10 Pemukiman Aneh dengan Cerita Terunik di Dunia

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Sep 24, 2015

Di seluruh dunia ini ada begitu banyak pemukiman yang tersebar di mana-mana. Pemukiman atau desa merupakan sebuah tempat yang biasanya dapat dihuni atau ditinggali oleh sekelompok manusia atau makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup tersebut akan melakukan kegiatan sehari-harinya di sana.

Ada yang aneh dengan beberapa pemukiman ini. Seperti yang di lansir di oddee.com, keanehan bukan dilihat dari namanya, melainkan dari apa yang terjadi dengan pemukiman-pemukiman tersebut. Memangnya apa yaa yang terjadi di sana? Mari Kita simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Ganxi Dong, China

Ganxi Dong adalah sebuah desa yang berada di China. Lokasinya begitu jauh tersembunyi di sekitar pegunungan Tianzhu, China Tengah. Hati-hati bila kamu mendatangi desa ini, karena seluruh penduduknya adalah seorang yang jago bela diri, yakni Khung Fu.

Ganxi Dong, Desa Kung Fu di China
Ganxi Dong, Desa Kung Fu di China [imagesource]
Penduduk di sini memang harus mempunyai keahlian seni bela diri. Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga, karena lingkungan tempat tinggal mereka masih terdapat hewan buas yang hidup secara liar. Setidaknya, dalam satu keluarga harus ada salah satu yang mempunyai keahlian seni bela diri.

2.  Yangsi, China

Selain Ganxi Dong,  desa Yangsi yang berlokasi di barat daya Provinsi Sichuan China ini juga sempat membingungkan beberapa ilmuwan. Postur tubuh penduduk di sini sedikit aneh, karena tinggi mereka lebih pendek dari tinggi manusia pada umumnya.

Yangsi, Para Penduduknya Memiliki Postur Tubuh yang Tak Biasa
Yangsi, Para Penduduknya Memiliki Postur Tubuh yang Tak Biasa [imagesource]
Hal itu terjadi sekitar 40 % dari jumlah penduduknya. Entah apa penyebabnya mengenai apa yang terjadi pada penduduk Desa Yangsi yang disebut juga dengan ‘Desa Kerdil’ ini. Semoga saja segera ditemukan apa yang menyebabkan terhentinya pertumbuhan dalam waktu yang cepat ini.

3.  Mawsynram, India

Kalau yang satu ini adalah sebuah pemukiman yang berada di India. Nama tempat tersebut adalah Mawsynram. Jika berada di tempat ini, kita harus sedia payung saat berpergian ke luar rumah. Pasalnya, tempat ini mempunyai curah hujan yang sangat tinggi.

Mawsynram, Tempat Terbasah di Bumi
Mawsynram, Tempat Terbasah di Bumi [imagesource]
Karena itulah, pemukiman berikut kerap diberi julukan ‘tempat terbasah yang ada di bumi’. Penduduk Mawsynram yang bekerja di luar ruangan, pasti selalu memakai payung yang terbuat dari bambu dan daun pisang.  Payung tersebut biasanya dapat melindungi seluruh tubuh dari hujan.

4. Sebuah Desa di India

Masih di India, ada juga sebuah pemukiman di mana seluruh bangunan yang ada di sana tidak memiliki daun pintu. Semua bangunan mulai dari rumah, sekolah, sampai perkantoran hanyalah memiliki kusen pintu saja. Wah, kira-kira aman tidak yaa meninggalkan rumah seperti itu?

Desa Tanpa Pintu di India
Desa Tanpa Pintu di India [imagesource]
Penduduk di sana yakin semua orang yang tinggal di sana memiliki iman yang kuat. Jadi tidak perlu mengkhawatirkan soal keamanannya. Lalu bagaimana jika kita ingin bertamu? Karena tidak ada daun pintu, tamu hanya cukup sedikit berteriak, maka sang penghuni akan langsung datang menghampiri.

5. Hokse, Nepal

Hokse merupakan sebuah desa yang berada di Nepal. Penduduk yang berada di sini bisa dibilang sangat miskin di kehidupannya. Saking miskinnya, rata-rata di antara mereka itu hanya mempunyai satu buah ginjal saja. Lalu kemanakah buah ginjal yang satunya lagi?

Hokse, Penduduknya Hanya Punya Satu Ginjal
Hokse, Penduduknya Hanya Punya Satu Ginjal [imagesource]
Buah ginjal yang satunya lagi terpaksa mereka jual demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Organ penting itu mereka jual ke ‘Kidney Village’, yang katanya adalah sebuah agen yang terkenal menipu. Hanya dengan bayaran yang tak seberapa, para penduduk tersebut diperdaya dengan alasan manusia cukup hidup dengan satu ginjal saja.

6. Viganella, Italia

Viganella adalah sebuah desa kecil yang berada di Italia. Lokasinya berada di bagian bawah sebuah lembah yang cukup dalam. Dengan lokasinya yang seperti itu, tempat ini sulit sekali untuk mendapatkan sinar matahari. Namun seorang arsitek dan insinyur mempunyai ide yang begitu brilian untuk menangani masalah ini.

Viganella, Pemukiman yang Tidak Mendapat Sinar Matahari
Viganella, Pemukiman yang Tidak Mendapat Sinar Matahari [imagesource]
Mereka membangun sebuah cermin yang sangat besar ke titik di mana sinar matahari tersebut sampai. Cermin itu nantinya akan memantulkan cahaya matahari ke dalam desa Viganella.  Cermin itu sendiri berukuran 40 meter persegi dengan berat 1,1 ton.

7. Demensia, Amsterdam

Sebuah desa yang berada di Amsterdam  ini dihuni oleh orang-orang yang menderita Alzheimer, sebuah penyakit di demensia yang paling umum. Biasanya penderita akan mengalami gangguan otak seperti melemahnya daya ingat, mengurangnya penalaran dan persepsi.

Demensia, Desanya Para Penderita Alzheimer
Demensia, Desanya Para Penderita Alzheimer [imagesource]
Nama desa ini adalah Demensia Village. Di sini para penduduknya bebas untuk berbelanja, makan di restoran ataupun hanya sekedar berjalan-jalan. Tetapi tenang, akan ada yang memonitor kegiatan mereka agar tidak ada yang berkeliaran sampai melukai dirinya sendiri.

8. Sebuah Tempat di Spanyol

Bangunan-bangunan yang berada di kota Juzcar, Spanyol ini begitu menonjol. Bagaimana tidak, secara seluruh bangunan yang berdiri di kota ini dicat dengan warna biru terang. Tempat ini pun kerap menarik wisatawan dari dalam negeri , maupun mancanegara.

Kota Berwarna Biru di Spanyol
Kota Berwarna Biru di Spanyol [imagesource]
Sony Picture lah yang ada dibalik semua ini. Mereka memanfaatkan perumahan tersebut untuk promosi film mereka yang berjudul ‘The Smurf’. Pada awalnya kota biru ini sempat direncanakan untuk diganti dengan cat warna putih. Tapi  akhirnya dengan hasil voting, bangunan-bangunan di sini tetap dengan cat berwarna biru.

9. Kalachi, Kazakhstan

Sebuah kota yang berada di Kazakhstan ini disebut-sebut sebagai ‘Kota Tidur’. Pasalnya, hampir seperempat penduduknya secara turun-temurun terinfeksi sebuah virus. Virus itu dapat membuat orang tertidur selama berhari-hari pada suatu waktu.

Kalachi, Penduduknya Tidur Berbulan-bulan
Kalachi, Penduduknya Tidur Berbulan-bulan [imagesource]
Yang lebih mengherankan lagi, saat mereka terbangun dari tidur akibat virus tadi mereka akan merasa mual, sakit kepala dan kehilangan memori. Meski telah dilakukan berbagai tes, akan tetapi tetap saja belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebab utama virus tersebut tersebar.

10. Giethoorn, Belanda

Di desa Giethoorn yang berada di Belanda ini, kamu tidak akan menemukan jalan raya. satu-satunya akses untuk bepergian adalah jalur air atau berjalan kaki. Ada banyak kapal-kapal yang bisa ditumpangi jika kita ingin bepergian ke suatu tempat.

Giethoorn, Desa Tanpa Jalan Raya di Belanda
Giethoorn, Desa Tanpa Jalan Raya di Belanda [imagesource]
Seluruh daratannya sudah dipenuhi oleh rumah-rumah yang jumlah penduduknya mencapai 1600 jiwa. Kota yang berdiri di atas kanal-kanal ini telah diberi julukan ‘The Venice of the Netherlands’. Giethoorn pun kini sudah menjadi objek wisata yang sangat populer.

Itulah tadi beberapa tempat aneh yang cukup populer di dunia. Beberapa desa dan pemukiman ini mempunyai keunikan yang berbeda-beda. Tentunya, hal itu pulalah yang membuat  tempat ini begitu menarik untuk dikunjungi. Kamu sendiri, tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA