Waspada Modus Penipuan Berkedok Kuis Ala Produk Pasta Gigi!

oleh Rizal
10:09 AM on Oct 30, 2015

Awas, kini penipu sudah makin lihai dalam memperdaya korbannya. Jika biasanya mereka menipu via telepon, atau lewat pesan singkat, kini para penipu bahkan sudah berani mendatangi korbannya sendiri secara langsung. Kedoknya adalah berupa kuis ala produk yang sering ada di televisi. Si penipu memberikan pertanyaan, lalu korban akan menjawabnya. Kemudian gerombolan penipu akan meminta sejumlah uang sebagai ganti pajak hadiahnya. Namun barang yang diberikan ternyata abal-abal.

Kejadian ini dibeberkan oleh seorang pengguna Facebook bernama Althia Sari. Sedangkan korbannya sendiri adalah pasangan mertuanya. Kronologinya, ketika pada tanggal 27 lalu tepatnya pukul 16.00 datanglah dua orang lelaki dan perempuan untuk bertamu. Tiga orang ini mengaku dari PT. Unilever dan mengatakan tengah mengadakan program hadiah. Ketika itu rumah hanya dihuni oleh mertua Althia Sari saja.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Selanjutnya, salah seorang pria pun menanyakan produk pasta gigi apa yang dipakai di rumah ini. Pasangan ini pun menjawab pertanyaan tersebut dan mereka dinyatakan berhasil memenangkan hadiah berupa TV Flat 29 inci. Layaknya kuis betulan, para penipu ini pun senang ketika pertanyaan berhasil terjawab. Bahkan sempat berfoto-foto dan mengatakan jika gambar ini akan muncul di Kompas besok pagi. Dari sini masih belum nampak keanehan, hingga ketika salah satu penipu tersebut meminta sejumlah uang sebagai ganti pajak.

Inilah wajah penipu serta bungkusan misterius yang dibawanya [Image Source]
Inilah wajah penipu serta bungkusan misterius yang dibawanya [Image Source]
Nominalnya sendiri Rp 700 ribu. Tapi, lantaran di rumah tidak ada uang, maka salah seorang pun pergi ke ATM. Setelah itu uang pun diberikan, kemudian para penipu pun mulai melancarkan aksinya. Salah seorang menyuruh sang suami untuk mencarikan kabel yang agak panjang agar bisa mencoba televisi tersebut. Sedangkan si istri dimintai tolong para penipu untuk mengambilkan segelas air.

Ketika keduanya kembali ke ruang tamu, gerombolan penipu itu pun lenyap. Mereka hanya meninggalkan bungkusan yang katanya adalah televisi 29 inci tersebut. Keduanya pun masih belum sadar jika mereka tertipu. Namun ketika bungkusan tersebut dibuka, maka ketahuan sudah jika ini memang penipuan.

Alih-alih mendapatkan sebuah TV flat, ternyata bungkusan tersebut berisi kompor gas yang harganya mungkin hanya Rp 200 ribuan saja. Pasangan suami istri ini pun harus ikhlas kehilangan Ro 700 ribu hanya untuk benda yang harganya tidak sampai separuh uangnya.

Modus penipuan model seperti ini tengah marak. Jadi, selalu hati-hati ketika ada tamu yang mengaku dari PT tertentu dan menanyakan tentang produk. Silakan menolaknya jika tidak mau berurusan panjang. Namun kalau cukup berani membongkar aksi penipuan tersebut, silakan suruh para penipu tersebut membuka hadiah yang mereka bawa. Jangan lupa segera panggil pihak kepolisian agar para penipu ini bisa tertangkap dan tak lagi merugikan banyak orang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA