Manusia berhasil menginjakkan kakinya ke bulan pada 20 Juli 1969 lewat Apollo 11, sebuah pesawat berawak buatan Amerika Serikat. Hal tersebut dicatat sejarah dan diingat sebagai salah satu hari paling penting dalam sejarah kehidupan manusia.

Baca Juga :10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Hingga saat ini, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara yang pernah menginjakkan kaki ke bulan. Dari tahun ke tahun mereka berhasil menyaingi rival beratnya dalam hal ini, Rusia. Namun, sebuah kecurigaan mulai muncul. Beberapa orang menyatakan tidak percaya bahwa manusia pernah mendarat di bulan. Berikut beberapa alasan, mengapa pendaratan di bulan mungkin hanya omong kosong belaka.

1. Bendera yang Berkibar

Kita sama-sama tahu bulan tidak memiliki atmosfer. Seperti ruang hampa udara lainnya, tidak ada angin atau udara di bulan. Namun, dalam foto yang dirilis AS berikut ini, bendera yang dibawa oleh Neil Armstrong dan Buzz Aldrin tampak sedang berkibar. Bagaimana bisa bendera tersebut berkibar jika di bulan tidak ada udara atau angin?

Bendera yang Berkibar (C)listverse
Bendera yang Berkibar (C)listverse

Pihak NASA memberi penjelasan tentang hal ini. Menurut mereka, sebelum bendera tersebut ditancapkan di bulan, bendera kebangsaan Amerika itu dilipat dalam sebuah tabung kecil, sehingga membuatnya kusut dan tampak seolah berkibar. Teori lain mengatakan bahwa bendera itu tampak “berkibar” karena sang astronot sedikit mengguncang tiang bendera sebelum akhirnya menancapkan bendera tersebut.

2. Terdapat Lebih dari Satu Sumber Cahaya

Di bulan, hanya terdapat satu sumber cahaya yang jelas, yaitu matahari. Selain matahari, sumber cahaya lain tidak akan memberi efek yang signifikan terhadap daratan bulan. Jadi, idealnya bayangan dari benda apapun yang ada di bulan terpaku pada satu titik sesuai sumber cahaya. Namun pada foto berikut ini kita bisa melihat bahwa bayangan dari benda-benda di bulan memiliki titik tuju yang berbeda.

Lebih dari Satu Sumber Cahaya (C)listverse
Lebih dari Satu Sumber Cahaya (C)listverse

Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa sebenarnya foto tersebut tidak di ambil di bulan, melainkan di tempat lain dimana ada lebih dari satu sumber cahaya. Namun, NASA mengatakan bahwa bayangan tersebut terbentuk karena permukaan dataran bulan yang tidak merata, sehingga menciptakan berbagai macam bentuk bayangan. Namun, tetap saja hal ini tampak sedikit mencurigakan.

3. Bayangan Misterius di Helm Astronot

Dalam sebuah foto yang memuat seorang astronot dari Apollo 12, terdapat sebuah bayangan aneh. Tidak ada penjelasan yang memuaskan tentang apa sebenarnya benda yang terlihat seperti lampu panggung tersebut. Pihak dari NASA mengklaim bahwa bayangan tersebut hanyalah akibat dari jeleknya kualitas foto yang mereka ambil.

Bayangan Misterius (C)listverse
Bayangan Misterius (C)listverse

Namun, beberapa orang yakin bahwa benda asing tersebut sangat mirip dengan lampu panggung yang biasa dipakai di dalam studio pembuatan film atau pemotretan. Beredar teori konspirasi bahwa sebenarnya video pendaratan manusia di bulan adalah rekayasa yang diciptakan di sebuah studio.

4. Tidak Banyak Bintang yang Terlihat

Dari bumi yang berjarak ribuan mil saja, kita bisa melihat begitu banyak bintang. Namun, dalam serangkaian foto pendaratan di bulan, kita melihat sedikit sekali bintang. Langit yang menjadi latar belakang tampak begitu polos dengan sedikit sekali bintang.

Tidak Ada Bintang (C)listverse
Tidak Ada Bintang (C)listverse

Pihak NASA kembali mengatakan bintang-bintang tersebut tidak terekspos dengan baik karena rendahnya kualitas kamera yang mereka bawa. Tapi anehnya, seberapa jelekpun kamera yang anda pakai anda bisa memfoto bintang dari bumi dan akan terlihat jelas. Kenapa di bulan tidak bisa?

5. Huruf “C” yang Misterius

Salah satu foto yang paling terkenal yang membuat pendaratan di bulan seperti sebuah kebohongan adalah “The C Rock”. Dalam gambar berikut anda bisa melihat terdapat huruf “c” yang tertulis rapi di sebuah batu di bulan. Huruf “c” tersebut tertulis terlalu rapi, sehingga tidak mungkin untuk menyebut bahwa huruf itu adalah ukiran natural yang memang ada di sana.

Huruf C yang Misterius (C)listverse
Huruf C yang Misterius (C)listverse

Diduga, huruf C ini adalah tanda yang digunakan seorang desainer set film sebelum pengambilan gambar dimulai, untuk mendapatkan titik sorot yang tempat. Jadi, mungkin saja pendaratan di bulan adalah “film” karya seseorang yang dibuat dalam studio. Namun, NASA mengatakan bahwa mungkin saja huruf “c” tersebut ada di sana. Atau mungkin itu adalah rambut dari astronot yang rontok dan menempel di batu.

Ilmu pengetahuan memang selalu berkembang dan menghasilkan kontroversi. Kita, sebagai manusia yang punya akal sebaiknya tidak menelan bulat-bulat informasi yang kita terima. Mencari tahu lebih lanjut adalah hal yang sangat memungkinkan, karena kita memiliki fasilitas pengetahuan yang tidak berbatas di internet.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda percaya bahwa manusia sudah benar-benar mendarat di bulan? Atau anda adalah satu dari sekian orang yang percaya bahwa hal tersebut hanyalah hoax? (HLH)