Indonesia memegang predikat sebagai negara yang masih kental dengan banyak mitos, terutama di daerah Jawa. Ada banyak sekali kepercayaan  yang kadang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Hal tersebut hanya warisan yang sudah dipercaya turun temurun dari nenek moyang terdahulu.

Nah, beberapa waktu lalu viral sebuah foto pengantin wanita yang membuat netizen bertanya sekaligus menganggap hal tersebut lucu. Betapa tidak, kalau biasanya mempelai wanita bersanding dengan lelaki dan keluar melalui pintu depan rumah, pengantin ini tampak keluar dari tembok yang sudah dijebol.

Pengantin keluar dari dalam tembok [Sumber gambar]
Melalui unggahan akun facebook Mas Doel, foto ini viral di seantero jagad media sosial. Berdasarkan informasi, hal itu dilakukan pengantin wanita lantaran ia disuruh sang dukun keluar dari rumahnya melalui pintu timur. Namun, ternyata arahan dukun itu tak sesuai dengan kondisi rumahnya seperti dilansir dari okezone.com.

Pintu keluar sang pengantin berada di sebelah barat, sedangkan ia harus keluar dari pintu timur. Jadilah satu-satunya jalan adalah menjebol tembok sebagai alternative untuk bisa menampakkan diri kepada para tamu. Seperti tampak di foto, sang pengantin dituntun oleh dua orang melewati tembok yang sudah bolong tersebut.

Foto ini sudah direpost berkali-kali oleh berbagai akun sosial media. Netizen tak mau kalah juga mengomentari dan membagikan potret sang pengantin. Namun, walau tampak mengenakan pakaian adat pernikahan Jawa, sejauh ini belum diketahui di mana peristiwa ini terjadi.

Ada banyak sekali komentar netizen, salah satunya adalah akun Twitter @zomblohappy. Ia mengatakan bahwa hal tersebut mungkin karena kewajiban adat, hal ini bisa saja terjadi saat tanggal lahir lelaki dan perempuan tidak pas saat diperhitungkan secara weton, dan memang tidak ada tanggal yang cocok untuk pernikahan mereka, maka perempuan tak boleh keluar melalui pintu depan.

Cerita dari netizen Twitter [Sumber gambar]
Sekilas mungkin ini memang permasalahan kecil,  tapi dampaknya bisa membuat salah satu pengantin mati muda. Uniknya, hal ini hanya berlaku sekali saja, ketika pernikahan tersebut berlangsung –seperti yang dilakukan pengantin di atas. Untuk ke depannya, mereka bisa keluar dari pintu depan seperti kebanyakan orang.

Netizen lain juga berkomentar jika di beberapa daerah ada adat yang mengharuskan calon mempelai keluar melalui pintu belakang, dan hal tersebut tak boleh dilanggar alias berlaku untuk siapa saja.

Kadang memang ada adat yang agak ‘nyeleneh’ dan tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Hal ini bukan berarti mereka salah ya Sahabat Boombastis. Setiap warisan yang diturunkan dari leluhur itu kembalinya pada kepercayaan masing-masing, jika memang tak pernah melakukan hal semacam itu tak perlu dijadikan masalah besar. Atau mungkin di sini ada yang menerapkan adat serupa seperti pengantin wanita di atas? Boleh dong share!