Menjaga pola makan dan olahraga teratur adalah hal yang nggak semua orang bisa lakukan dengan baik, termasuk mungkin kamu yang sibuk dengan berbagai kegiatan. Akibatnya banyak makanan bernutrisi seperti sayuran yang nggak kamu makan setiap hari, belum lagi godaan untuk jajan terus sama temen. Tentu bukan hal yang baik jika nggak punya control terhadap apa yang kita makan, termasuk tingginya resiko kena kolesterol tinggi. Jangan dikira penyakit kolesterol hanya menghampiri yang udah tua aja lho!

Zaman dulu mereka nggak makan makanan dengan jenis makanan kita saat ini yang kebanyakan berminyak, punya banyak pengawet dan juga junk food seperti sekarang. Banyak juga riset yang membuktikan bahwa anak muda saat ini lebih banyak terkena resiko penyakit-penyakit “orang tua” seperti jantung, diabetes dan juga kolesterol. Oleh karena itu tentu kita harus mulai memikirkan tentang bahan makanan apa saja yang kita masukkan dalam tubuh kita. Daripada penasaran, yuk cek dulu fakta-fakta dibawah ini ya, Saboom!

Kolesterol jahat bisa menyebabkan kamu kena penyakit jantung

Kolesterol bisa menyumbat aliran darah ke jantung. (Source)

Dalam tubuh kita ada dua jenis kolesterol, yang baik dan yang jahat. Kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol yang bertugas untuk membersihkan pembuluh darah agar aliran tetap lancar, sedangkan lawannya, LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan dalam arteri. Jika kadar LDL ini melebihi batas, maka otomatis saluran utama untuk darah menuju ke jantung juga tersumbat deh.

Ternyata kolesterol jahat tersembunyi dalam 5 makanan ini

Makanan-makanan ini perlu dihindari nih. (Source)

Makanan yang mengandung kolesterol memang terdapat pada makanan yang banyak mengandung lemak, namun siapa sangka ia juga ada pada makanan favoritmu! Misalnya aja pada cemilan yang mengandung cokelat, butter dan juga telur. Nah ati-ati nih kalo suka makan makanan ini, belum lagi jika ditambah kamu yang suka makan telur. Kalau perlu kurangi konsumsi kuning telur ya, karena kandungan kolesterolnya juga cukup tinggi.

Punya kolesterol yang tinggi tentu lama-lama akan menghambat aktifitasmu

Tentu nggak mau dong aktifitas kita terhambat. (Source)

LDL biasanya mulai menumpuk pada manusia yang berumur 40-an, tapi semakin kesini, jumlah penderita kolesterol tinggi makin muda umurnya. Saat ini umur 25-an aja udah banyak yang kena, biasanya gejala kolesterol tinggi pun bisa kita lihat kasat mata misalkan kesemutan, sering mual dan muntah, mudah lelah dan juga nyeri di bagian leher juga punggung. Tentu gejala-gejala ini bisa menghambat aktifitasmu saat bekerja, jadi mendingan cepat periksain aja!

Untuk anak kosan yang kurang sayur juga wajib hati-hati nih! Karena kolesterol jahat bisa menjangkiti siapa saja

Gaya hidup sehat harus selalu terjaga ya. (Source)

Kenapa anak kosan juga rentan terhadap penyakit ini? Karena ternyata ikan belut yang ada di lalapan deket kosan juga mengandung cukup banyak kolesterol lho! Jangan sampai keenakan mager nggak mau atau nggak sempat makan sehat, kesehatanmu jadi korban seterusnya. Fakta membuktikan bahwa resiko terkena penyakit kolesterol ini bukan hanya dari keturunan, tapi juga dari gaya hidup yang asal-asalan!

Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan, apalagi mumpung masih muda. Justru menjaga kondisi tubuh harus jadi yang utama! Jika kamu takut nggak bisa tepat waktu makan, coba set reminder dan cari teman makan yang sama-sama ingin makan bareng deh. Kalau udah tau fakta-fakta diatas, masih mau nih makan sembarangan? Kita tunggu komentarmu ya, Saboom!