WARGA MALANG HATI-HATI! Penipuan Batu Sulaiman Jerat Banyak Korban

oleh Ayu
12:02 PM on Feb 22, 2016

Belakangan ini kota Malang semakin populer. Ada banyak tempat, peristiwa dan hal-hal menarik yang tidak cuma magnetis bagi pendatang, tapi juga oknum-oknum yang mau memanfaatkan kesempatan dan ‘keluguan’ kita di tengah keramaian.

Nah, baru-baru ini ada sebuah kasus penipuan yang mungkin akan bikin kamu dan Anda yang sering ke mall, perlu meningkatkan kewaspadaan. Saat ini Malang punya banyak pusat perbelanjaan seperti Malang Olympic Garden, Malang Town Square atau Malang City Point, yang tidak hanya didatangi untuk belanja beberapa kebutuhan, namun juga sebagai tempat untuk hangout buat anak-anak muda dan pendatang.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kejadian ini berlangsung di MOG (Mall Olympic Garden), kebetulan korbannya adalah ibu muda bernama Dewi, yang didekati seorang pria berlogat Melayu dengan modus bertanya tentang alamat museum purbakala. Pria ini ingin mengembalikan benda purbakala yang konon adalah batu Nabi Sulaiman. Coba bayangkan, bagaimana bisa benda sepenting itu dibawa ke Mall?

modus penipuan
Kronologi penipuan batu Sulaiman

Pertanyaan yang diajukan makin tidak jelas dan membuat Dewi menaruh curiga. Apalagi ada oknum lain yang juga berakting sebagai orang lokal untuk membantu modus rekan Melayunya itu. Beruntung Dewi belum ada kontak fisik seperti salaman dan sejenisnya. Ia juga akhirnya bisa lepas dari jebakan kedua penipu itu karena enggan diminta menemani ke Dinas Pariwisata atau museum yang dimaksud oleh oknum tersebut.

Penipuan Sejenis Juga Ada di Malang Town Square (MATOS)

Modus penipuan ini diduga masih ada hubungannya dengan aksi hipnotis yang banyak digunakan di kendaraan umum, pusat keramaian dan sejenisnya. Karena itu disarankan untuk lebih waspada ketika Anda pergi sendirian ke mall, karena bisa jadi sasaran empuk. Selain itu, hindari kontak fisik seperti tepukan, jabat tangan, menyentuh apapun yang mereka bawa.

Dilansir dari komentar yang merespon postingan Dewi Erikawati ini, rupanya modus serupa dengan alasan ingin mengembalikan atau menunjukkan benda penting purbakala ini sudah cukup banyak yang mengalami. Hanya saja belum banyak yang share terang-terangan. Sasarannya adalah harta, dan bisa menggasak perhiasan, dompet, atau uang di ATM pun bisa amblas!

penipuan matos
Cuplikan penipuan di MATOS yang metodenya serupa.

Bila Boombers adalah orang Malang atau sedang jalan-jalan di kota Malang, hati-hati saja bila mulai ada oknum yang mencurigakan dan bertanya atau bertingkah tidak wajar. Bila tidak bisa menangani sendiri, segera cari petugas keamanan agar ditangani lebih lanjut.

ilustrasi korban hipnotis FI
Ilustrasi Korban Hipnotis [Image Source]
Semoga pihak keamanan di pusat perbelanjaan terkait juga meningkatkan security system agar berbelanja di mall tetap aman dan nyaman. Kejahatan bisa terjadi di mana-mana dan ketika ada kesempatan. Waspadalah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA