in

Penggambaran Tentang Neraka Jahanam dan Kengeriannya yang Luar Biasa

Dalam Islam, kehidupan itu tidak berakhir setelah kematian. Seperti yang kamu tahu, setelah nyawa dicabut, seorang hamba akan pindah ke alam lain untuk kemudian berlanjut ke dimensi setelahnya. Lalu setelah semua dilalui, seseorang bakal mendapatkan pilihan tempat terakhir. Ya, ini adalah opsi antara surga dan neraka.

Tentu bukan si hamba yang akan memilih tempatnya sendiri, melainkan Allah. Ya, seseorang bakal otomatis menempati salah satu tempat berdasarkan amal perbuatannya. Surga sendiri adalah tempat terbaik yang keindahan dan kenyamanannya tak terkira. Sebaliknya, neraka adalah tempat terburuk yang keseramannya tak pernah bisa dibayangkan. Berbicara soal neraka, tempat ini menurut riwayat terbagi-bagi berdasarkan level. Dan yang paling buruk dari semuanya adalah Jahanam.

Tempat ini sungguh sangat tak karuan. Ia adalah neraka terburuk dengan siksaan paling berat. Masuk ke tempat ini sungguh celaka yang luar biasa dan jadi bukti kalau seseorang memiliki dosa teramat besar. Masih tentang Jahanam, berikut adalah beberapa penggambaran tentangnya yang semoga bisa jadi warning bagi kita untuk lebih berhati-hati dengan hidup.

Panasnya Jahanam Sungguh di Luar Akal Manusia

Neraka Jahanam adalah seburuk-buruknya tempat akhir. Di sini segala kengerian akan berlipat-lipat ganda. Termasuk api-api di dalamnya yang menurut riwayat sangat-sangat panas. Tentang api ini, diriwayatkan jika ia dibakar selama ribuan tahun sehingga menjadi sepanas itu.

Ilustrasi api neraka [Image Source]
Tentang api Jahanam, Nabi Muhammad pernah mendapatkan penjelasan dari malaikat Jibril soal itu. Jadi, api di Jahanam ini pada awalnya berwarna merah, kemudian dipanaskan selama seribu tahun sehingga berwarna putih,  lalu dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi hitam. Api hitam di Jahanam ini sungguh tak karuan. Menyentuhnya sedikit, otak manusia pasti akan langsung mendidih.

Sedikit Panas dari Jahanam Bisa Membinasakan Semua Manusia di Bumi

Dalam sebuah riwayat Nabi pernah bertanya soal panasnya Jahanam kepada malaikat Jibril. Dan Jibril pun menjawab itu dengan perumpamaan yang sungguh luar biasa. Jadi, Jahanam ini sungguh tak karuan panasnya. Seumpama pintunya terbuka selebar jarum, maka panasnya akan menghancurkan bumi. Benar-benar menakutkan.

Panasnya neraka tak terkira [Image Source]
Tak sampai situ, seumpama secuil rantai yang ada di Jahanam itu dilemparkan ke Bumi, maka akan mampu menembus sampai 7 lapis ke dalam. Lalu jika pakaian para penghuni Jahanam ini dijemur di antara bumi dan langit, maka seluruh manusia akan mati karena panasnya. Demikianlah perumpamaan tentang panas sang Jahanam.

Jahanam Jauh Lebih Luas dari Pada yang Kita Bisa Bayangkan

Dalam sebuah riwayat, disebutkan jika Jahanam ini merupakan tempat yang sungguh luas. Jadi, secara umum ia terbagi atas 7 pintu utama. Dan masing-masing pintu ini berisi tempat yang sangat luas. Menurut riwayatnya, di dalam tiap pintu Jahanam ada sekitar 70 ribu gunung.

Neraka jahanam adalah tempat yang luas [Image Source]
Tak sampai situ, di masing-masing gunung tersebut terdapat 70 ribu lereng. Tiap-tiap satu lereng terdapat 70 lembah dari api. Kemudian setiap lembah api tersebut memiliki 70 ribu gudang-gudang yang tiap-tiapnya memiliki 70 ribu kamar. Tak habis sampai situ, tiap kamar berisi 70 ribu ular dan kalajengking di mana masing-masing dari mereka memiliki 70 ekor yang tiap-tiapnya memiliki 70 ruas. Dan satu per satu ruas ini miliki 70 ribu Qullah (270 liter) bisa. Sungguh tempat yang tak bisa dibayangkan.

Jahanam Dijaga Anjing-Anjing Raksasa

Pernah mendengar cerita mitologi Cerberus alias si anjing penjaga neraka? Ya, cerita itu mungkin bukan benar-benar mitos. Pasalnya, dalam berbagai riwayat disebutkan kalau Jahanam itu nantinya akan dijaga oleh anjing-anjing khusus yang tentu saja bentuknya takkan pernah bisa kita bayangkan.

Ilustrasi anjing neraka [Image Source]
Anjing-anjing ini tak hanya bertugas menjaga saja, melainkan masuk dalam lingkaran siksa para penghuninya. Jadi, ia bakal ditugaskan untuk mencabik-cabik para penghuni Jahanam. Tentang anjing-anjing Jahanam ini, Nabi pernah mengingatkan kita agar menjaga lisan supaya tidak melukai orang lain dan juga berhadapan dengan si penjaga Jahanam.

Jahanam Dijaga Pula Oleh Malaikat Berwajah Geram

Selain dijaga oleh anjing-anjing raksasa, neraka Jahanam juga dibentengi oleh para malaikat-malaikat khusus. Dalam Al-Qur’an diceritakan jika para malaikat ini memiliki karakteristik yang sungguh menyeramkan. Mereka besar, tegap, sangat temperamen, sadis, kasar, dan juga berwajah geram.

Neraka dijaga oleh para malaikat muram [Image Source]
Tak hanya menjaga, para malaikat ini juga ditugaskan untuk menghukum para manusia yang masuk ke dalamnya. Mereka diciptakan tanpa memiliki rasa ampun. Jadi, meskipun para manusia menangis darah memohon ampun, para malaikat penjaga ini takkan sedikit pun tersentuh hatinya. Malah, semakin minta ampun, sang malaikat akan makin beringas.

Sudah dapat gambaran ya tentang betapa menakutkannya neraka Jahanam itu. Dan kabar buruknya, bagi siapa pun diputuskan untuk memasuki tempat ini, maka ia akan berada di dalam sana dalam waktu yang sangat lama. Bagi kita, sama sekali belum terlambat untuk mencegah diri agar tidak masuk ke dalamnya. Ya, syaratnya hanya satu, yakni tunduk akan perintah Allah.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Menelisik Perbandingan Militer Indonesia Belanda Hari Ini yang Bagai Bumi dan Langit

Republik Lanfang, Negara Kecil Milik Tiongkok yang Pernah Berdiri di Tanah Borneo