in

4 Sosok Berdarah Penjajah yang Justru Cinta Mati Dengan Indonesia

4. Fukuda, Tentara Lemah Lembut yang Jatuh Cinta Kepada Gadis Pribumi

3,5 tahun di Indonesia mungkin terasa sebentar bagi Jepang, tapi sangat lama bagi kita. Ya, waktu sepanjang ini lebih dari cukup untuk merasakan kekejaman Jepang yang melegenda itu. Namun lagi-lagi, tidak semua orang Jepang yang ada di Indonesia kejam. Beberapa mereka juga sangat menyayangi negeri ini dan apa yang ada di dalamnya.

Tak semua tentara Jepang beringas. Beberapa dari mereka justru sangat lembut [Image Source]
Tak semua tentara Jepang beringas. Beberapa dari mereka justru sangat lembut [Image Source]
Cerita tentang Fukuda, sang tentara Jepang muda mungkin tak banyak yang tahu. Tapi, kisah ini diceritakan turun temurun oleh orang-orang tua di Hokeng, Flores Timur. Dikisahkan, tentara Fukuda ini mencintai seorang gadis pribumi, namun lewat jalan normal tanpa satu pukulan atau bentakan yang dilakukannya. Hal ini tidak normal, karena biasanya tentara Jepang kejam-kejam.

Singkat cerita, cinta Fukuda tak terbalas lantaran si gadis ini ternyata sudah punya suami. Uniknya, Fukuda justru tak marah. Ia malah melepaskan sang dambaan hati sambil tak lupa mengatakan, “silakan jika itu pilihanmu.” Kisah ini seakan membuka tabir kelam kekejaman Jepang yang ternyata tak semuanya seperti apa yang sering kita duga.

Baca Juga : 5 Operasi Paling Kotor yang Pernah Dilakukan CIA

Meskipun bukan berdarah Indonesia, tapi deretan sosok ini begitu mencintai bangsa Indonesia. Bahkan beberapa rela berjuang hebat agar negara ini bisa bebas dari belenggu penjajahan yang pelakunya adalah bangsa mereka sendiri. Lalu bagaimana dengan kita? Apakah rasa nasionalisme kita juga sebesar itu untuk bangsa?

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

4 Aksi Brimob dalam Sejarah Penyatuan Indonesia

Anonymous perlawanan modern

Anonymous, Kelompok Perlawanan Modern yang Termasuk Pahlawan Ataukah Penjahat?