Inilah 5 Kasus Penembakan Massal Terparah yang Pernah Membuat Amerika jadi Lautan Darah

oleh Adi Nugroho
10:09 AM on Jun 14, 2016

Beberapa hari terakhir, media sosial tak hanya dibanjiri berita kasus razia warung makanan di bulan yang menuai banyak kecaman. Tapi juga berita penembakan yang terjadi di kawasan Amerika dengan korban mencapai 49 orang. Kasus penembakan ini mendadak jadi isu dunia lantaran menyeret beberapa isu sensitif mulai dari agama, gender, dan orientasi seksual.

Kasus penembakan yang terjadi diĀ  kawasan Orlando tempo hari adalah kasus penembakan terparah yang terjadi di Amerika. Bahkan, Presiden Obama sampai mengecam dengan sangat tegas kasus mematikan yang tak menghargai nilai-nilai kemanusiaan ini. Oh ya, berikut kasus-kasus penembakan massal terparah yang terjadi di Amerika selengkapnya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Penembakan Kelab Malam di Orlando

Penembakan di Kelab Malam Pulse, Orlando menyebabkan setidaknya 49 orang meninggal dunia bersimbah darah di lokasi kejadian serta 50 orang mengalami luka yang cukup berat. Pelaku yang diketahui bernama Omar Mateen (29) melakukan penembakan membabi buta tanpa belas kasihan sedikit pun. Dia melakukan penembakan setelah 3 jam berdiam diri di kelab malam yang berisi banyak kaum sesama jenis.

Penembakan Orlando [image source]
Omar Mateen [image source]
Kasus penembakan yang terjadi di Orlando ini adalah kasus penembakan terburuk dalam sejarah Amerika. Selama puluhan tahun tak pernah terjadi kasus separah ini hingga merenggut nyawa puluhan orang. Parahnya lagi, kasus ini jadi menyerempet beberapa masalah krusial seperti Agama dan juga gender serta seksualitas.

Oh ya, Omar Mateen dikenal sebagai seorang homophobia. Dia membenci hal-hal berbau hubungan sesama jenis hingga rela melakukan hal mengerikan seperti ini. Mirisnya lagi, Omar Mateen disebut-sebut memiliki afiliasi dengan ISIS.

2. Penembakan Virgina Tech di Blacksburg

Kasus penembakan terparah dalam sejarah Amerika akhirnya berpindah tangan dari Virgina Tech. Sebelumnya, penembakan yang terjadi di kampus ini menjadi penembakan terparah dalam sejarah Amerika dengan korban mencapai 32 orang meninggal dan 17orang di antaranya meninggal dunia pada tahun 2013.

Virgina Tech [image source]
Virgina Tech [image source]
Dalam kasus penembakan ini, seorang pria bernama Cho Seung-hui (23) yang juga mahasiswa kampus itu tega menghabisi teman-temannya. Cho diduga memiliki kelainan jiwa hingga setelah membunuh temannya dia balik menembak dirinya sendiri.

3. Penembakan Sekolah Dasar Sandy Hook di Connecticut

Penembakan terparah selanjutnya terjadi di Sekolah Dasar Sandy Hook, Connecticut. Pada tanggal 14 Desember tahun 2012 seorang pria berusia 20 tahun bernama Adam Lanza melakukan penembakan membabi buta dan membunuh setidaknya 26 orang. Dari korban yang ditemukan berjatuhan, 20 di antaranya adalah anak-anak.

Sandy Hook [image source]
Sandy Hook [image source]
Sebelum melakukan pembunuhan di sekolah, Adam terlebih dahulu membunuh ibu dan juga tetangganya. Setelah membunuh orang sekitarnya, Adam ke sekolah untuk membantai banyak orang hingga akhirnya bunuh diri. Kasus penembakan yang dilakukan oleh Adam memicu masalah legislasi kepemilikan senjata tajam oleh masyarakat sipil di Amerika.

4. Penembakan Kafetaria Luby di Texas

Penembakan terparah selanjutnya terjadi pada tahun 1991 silam. Saat itu, seorang pria bernama George Hennard mendadak menabrakkan truk pick up yang dikendarainya di depan sebuah kafetaria bernama Luby. Setelah membuat kegaduhan, dia segara keluar dan memberondongkan semua peluru di dalam senapannya.

Kafetaria Luby [image source]
Kafetaria Luby [image source]
Setidaknya 23 orang meninggal dunia dan 27 lainnya mengalami luka yang cukup serius akibat kejadian ini. Pelaku yang yang mungkin tidak mau mempertanggungjawabkan kelakuannya segera menembak kepalanya sendiri hingga tewas di tempat kejadian perkara.

5. Penembakan di Mc Donald, San Ysudro, California

Penembakan parah selanjutnya terjadi pada tahun 1984. Seorang pria bernama James Huberty (41) melakukan penembakan secara membabi buta di sekitar bangunan Mc Donald di San Ysudro, California. Akibat tindak penembakan ini, 21 orang dinyatakan meninggal dunia serta 19 orang mengalami luka parah.

Penembakan Kalifornia [image source]
Penembakan Kalifornia [image source]
Dalam kasus yang pernah menjadi peristiwa terburuk di Amerika ini, anggota sniper SWAT menembak pelaku. Mereka bisa melumpuhkan pelaku dengan sangat fatal hingga korban berjatuhan akibat tembakan tidak akan bertambah banyak.

Inilah lima kasus penembakan massal terparah yang membuat Amerika menjadi lautan darah. Semoga kasus-kasus seperti ini tidak akan terjadi lagi. Nyawa manusia jauh lebih berharga dari sebutir peluru, bukan begitu Sobat Boombastis?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA