5 Alasan Kenapa Pencak Silat dari Indonesia Bisa Menembus Megahnya Hollywood

oleh Adi Nugroho
09:41 AM on Jan 28, 2016

Dalam beberapa tahun terakhir, pencak silat dari Indonesia mulai melejit dan go international secara perlahan-lahan. Seni bela diri ini mulai dilirik oleh banyak pelaku film dunia untuk masuk ke dalam film-film besar mereka. Pencak silat ingin dijadikan sebuah ikon bela diri baru selain kungfu dari Tiongkok atau mungkin taekwondo dari Korea.

Oh ya, pencak silat tentu tak semudah itu bisa menembus Hollywood yang megah dengan cepat. Para pelaku bela diri ini harus mampu mengenalkan dan menarik perhatian para pembuat film di Hollywood. Mereka menampilkan banyak sisi unik dari pencak silat hingga saat ini seni bela diri semakin mudah di terima.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Berikut 5 alasan kenapa pencak silat dari Indonesia bisa diterima dunia Internasional dan menembus megahnya Hollywood.

1. The Raid

Tidak bisa dipungkiri lagi jika The Raid adalah ujung tombak pengenalan pencak silat ke dunia internasional. Film laga yang dirilis pada tahun 2011 ini mendadak menjadi perhatian dunia. Banyak pengamat mengatakan jika film ini adalah tontonan laga terbaik yang pernah dibuat di Indonesia. Bahkan, aksi laga di dalam film seperti sebuah tarian indah namun juga tetap terlihat hebat.

The Raid yang mendunia [image source]
The Raid yang mendunia [image source]
Akibat The Raid, pencak silat akhirnya mampu terbang ke seluruh penjuru dunia. Bahkan membuat banyak pelaku di dalamnya mulai dilirik produser film asing. Sebut saja film besar seperti Star Wars dan Zombie Apocalypse. Di masa depan, pencak silat dan juga aktor Indonesia yang terlibat di dalamnya diprediksi akan semakin banyak memenuhi film-film hebat di dunia. Dan jika hal itu terjadi, pencak silat akan menjadi seni bela diri terkenal seperti kungfu.

2. Gerakannya Indah

Dalam film The Raid, pencak silat digambarkan dengan sangat indah. Bahkan ada koreografi tersendiri yang diterapkan agar gerakannya nampak lebih tertata dan memberikan kesan yang “wah”. Gerakan indah ini nampak semakin berkesan setelah digabungkan dan menjadi sebentuk pertarungan.

Memiliki gerakan yang sangat indah [image source]
Memiliki gerakan yang sangat indah [image source]
Pencak silat sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali gerakan utama yang wajib dikuasai oleh siapa saja. Gerakan itu berupa pukulan, tendangan, kuncian, dan menggunakan alat seperti yang ada dalam kungfu. Selain masalah gerakan, pencak silat di Indonesia juga memiliki banyak jenis. Hampir setiap daerah memiliki beberapa gerakan unik yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini menambah keberagaman gerakan pencak silat yang bisa ditunjukkan kepada dunia.

3. Seni Bela Diri yang Unik

Sejak kecil kita semua telah dicekoki film Hollywood yang menampilkan banyak sekali gerakan silat dari Tiongkok. Seni bela diri dari negeri tirai bambu itu menjadi bagian penting dari setiap aksi laga yang ada di film Hollywood. Aktor hebat seperti Jacky Chen dan Bruce Lee menjadi ujung tombak terkenalnya kungfu hingga sampai sekarang pun masih terus dipakai dalam berbagai film. Bahkan diperkirakan sudah lebih dari 50 film tentang kungfu dibuat dan ditayangkan di Hollywood.

Bule main pencak silat [image source]
Bule main pencak silat [image source]
Saat pencak silat muncul dalam film The Raid. Mata publik dunia seakan tersegarkan. Mereka akhirnya melihat seni bela diri lain, yang unik, tidak mainstream namun sangat indah. Keunikan gerakan dari pencak silat yang tak pernah dilihat oleh banyak orang di dunia membuat mereka jadi penasaran. Bahkan produser di sana pun jadi melirik dan ingin membuat pencak silat menjadi lebih mendunia.

4. Memiliki Filosofi yang Hebat

Pencak silat bukan perkara gerakan memukul, menendang, atau menangkis saja. Gerakan yang dilakukan pada setiap pencak silat selalu ada makna dan filosofinya yang sangat dalam. Misal gerakan akan menyerang, atau mengambil kuda-kuda. Setiap gerakan atau pun langkah selalu dibarengi dengan filosofi yang sangat luhur.

Memiliki filosofi yang sangat hebat [image source]
Memiliki filosofi yang sangat hebat [image source]
Semakin dalam mempelajari pencak silat, seseorang tak hanya akan dibawa kepada tahap kuat secara fisik saja. Namun juga dibawa bertualang ke kedalaman makna yang kadang butuh pemikiran lebih jauh. Itulah mengapa saat ini banyak sekali orang dari luar negeri yang datang ke Indonesia hanya untuk berlatih pencak silat dan mempelajari inti dari semua gerakan seni untuk melindungi diri ini.
Semakin banyak orang asing mempelajari seni bela diri ini. Semakin banyak pula minat produser film untuk memasukkan seni bela diri hebat ini ke dalam karya mereka.

5. Ada Nilai Spiritual yang Sangat Tinggi

Orang yang mempelajari pencak silat dan levelnya sudah sangat tinggi biasanya dianggap sakti. Ia memiliki kekebalan terhadap benda tajam dan susah sekali dilukai dengan cara apa pun. Akibat hal ini akhirnya banyak orang mengira jika pencak silat pakai guna-guna dan juga ilmu hitam. Parahnya lagi ada yang mengira praktik bela diri ini berhubungan dengan hal-hal berbau dukun atau klenik.

Nilai spiritual dalam pencak silat [image source]
Nilai spiritual dalam pencak silat [image source]
Sebenarnya pencak silat juga mengajarkan nilai spiritual yang sangat tinggi. Seseorang yang mempelajari seni bela diri ini juga belajar bagaimana lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, kepada alam, dan menjadi figur yang lebih baik. Selain itu pencak silat juga mengajarkan seseorang bagaimana menggunakan tenaga dalam yang ada di dalam tubuh setiap manusia.

Demikianlah lima alasan yang mendasari pencak silat dari Indonesia bisa menembus Hollywood. Bahkan akibat pencak silat ini juga perfilman Indonesia bisa terus berpacu hingga tidak jalan di tempat saja. Semoga, pencak silat membuat Indonesia semakin dikenal di dunia internasional.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA