in

4 Kebiasaan Rumahan Yang Selalu Dikangeni Oleh Anak Kost Saat Bulan Puasa

Untuk anak kost, tidak menjalankan ibadah puasa di rumah sudah bukan hal baru. Jauh dari keluarga karena merantau membuat mereka hidup makin mandiri tak hanya saat sehari-hari tapi juga ketika bulan puasa datang. Sahur sendiri, buka dengan menu seadanya mau tak mau harus dijalani.

Di lubuk hati anak kost pastilah ada rasa rindu berkumpul lagi bersama keluarga di bulan Ramadhan. Apalagi momen ini hanya datang setahun sekali. Kalau diberi kesempatan, pasti mereka ingin merasakan lagi beberapa hal rumahan berikut ini :

1. Selalu Ada Yang Bangunin Buat Sahur

Makan Sambil Tidur [Image Source]
Makan Sambil Tidur [Image Source]
Namanya juga anak kost jangankan makan sahur tiap hari, bangun sahur saja mereka kadang-kadang lupa karena nggak ada yang bangunin. Ada juga yang rapel makan buka puasa dan sahur sekaligus. Coba kalau di rumah, pasti ada ibu atau kakak adik yang bakal bangunin. Walau sambil ngantuk, seenggaknya kamu bisa sahur tiap hari. Lalu lanjut sholat subuh berjamaah.

2. Menu Makanan Rumahan Buatan Ibu

Makanan Buka Puasa [Image Source]
Makanan Buka Puasa [Image Source]
Menu masakan anak kost nggak ada apa-apanya ketimbang menu makanan buatan ibu. Makanan buatan ibu kan dibuat dengan cinta, ganti-ganti pula setiap hari. Sedang anak kost dengan keuangan yang pas-pasan nggak bisa selalu ganti-ganti menu, palingan juga di minggu pertama biar puasanya makin semangat. Tapi sebagai anak kost ya itulah ‘nasib’ yang harus dilewati. Nambah deh pahalanya.

3. Masak Dan Hunting Menu Sahur Atau Buka Puasa

Masak Bareng [Image Source]
Masak Bareng [Image Source]
Bisa sih masak dan hunting menu untuk sahur dan buka puasa bareng teman-teman kost, tapi lebih afdol kalau melakukannya di rumah bareng keluarga. Buat anak perempuan terutama. Masak bareng ibu adalah momen paling fun. Lebih dapet feel Ramadhannya, nambah greget juga buat hubungan anak dan ortu.

4. Suasana Ibadah Bareng-Bareng Seharian

Tarawih Di Masjid [Image Source]
Tarawih Di Masjid [Image Source]
Sejak kecil kita terbiasa sahur sampai tarawih hampir bersama-sama. Tapi kini sudah jarang karena kamu merantau dan ngekost. Saat sudah ngekost, jarang ada sahur, buka puasa dan tarawih pertama bareng keluarga. Yang ada cuma bareng teman-teman kost. Nggak kalah seru sih, tapi kangen juga kan?

Begini deh resiko jadi orang dewasa, mulai meninggalkan rumah untuk sekolah atau pun karir. Ya walaupun mau tidak mau harus dilalui, nikmati saja deh pengalaman puasa di tanah rantau. Dengan begitu ketika kamu pulang ke rumah kamu akan lebih menikmati dan menghargai momen bersama dengan keluarga.

Written by dyan

Leave a Reply

Ini Lho 5 Godaan yang Paling Sering Kamu Rasakan Tapi Nggak Disadari Waktu Puasa

Merasakan Serunya Puasa dengan Waktu Terlama di St. Petersburg, Rusia