Sahabat Boombastis tentunya sudah enggak asing lagi dengan kehadiran video atau foto penampakan di media sosial. Hmm.. dan pastinya konten yang mengandung bau-bau mistis ini mengundang para netizen budiman untuk berkomentar. Ada yang positif, negatif dan bahkan berkomentar lelucon.

Seperti foto yang lagi viral akhir-akhir ini nih gengs. Adalah jepretan gambar dari acara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda Fair) 2019 yang diadakan di Graha Cakrawala, Malang. Di mana di foto tersebut ada sosok berwarna putih yang wajahnya menyeramkan. Dan sampai saat ini, gambar itu masih jadi bahan perbincangan banyak orang. Sebenarnya, itu kesalahan teknis atau makhluk tak kasat mata yang terekam kamera sih?

Kualitas kamera yang kurang bagus ketika dalam ruangan

Penyebab yang paling mungkin dari munculnya penampakan ini adalah kamera si pemotret. Pasalnya, saat ini banyak ponsel yang kameranya kurang mumpuni ketika dipakai di dalam ruangan.

Kualitas kamera yang kurang mumpuni [Sumber Gambar]
Ada yang gelap atau bahkan tidak jelas jika memotret benda di kejauhan. Sehingga model yang seharusnya terlihat cantik, malah tampak menyeramkan seperti foto yang beredar di media sosial akhir-akhir ini. Jadi, jangan berpikiran kalau itu adalah hantu yang tiba-tiba pengen fashion show di acara itu ya.

Terpengaruh pencahayaan yang terlalu terang

Nah, selain kamera, ada juga faktor pemicu lainnya. Seperti pencahayaan yang ada di dalam ruangan. Yup, Sahabat Boombastis pasti tahu sendiri lah bagaimana kondisi jika ada acara pentas dan semacamnya. Tentunya pencahayaan menjadi prioritas utama supaya orang yang ada di panggung bisa terlihat oleh penonton.

Terpengaruh cahaya [Sumber Gambar]
Maka dari itu, lampu yang digunakan pasti lebih banyak, baik di atas, belakang dan samping panggung. Akibatnya, model yang berbaju putih tersebut terlihat menakutkan karena pantulan berlebihan dari cahaya lampu. Dan itu terjadi ketika ada orang yang memotretnya.

Foto yang tersebar sudah pecah

Alasan masuk akal lainnya yakni foto yang tersebar sudah pecah. Ini memang kerap terjadi di media sosial ketika menyebarkan suatu foto dan telah di-share di mana-mana. Gambar tersebut akan semakin menurun kualitasnya, sehingga di beberapa bagian terlihat tidak jelas.

Foto yang tersebar sudah pecah [Sumber Gambar]
Jadi, kemungkinan penampakan tersebut bisa muncul di foto gara-gara perkara satu ini. Eits, tapi dengan catatan, ini hanya berlaku untuk potretan yang berasal dari ponsel. Kalau dari kamera sultan alias DSLR atau mirrorless, foto tersebut enggak akan berubah kualitasnya meskipun sudah di-share berkali-kali.

Ini klarifikasi tentang foto penampakan yang beredar

Adanya foto penampakan yang ada di Graha Cakrawala tersebut, membuat salah satu panitia Dekrasnada Fair 2019 angkat bicara. Ia adalah Fahmi Fauzan. Kepada detik.com, ia menyebutkan jika apa yang dibicarakan selama ini tidak benar.

Pasalnya, dirinya mempunyai video asli dari acara dan di dalamnya tidak ada penampakan yang muncul sama sekali. Menurutnya, ini adalah pengaruh dari pantulan LED yang ada di belakangnya, sehingga membuat wajahnya menjadi tampak menyeramkan. Selain itu, mungkin ada oknum yang sengaja mengedit fotonya menjadi sosok menakutkan.

Berikut wajah asli sang model dan tanggapan dari desainer

Lantas, bagaimana wajah sebenarnya dari model yang kita anggap ‘hantu’ selama ini? Ia tak semenyeramkan seperti yang ada di foto kok. Wanita tersebut sangat cantik dan tampak anggun menggunakan pakaian dari seorang desainer bernama Selvi Daniati. Si model tak masalah akan kabar yang beredar, justru desainer bajunya yang sempat melayangkan protes di akun instagram @infomalangraya yang menyebarkan foto tersebut.

Klarifikasi desainer baju dan wajah asli model [Sumber Gambar]
Namun protes bukan dalam bentuk kemarahan ya, melainkan berupa klarifikasi saja. Bahkan ia juga menjelaskan berita tersebut di Insta Story, WhatsApp dan semua teman-temannya. Menurutnya, model yang menggunakan pakaian hasil desainnya bisa seperti itu karena cahaya saat pengambilan gambar tidak pas. Ia bisa berkata begitu karena suaminya adalah seorang fotografer.

BACA JUGA : 20 Penampakan Aneh dan Misterius yang Pernah Terekam Oleh Google Earth

Sudah adanya klarifikasi dari pihak acara dan desainer, membuat kita bisa berpikir lebih positif lagi. Di mana fenomena ini terjadi karena kesalahan teknis saja. Bukannya terjadi lantaran ada makhluk tak kasat mata yang tiba-tiba muncul di kamera. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk tidak cepat mengambil kesimpulan saat melihat sesuatu. Cari tahu terlebih dulu alasan yang masuk akal dan tanyakan kepada ahli jika tidak mengerti.