in

Sejarah Para Pengkhianat yang ‘Menjual’ Negaranya Sendiri

3. Aldrich Ames

Pria dengan nama lengkap Aldrich Hazen Ames ini sebenarnya adalah seorang agen CIA Amerika Serikat. Meski begitu, sebagai seorang CIA dia termasuk agen yang bermasalah, tidak disiplin, serta memiliki masalah kecanduan minum-minuman keras. Ia terlibat hubungan dengan Maria del Rosario, seorang informan CIA meskipun saat itu Ames sudah beristri. Setelah ia bercerai dengan istrinya, ia meneruskan hubungannya dengan Rosario yang ternyata termasuk seseorang yang hobi berbelanja.

Aldrich Ames [Image Source]
Aldrich Ames [Image Source]
Perceraiannya membuat Ames berpikir bahwa ia mungkin akan bangkrut karena ia setuju akan membayar semua hutang mereka ketika masih menjadi suami istri dan memberi tunjangan bulanan selama tiga setengah tahun dengan total kurang lebih 46 ribu dollar. Dengan ditambahkan kebiasaan Rosario yang hobi belanja, dua hal inilah yang mendorong Ames untuk menjual informasi yang ia miliki tentang CIA dan semua rencana rahasianya pada Uni Soviet.

Kecurigaan CIA tentang bocornya rahasia-rahasia penting membuat pihaknya melakukan penyelidikan. Setelah beberapa lama melakukan investigasi, kecurigaan mengarah pada Ames yang meski gajinya hanya 60 ribu dolar, ia bisa membeli sebuah rumah di Arlington, Virginia seharga 540 ribu dolar dengan tunai, sebuah mobil Jaguar seharga 50 ribu dolar, merenovasi rumah seharga 99 ribu dolar, rekening telepon mencapai lebih dari 6 ribu dolar, serta kartu kredit premium yang pembayaran bulanannya saja melebihi gajinya perbulan.

CIA kemudian memonitor segala gerak-geriknya dan melakukan investigasi mendalam terhadap Ames dan istrinya, Rosario. Ia dituntut atas tuduhan pengkhianatan yang menyebabkan kematian beberapa agen CIA dan akhirnya dihukum seumur hidup. Sementara itu, Rosario dihukum lima tahun penjara atas tuduhan menghindari pajak dan melakukan konspirasi untuk menjadi mata-mata. Di pengadilan, Ames mengaku bahwa ia telah menyediakan begitu banyak informasi tentang operasi inteligen Amerika pada Rusia.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

cover

6 Fakta Botox, Racun Paling Berbahaya di Dunia yang Sering Digunakan untuk Kosmetik

Meski Kejam, 5 Diktator Besar Ini Juga Bisa Menginspirasi