Penting! Tips Untuk Hindari Aktivitas Duduk Seharian

oleh Rizal
03:04 AM on Jun 26, 2015

Meskipun terkesan tidak melakukan kerja berat, duduk seharian ternyata menyimpan potensi buruk untuk kesehatan lho. Mulai dari sakit punggung, obesitas, hingga yang paling serem adalah mati muda. Sudah banyak yang mengalami hal ini dan pastikan kamu bukan orang berikutnya. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengatasi hal ini. Yup, dengan terus bergerak!

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Deadline menumpuk jangan sampai membuatmu diam membatu di kursi. Kamu harus berinisiatif agar terus menggerakkan tubuhmu agar terhindar dari hal-hal mengerikan itu. Bingung caranya? Gampang kok! Ikuti saja deretan tips unik ini.
Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. Berdiri Ketika Menerima Panggilan

Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi cara ini lumayan ampuh untuk membuatmu tetap sehat. Yup, setiap kali kamu berdiri setelah duduk lama, maka peredaran darah serta metabolisme akan lancar. Setelah selesai menerima panggilan, kemudian kamu bisa bergelut lagi dengan kerjaan.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Awalnya mungkin aneh, tapi ketika hal ini sudah menjadi habit maka kamu akan merasakan manfaat yang sesungguhnya. Bagaimana kalau tidak ada yang menghubungi? Make a call!

2. Gunakan Bantuan Aplikasi

Saking Seriusnya dengan kerjaan, kamu pasti makin tenggelam di kursi empuk itu. Nah, sepertinya kamu butuh diingatkan tuh. Caranya bisa menggunakan aplikasi bernama StandApp ini. App ini berguna untuk mengingatkanmu agar berdiri dari bangku pada waktu-waktu tertentu.

Aplikasi StandAPP [Image Source]
Aplikasi StandAPP [Image Source]
Tidak cuma itu, kamu juga akan diingatkan untuk melakukan peregangan kecil sebelum kembali duduk. Asik nih, coba deh!

3. Lakukan Standing Meeting

Deadline menumpuk dan bos mengundangmu untuk hadir meeting penting. Tidak usah stres, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk bisa sehat. Caranya, lakukan standing meeting. Alih-alih duduk di ruang pertemuan, kenapa tidak lakukan meeting sambil berdiri saja?

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Selain menjalin relationship lebih dekat dengan rekan kerja dan atasan, kamu juga bisa mengurangi bahaya terlalu lama duduk.

4. Jalan-Jalan Sebentar Ketika Makan Siang

Tepat tengah hari, saatnya untuk mengisi bahan bakar sebelum berpacu dengan pekerjaan. Nah, biar kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari lunch break, sekalian saja jalan-jalan sebentar. Tidak harus dengan pergi ke mall, cukup lemaskan kaki dengan memutari kantor sambil mengajak yang lain untuk makan siang.

Lunch Break [Image Source]
Lunch Break [Image Source]
Manfaat berjalan-jalan ini kamu akan mampu menangkal risiko sakit punggung karena kelamaan duduk. Biar double manfaat, bisa juga tuh mengajak teman kantor yang cantik itu.

5. Ganti Chatting dengan Percakapan Face to Face

Alih-alih menggunakan berbagai chat apps untuk berkomunikasi, kenapa tidak bertatap muka langsung. Selain bisa menjelaskan hal dengan lebih gamblang, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dengan terus bergerak.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Lakukan terus kebiasaan ini agar kamu tetap bekerja tanpa perlu menghawatirkan dampak buruk dari terlalu lama duduk.

6. Minum Banyak Air

Duduk dalam waktu yang lama ternyata berpotensi membuatmu dehidrasi. Tidak ada cara lain untuk menghindari hal ini selain minum lebih banyak air. Nah, biar bisa membuatmu tetap bergerak, jangan mengisi botol minum penuh sekaligus.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Siasati dengan mengisinya sedikit. Trik ini akan membuatmu lebih sering bergerak.

Hal-hal ringan dan kesannya remeh ini justru akan menyelamatkanmu dari hal-hal mengerikan akibat terlalu mesra dengan kursi kesayangan. Mulai sekarang, biasakan deh untuk melakukan berbagai kebiasaan di atas. Kalau bukan kamu sendiri yang aware, terus siapa lagi? Stay healthy ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA