Tak Disangka 5 Penemuan Paling Penting ini Ternyata Hasil ‘Nyolong’

oleh Rizal
07:47 AM on Mar 20, 2016

Kembali ke beberapa dekade yang lalu, dunia ini pernah jadi semacam medan pertarungan para inventor atau penemu. Ya, persaingan dalam bidang penemuan pernah begitu ketat. Ketika satu orang berhasil menemukan sesuatu yang penting, maka para penemu lain akan terpicu menciptakan penemuan yang tak kalah penting. Begitu seterusnya hingga akhirnya terciptalah benda-benda bermanfaat yang tak terasa sudah kita nikmati selama bertahun-tahun ini.

Tapi, namanya juga manusia, tak semua orang bersifat baik dan jujur dalam bersaing. Para inovator dulu ternyata juga seperti ini. Untuk mencapai jalan suksesnya, ternyata beberapa dari mereka melakukan aksi tidak terpuji, misalnya dengan mencuri desain para penemu lain kemudian diklaim untuk diri sendiri. Hal yang bikin miris, persaingan tak sehat ini terjadi dalam proses penciptaan benda-benda penting.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Nah, berikut adalah kisah-kisah kontroversi tentang penemuan-penemuan penting yang kental dengan aksi curi mencuri oleh para tokoh penemu terkenal dunia.

1. Alexander Graham Bell Terindikasi Melakukan Pencurian

Orang-orang seluruh Bumi mengenal siapa Alexander Graham Bell. Pria ini berjasa membuat dunia bisa terkomunikasi secara verbal tanpa memperdulikan jarak dan waktu. Dianggap sangat berjasa, namun siapa sangka jika Graham Bell terindikasi pencurian khususnya tentang penemuan teleponnya itu.

Alexander Graham Bell dan Antonio Meucci
Alexander Graham Bell dan Antonio Meucci

Bell memang memiliki paten untuk telepon, tapi faktanya ia mencurinya dari rekan se-labnya yang bernama Antonio Meucci. Pria Italia itu adalah penemu telepon yang asli, hanya saja ketika Meucci ingin mematenkannya, departemen yang bersangkutan selalu menundanya berulang-ulang. Hingga akhirnya Bell memanfaatkan momen ini untuk mengajukan klaim paten dan langsung diterima. Meucci tentu tak terima dengan itu, lalu ia menyidangkan Bell ke pengadilan. Sayangnya, ketika hampir berhasil merebut paten telepon miliknya, Meucci keburu meninggal.

2. Penemu Radio Ternyata Juga Mencuri Ide Seseorang

Guglielmo Marconi mencatatkan dirinya sebagai penemu radio transmisi panjang dan berhasil diganjar Nobel. Sayangnya, ketika ditelusuri, Marconi ternyata menemukan penemuannya dengan cara curang. Diketahui ia menjiplak ide milik Nikola Tesla yang jauh sebelum Marconi ternyata sudah menemukan radio transmisi panjang.

Guglielmo Marconi dan Nikola Tesla
Guglielmo Marconi dan Nikola Tesla

Tak heran ketika Marconi melakukan patenisasi, ia berulang kali ditolak karena begitu mirip dengan milik Tesla. Hingga akhirnya ia berhasil melakukan klaim berkat bantuan dari seorang bankir asal Amerika. Namun, hal ini tak bertahan lama karena pada tahun 1943 pengadilan memutuskan untuk membatalkan paten Marconi dan memberikannya kepada Tesla.

3. Gordon Gould Melawan Pencurian Penemuannya

Gordon Gould dikenal sebagai penemu laser pertama. Tapi, untuk mendapatkan itu ia harus berjuang keras selama hampir 13 tahun di pengadilan. Ceritanya, ia ternyata mengalami pencurian ide oleh dosennya sendiri yang bernama professor Charles H. Townes.

Gordon Gould dan Charles H. Townes
Gordon Gould dan Charles H. Townes

Townes diketahui mencuri ide Gould yang menulisnya di sebuah buku lalu mengklaim laser ini untuk dirinya sendiri. Gould yang mengetahui ini tidak terima dan akhirnya melakukan protes. Hampir selama 13 tahun berjuang, akhirnya Gould berhasil. Ia diganjar patent serta jutaaan dolar royalti atas penggunaan ide laser miliknya.

4. Galileo Galilei Juga Seorang Pencuri?

Galileo dikenal dunia gara-gara penemuan teleskop pentingnya yang menjadi salah satu pencapaian besar astronomi sepanjang masa. Sayangnya, sebenarnya ide penemuan teleskop itu bukan benar-benar dari pemikirannya. Diketahui, ternyata Galileo menjiplak temuan seorang ahli lensa Belanda bernama Hans Lippershey.

Galileo Galilei dan Hans Lippershey
Galileo Galilei dan Hans Lippershey

Lippershey sebenarnya bolak-balik ingin mematenkan teropongnya. Hanya saja berulang kali ditolak gara-gara gampang ditiru menurut pihak yang bersangkutan. Hans pun malas dengan itu dan ia tak peduli lagi dengan temuan pentingnya itu. Hingga akhirnya berita teropong gagal paten itu sampai ke telinga Galileo. Ia pun meniru ide Hans dan kemudian mengemas teropong tersebut dengan sedikit modifikasi kecil dan sukses besar. Akhirnya Galileo lah yang dianggap sebagai penemu benda penting itu.

5. Bahkan Edison pun Mencuri?

Thomas Alva Edison dikenal dunia dengan penemuan bohlamnya yang sangat dramatis itu. Tapi sayangnya, ada indikasi kalau sang inspirator ini juga melakukan pencurian. Edison diketahui tidak benar-benar menciptakan bohlam dari proses yang benar-benar mentah. Ia dikatakan melakukan improvisasi dari bohlam yang ditemukan oleh penemu Inggris bernama Joseph Swan.

Thomas Alva Edison dan Joseph Swan
Thomas Alva Edison dan Joseph Swan

Meskipun bukan yang pertama, tapi Edison berhasil mematenkan bohlam lebih dulu di Amerika. Edison juga melakukan hal yang sama di Inggris tempat Swan berasal. Tapi, ia tidak serta merta melakukan klaim. Edison mengakali ini dengan cara membuat pabrik lampu dan kemudian memasarkannya di Inggris sebelum Swan melakukan paten. Dengan demikian otomatis klaim Swan tidak berarti lagi. Uniknya, Swan justru ikhlas dengan semua ini dan membiarkan penemuannya diklaim menjadi milik Edison plus semua royaltinya.

Sama sekali tidak menyangka bukan kalau penemu yang kita kenal selama ini ternyata melakukan aksi yang tidak patut? Mencuri ide, memodifikasi yang sudah ada, atau mematenkan lebih dulu penemuan-penemuan yang sebenarnya bukan benar-benar hasil karyanya. Benar-benar sangat disayangkan. Buruknya lagi, dunia seakan tertutupi matanya dan tidak mengetahui kebenaran yang ada.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA