in

Nggak Disangka, Pemulung Ini Bisa Hasilkan 40 Juta Per Bulan. Kok Bisa?

Banyak orang yang memandang sebelah mata pekerjaan pemulung. Mengambil sampah di tempat yang kotor dan mendapatkan uang yang tidak besar. Namun, siapa sangka ada orang di luar sana yang menjadikan pemulung sebagai pilihan pekerjaan karena bisa mendapatkan uang sampai puluhan juta per bulan?

Tiffany Butler adalah seorang pemulung yang berasal dari Dallas, Texas, Amerika Serikat. Ibu dua anak ini menjadikan pemulung sebagai profesinya sejak beberapa tahun lalu. Trus bagaimana sih cara Tiffany bisa mendapatkan puluhan juta per bulan dari memulung? Begini lho kisah selengkapnya.

Awalnya cuma hobi

Berawal dari menonton video di YouTube yang memperlihatkan orang menemukan kotak makeup mewah di tong sampah sebuah department store, dari situlah ia ingin mengikuti kegiatan itu. Tahun 2017, ia mulai mencari sampah di tong sampah untuk menemukan benda-benda yang bisa ia jual.

Memulung di tong sampah [sumber gambar]
Tiffany pun pergi ke sebuah toserba di sekitar rumahnya, kemudian mengambil sampah di tong yang berada di luar toserba. Awalnya ia melakukan hal ini untuk hobi, tapi kemudian ia merasa bahwa memulung bisa menjadi ladang rezeki. Tempat sampah yang dipilih Tiffany adalah tong sampah kering, bukan tercampur seperti kebanyakan tong sampah di Indonesia.

Menjadikan pemulung sebagai profesi tetap

Perempuan berusia 31 ini pun semakin menekuni profesi barunya sejak 2018. Setiap hari Senin hingga Jumat, ia bakal menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk memulung. Dulu ia akan mengambil banyak barang dari tong sampah, sampai rumah dan garasinya penuh sesak dengan sampah. Akhirnya ia hanya mengambil sampah yang bisa ia gunakan atau memiliki nilai jual yang lumayan. Tong sampahnya pun tidak sembarangan, namun yang berada di sekitar tempat yang akan memiliki sampah dengan harga jual tinggi.

Menjadikan pemulung sebagai profesi tetap [sumber gambar]

Bahkan, ia juga mencatat hari apa saja tong sampah bakal dikosongkan. Juga menghindari mengambil sampah di dekat toko makanan yang biasanya bakal banyak makanan busuk. Menurut temuannya, produk yang tidak dilanjutkan kemudian dibuang oleh toko bakal dikemas oleh pihak toko di kotak besar atau kantong sampah. Barang-barang itulah yang bisa dijual dengan harga cukup tinggi.

Sampah dengan nilai jual tinggi kerap ditemukan

Dengan usaha yang ia lakukan, Tiffany bisa menghemat banyak waktu dan memanfaatkannya dengan maksimal untuk menemukan barang bagus. Banyak barang yang berhasil ia temukan dan memiliki nilai jual tinggi, seperti makeup, baju, buku, perhiasan, sampai peralatan elektronik rumah yang setara jutaan rupiah.

Barang bernilai jual tinggi [sumber gambar]
Barang-barang yang ditemukannya bakal disortir dan dijual melalui situs lelang eBay, media sosial, marketplace, hingga garage sale. Untuk harganya, Tiffany mencari tahu di internet harga untuk barang baru dari sampah yang ia temukan. Kemudian, ia akan menjualnya sebesar 25% saja dari harga baru.

Pendapatannya mencapai Rp40 juta per bulan

Sampah yang telah ia kumpulkan dan jual, bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Contohnya saja, ia pernah mendapatkan sebuah mainan yang harga aslinya sebesar $249 atau sekitar Rp3,5 juta. Jika dijual 25%-nya saja, ia bisa mendapatkan Rp875 ribu secara cuma-cuma.

Menemukan barang berharga tinggi [sumber gambar]
Tak hanya itu, ia juga pernah menjual barang elektronik dengan harga Rp2,3 juta, pakaian Rp1,1 juta, sampai penyedot debu seharga Rp5,7 juta. Nggak heran jika ia bisa mendapatkan penghasilan mencapai Rp40 juta per bulan sebagai pemulung.

BACA JUGA: Pemulung Kaya, Cuma Modal Pinset Bisa Dapat Belasan Juta dengan Mengais Emas di Jalan

Berawal dari coba-coba, Tiffany melihat potensi pekerjaan yang bisa mendatangkan uang banyak. Siapa sangka pemulung bisa menghasilkan puluhan juta per bulan? Kalau begini sih, mungkin bakal banyak orang yang memilih jadi pemulung benda-benda yang bisa dijual dengan harga tinggi nih.

Written by Galih Hayu

Lapangan Golf sampai Karangan Bunga, Ini Lho 4 Anggaran Pemerintah yang Nggak Masuk Akal

Kabar Rumah Tangga Mawar AFI, Foto Suami Menikah Lagi Bikin Geger