Pernahkah kalian bertanya: dari mana datangnya virus penyakit ya? Kenapa ada virus mematikan semacam HIV atau Ebola yang membuat siapa saja mati dengan cepat? Apakah virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit itu menjangkiti manusia ada di bumi sejak jutaan tahun yang lalu? Atau tidak sengaja datang ke bumi dengan cara yang tidak tidak terduga?

Well, beberapa peneliti masih meributkan teori ini. Ada yang bilang kalau organisme yang menyebabkan manusia jadi sakit itu berasal dari luar angkasa. Melalui komet, meteor, dan benda langit lain yang jatuh ke bumi, bibit penyakit itu akhirnya beradaptasi dan mampu menginveksi manusia dengan cara yang mengerikan. Berikut penyakit yang diduga berasal dari luar angkasa.

1. HIV

Human immunodeficiency virus atau HIV adalah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh manusia. Individu yang terjangkiti ini jadi rentan terkena penyakit mematikan yang menyerang paru-paru atau organ dalam lainnya. Kalau sudah dalam fase ini, tingkat kematian dari seseorang menjadi sangat tinggi karena tubuh sudah susah merespons pengobatan.

HIV di India [image source]
Beberapa orang masih meributkan mengenai muasal dari virus ini. Banyak teori yang mengatakan kalau virus ini sengaja dibuat oleh negara tertentu untuk menghancurkan penduduk dunia. Selanjutnya ada yang mengatakan kalau virus ini tidak berasal dari bumi, tapi dari luar angkasa dan masuk ke bumi melalui komet yang jatuh jutaan tahun yang lalu.

2. Ebola

Masih ingat dengan wabah Ebola yang pernah membuat Afrika jadi geger beberapa tahun yang lalu? Ya, penyakit ini menyerang organ di dalam tubuh dengan cepat. Seseorang yang terjangkit virus ini akan mengalami pendarahan yang sangat hebat hingga menyebabkan tubuhnya jadi lemas dan akhirnya kematian adalah hal paling cepat yang bisa terjadi kepada penderitanya.

Evakuasi wabah ebola [image source]
Seorang profesor bernama Ashley Dale dari Universitas Britol mengatakan kalau virus yang menyebabkan seseorang terjangkiti berasal dari luar angkasa. Virus ini masuk dengan komet yang jatuh di bumi dan bertahan hidup di sana ribuan atau bahkan jutaan tahun. Setelah beradaptasi dengan lingkungan, virus ini akhirnya menemukan inang yang tepat sehingga bisa tumbuh dengan cepat. Inang itu adalah manusia.

3. SARS

Sekitar 14 tahun yang lalu SARS menjadi salah satu pandemi yang sangat ditakuti oleh manusia. Di Tiongkok, tempat virus ini menyebar, kekacauan terjadi. Banyak orang dengan mudah terjangkiti hingga korban berjatuhan menjadi banyak. Tidak berselang lama, wabah ini akhirnya menyebar ke banyak tempat di dunia termasuk Indonesia juga memiliki beberapa kasus SARS.

Salmonella [image source]
SARS atau severe acute respiratory virus menyerang organ pernapasan manusia dengan cepat. Seseorang yang terkena virus bisa mengalamai gangguan pernapasan parah hingga kematian bisa terjadi jika tidak segera ditolong. Oh ya, menurut peneliti di England Cardiff Center, virus ini berasal dari debu-debu luar angkasa. Debu ini akhirnya jatuh di kawasan Himalaya dan menjangkiti penduduk di Tiongkok.

4. Salmonella

Salmonella adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan manusia. Individu yang terkena bakteri ini akan mengalami diare yang sangat akut sehingga kematian bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diduga terutama mereka yang tidak juga mendapatkan perawatan dengan intensif.

Salmonella [image source]
Ilmuwan mengatakan kalau salmonella berasal dari luar angkasa. Kesimpulan ini diambil karena pada misi luar angkasa 2006 lalu, para astronaut pergi dengan beberapa bakteri ini. Saat dikembangkan di luar angka, virus ini justru berkembang dengan sangat pesat hingga mengalami mutasi yang cukup mengerikan.

Inilah penyakit-penyakit yang kemungkinan besar berasal dari luar angkasa. Kalau saja dugaan ini benar adanya, kemungkinan munculnya jenis penyakit baru bisa saja ada. Di masa depan bisa saja muncul penyakit yang lebih mengerikan dari empat yang telah disebutkan di atas. Serem!