, tapi per lagu yang dibawakan. Manajemennya memberi kisaran harga Rp. 10 juta per lagu.

5. Ayu Ting Ting, Kontroversi Membuatnya Tajir

Kadang kita tidak sadar, semakin sering seorang artis diperbincangkan, semakin kaya pula dia. Sepanjang tahun 2017 ini, publik tak henti-hentinya menghujat Ayu Ting Ting. Mulai dari disebut jadi orang ketiga dalam rumah tangga Raffi-Gigi, digosipkan akan bertunangan dengan Ivan Gunawan, dan masih banyak lagi.

Pricey – Ayu Ting Ting [image source]
Hal tersebut secara tidak langsung membuat Ayu Ting Ting meraup kekayaan dari popularitasnya yang semakin tinggi. Diketahui tarif sekali manggungnya berkisar Rp. 100 juta, sedangkan sekali posting dalam akun instagramnya, ia mematok harga Rp. 9 jutaan. Belum lagi bisnisnya yang tidak diketahui publik. Bisa dikira-kira sendiri lah, harta panutan para bala jaer ini sudah se-menggunung apa. Meski begitu, Ayu Ting Ting dikenal sebagai tulang punggung keluarga yang menghidupi anak dan keluarganya.

6. Krisdayanti, Termahal Kedua se-Asia

Siapa sangka penyanyi senior yang sudah tak pernah tampil di layar kaca ini, meraih posisi penyanyi termahal kedua se-Asia. Bagi KD, memasuki usia kepala 4 bukanlah penghalang untuk terus produktif berkarya. Meski tak pernah kita lihat ia menyanyi di stasiun tv nasional, bukan berarti dirinya tak manggung di negara lain, kan?

Pricey – KD [image source]
Banyak yang bilang popularitas KD sekarang tergantikan oleh penyanyi pendatang baru. Faktanya nama Krisdayanti sepertinya masih belum bergeser dari jajaran Diva. Tarifnya pun masih kelas kakap. Ibu kandung Aurel Hermansyah ini masih mematok harga Rp. 100 jutaan untuk sekali manggung. Puyeng, puyeng, tuh, penyanyi baru~

7. Aura Kasih, “Tarif Segitu Masih Tergolong Murah”

Nggak ada yang nyangka mungkin kenapa Aura Kasih yang masuk daftar ini. Kenapa bukan Raisa, Afgan, apalagi Rossa? Putus dari Glenn Fredly rupanya membuat Aura Kasih semakin produktif. Hal tersebut dilihat dari seringnya ia mendapat job untuk menyanyi off air. Sama seperti Cita Citata, ia memiliki standar tersendiri untuk menentukan tarif bernyanyinya.

Pricey – Aura Kasih [image source]
Jika Cita mematok harga untuk tiap lagunya, Aura Kasih memberi tarif Rp. 60 juta untuk satu jam ia bernyanyi di depan penonton. Ia mengungkapkan tarif yang diberikannya masih tergolong murah jika dibandingkan dengan para penyanyi lain, karena ia masih harus membagikan nominal tersebut pada para crew dan pemain bandnya.

8. Inul Daratista, Tolak Kerja di Luar Kota Bukan Berarti Sepi Job

Beberapa waktu lalu, Inul Daratista disebut sombong oleh netizen dikarenakan dirinya tak banyak menerima pekerjaan di luar kota. Hal tersebut disebabkan oleh ketakutannya untuk melakukan perjalanan udara. Penggagas goyang ngebor ini mengungkapkan jika ada job di Jakarta, itulah yang ia prioritaskan terlebih dulu.

Pricey – Inul Daratista [image source]
Nyatanya, dengan kondisi seperti itu pun, Inul masih tergolong banyak menerima job di tahun 2017. Mulai dari juri acara dangdut, mengurus bisnis karaoke dan banyak lagi. Sama seperti Syahrini, sekali manggung ia akan menerima segepok uang berjumlah Rp. 100 hingga 300 jutaan. Meskipun begitu, ia kerap berpenampilan sederhana di sosial medianya.

Rupanya, tahun ini dirajai oleh banyak penyanyi perempuan. Lihat saja dari daftar di atas, tak satu pun penyanyi laki-laki yang kita temukan. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa perempuan tak hanya bisa menggantungkan hidup pada laki-laki, tapi harus bisa memiliki kekayaan sendiri. Dari 8 penyanyi di atas, siapa yang menjadi favoritmu, boombers?