5 Mitos Schizophrenia, Penyakit yang Bisa Membuatmu Jadi Pembunuh

oleh Adi Nugroho
11:00 AM on Feb 27, 2016

Indonesia memang tidak akan pernah kehabisan berita yang menghebohkan. Setelah isu LGBT yang saat ini masih menjamur, lalu masalah penyensoran yang penuh kontroversial, dan sekarang polisi yang membunuh. Polisi yang menghabisi dua anaknya lalu memutilasi mereka dengan cara yang sangat mengerikan. Kejadian ini sontak membuat Indonesia dan lembaga kepolisian jadi gempar.

Ada ada dugaan jika pelaku yang melakukan hal mengerikan itu menderita schizophrenia yang cukup parah. Apalagi ada cerita yang mengatakan jika penyakit kejiwaan itu menyerangnya sejak berusia 4 tahun. Lantas, seperti apakah penyakit schizophrenia itu? Benarkan mampu membuat seorang menjadi seorang pembunuh berdarah dingin? Yuk, simak uraian selengkapnya.

Baca Juga
Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
Chatting Kocak Anak Ingusan Main Online Shop Ini Endingnya Bikin Melongo

1. Hampir Semua Penderita Schizophrenia Sangat Berbahaya

Di dalam cerita fiksi atau pun film, orang dengan penyakit schizophrenia selalu digambarkan sebagai orang yang kejam. Orang yang tega melakukan apa saja dengan tanpa merasa bersalah. Misal membunuh orang yang ia cintai dengan cara yang keji. Faktanya, tak semua penderita schizophrenia adalah orang berbahaya terutama mereka yang mendapatkan perawatan.

Jadi pembunuh [image source]
Jadi pembunuh [image source]
Orang dengan schizophrenia memang memiliki perilaku yang tidak terduga. Kadang melakukan hal-hal yang berada jauh dari nalar. Dan mereka yang kerap melakukan kekerasan hingga pembunuhan biasanya memiliki gangguan lain. Misal kekerasan yang dialami saat kecil. Hal ini bisa membuat seorang schizophrenia terkonstruksi untuk melakukan hal yang sama.

2. Penderita Schizophrenia Punya Kepribadian Ganda

Banyak orang yang percaya jika orang dengan schizophrenia adalah orang yang memiliki kepribadian ganda. Mitos itu salah kaprah. Meski orang dengan schizophrenia sering terlepas pikiran warasnya. Mereka tetaplah orang dengan kepribadian yang sama. Tidak ada perbedaan kepribadian seperti orang yang mengalami gangguan kepribadian ganda.

Berkepribadian ganda [image source]
Berkepribadian ganda [image source]
Orang dengan schizophrenia akan kehilangan kesadaran. Seperti terlepas dari dunia yang berisi norma-norma kebenaran. Orang dengan kepribadian ganda biasanya tahu mana benar dan salah. Namun dua kepribadian itu bertindak sendiri-sendiri. Dua gangguan ini berbeda jenis, begitu pula berbeda cara penanganannya.

3. Orang dengan Schizophrenia Biasanya Bodoh

Orang dengan gangguan schizophrenia memang akan mengalami gangguan pada beberapa tes mental. Mereka tidak bisa memperhatikan sesuatu dengan baik. Bahkan kemampuan belajar dan mengingat juga sangat rendah. Namun gangguan ini tidak serta merta membuat mereka menjadi orang yang sangat bodoh, kan?

John Nash [image source]
John Nash [image source]
Banyak orang yang menderita schizophrenia justru merupakan orang pandai. Mereka adalah peraih nobel Matematika bernama John Nash. Kemampuannya dalam dunia Matematika yang rumit tak diragukan lagi. Selanjutnya ada penari balet legendaris dari Rusia bernama Vaslav Nijinsky. Dari dua contoh di atas kita bisa menyimpulkan jika mitos orang schizophrenia bodoh itu tak sepenuhnya benar.

4. Penderita Schizophrenia Harus Tinggal di Rumah Sakit Jiwa

Satu lagi mitos yang harus diluruskan agar tidak terjadi kesalahan persepsi. Orang dengan schizophrenia bukanlah orang yang gila. Mereka memang mengalami gangguan pada otak hingga kadang membuat mereka jadi hilang kendali. Meski demikian, memasukkan mereka secara permanen ke dalam rumah sakit jiwa bukanlah tindakan yang tepat.

Rumah sakit jiwa [image source]
Rumah sakit jiwa [image source]
Mungkin di saat-saat tertentu mereka butuh perawatan yang sangat intensif. Namun setelah perawatan selesai mereka bisa keluar. Keluarga harus terus mengawasi agar pengobatan berjalan dengan baik. Dengan adanya dukungan keluarga ini, tak perlu lagi seseorang dengan schizophrenia harus hidup selamanya di rumah sakit jiwa.

5. Tidak Ada Harapan Sembuh Bagi Penderita Schizophrenia

Banyak yang percaya jika orang dengan gangguan schizophrenia tidak akan memiliki kesempatan untuk sembuh. Jika sudah menderita sejak kecil, maka sampai mati akan terus menderita. Tak akan ada harapan sembuh karena penyakit mental ini tergolong parah. Namun sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan dengan total.

Terapi Schizophrenia [image source]
Terapi Schizophrenia [image source]
Setidaknya 25% orang yang mengalami gangguan ini bisa sembuh dengan total. Bahkan 50% orang yang menjalani perawatan mendapatkan kemajuan yang sangat pesat. Jadi mitos penyakit ini tak bisa disembuhkan adalah sebuah kesalahan. Bahkan bisa menjatuhkan harapan penderita schizophrenia yang ingin sembuh dengan total.

Inilah lima mitos seputar schizophrenia yang konon bisa membuat seseorang menjadi seorang pembunuh. Bagaimana dengan pendapat sobat Boombatis? Iyakah polisi yang membunuh dua anaknya itu mengalami gangguan schizophrenia?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA