5 Pemimpin Sekte Terkejam Abad 20 ini Bikin Dunia Ketar-Ketir

oleh Adi Nugroho
08:30 AM on Mar 21, 2016

Sebelum tahun 2000 datang, serangkaian serangan dan kerusuhan yang diakibatkan oleh sekte aneh kerap terjadi. Mereka membuat keadaan suatu negara jadi kacau agar lebih diakui keberadaannya. Atau ingin melenyapkan dunia sesuai dengan keyakinan yang dianggap benar dan mutlak adanya.

Sekte-sekte aneh ini berkembang dengan sangat karena memiliki pemimpin yang hebat, atau lebih tepatnya kejam. Para pemimpin ini terobsesi untuk mewujudkan wahyu-wahyu yang diterima meski harus membunuh banyak manusia. Inilah lima pemimpin sekte terkejam yang sempat membuat bumi ini tidak tenang selama beberapa saat.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Jim Jones, Menyuruh Anak Buahnya Untuk Bunuh Diri Massal

Jim Jones adalah orang yang menasbihkan dirinya sendiri sebagai seorang pendeta. Ia lalu mencari banyak sekali pengikut dengan iming-iming surga yang indah jika mengikuti ajarannya. Dengan gaya bicara yang luwes dan sangat persuasif, akhirnya banyak orang ikut terlibat dengan sekte yang diberi nama dengan the People of Temple Church.

Jim Jones [image source]
Jim Jones [image source]
Jim Jones terus mencari anggota sebanyak-banyaknya. Ia bahkan membuat sebuah desa kecil yang diberi nama dengan Jonestown. Di desa kecil ini, semua orang dalam sektenya berkumpul dan menjalani ajaran tanpa ada gangguan.Lalu pada November 1978 kejadian mengerikan itu datang. Jones dengan segala kekuatannya menyuruh semua pengikutnya untuk bunuh diri secara massal. Setidaknya 900 orang anggota meninggal dunia karena patuh pada Jones yang dianggap suci.

2. Shoko Asahara, Maestro Penyerangan Maut di Jaringan Subway Jepang

Shoko Asahara adalah pemimpin dari sekte agama yang terobsesi membawa kiamat pada semua orang. Nama sekte itu adalah Aum Sinrikyo. Shoko Asahara membentuk sekte ini pada tahun 1980 lalu mencari anggota-anggota yang sepaham dengannya. (Lebih banyak juga anggota yang dipaksa dan diancam masuk.) Di bawah kepemimpinan Shoko Asahara, sekte ini berkembang hingga memiliki 30.000 pengikut yang sebagian besar tinggal di pedalaman Rusia.

Shoko Asahara [image source]
Shoko Asahara [image source]
Shoko Asahara adalah orang yang mengaku dapat membaca pikiran dan menerima wahyu dari Tuhan. Ia mendapatkan perintah untuk membumihanguskan Jepang. Untuk mewujudkan itu, Shoko Asahara dan anak buahnya melakukan penyerangan kereta bawah tanah di Jepang. Mereka meledakkan gas sarin dan membuat 13 orang meninggal dunia serta ratusan lain keracunan. Pemerintah Jepang sangat geram dengan apa yang dilakukan oleh Aum Sinrikyo hingga akhirnya dilakukan pemburuan besar-besaran. Shoko Asahara akhirnya tertangkap dan dijatuhi hukuman mati.

3. Joseph Di Mambro, Memimpin Sekte Pembunuh yang Sangat Kejam

Joseph Di Mambro adalah pimpinan dari sekte yang memiliki nama Order of the Solar Temple. Sekter ini pertama kali dibentuk olehnya pada 1984 lalu di Eropa. Selama puluhan tahun, Joseph terus mengumpulkan para pengikut yang loyal lalu menyuruh mereka untuk bunuh diri dengan cara yang mengerikan. Pertama adalah dengan menembak dirinya sendiri atau mati karena kekurangan oksigen di dalam tubuh.

Joseph Di Mambro [image source]
Joseph Di Mambro [image source]
Pada tahun 1994, Joseph dan 50 anak buahnya melakukan bunuh diri massal. Mereka melakukan ini agar bisa segera masuk surga yang telah dijanjikan. Oh ya, mereka juga terbiasa untuk membunuh anggota-anggota lain yang dianggap membangkang. Joseph menganggap jika kematian anggota yang tak patuh akan membuatnya segera masuk ke surga dan tidak lagi banyak melakukan dosa.

4. David Koresh, Pemimpi Sekte Penjual Senjata Gelap Paling Dicari Amerika

David Koresh melakukan ledakan sangat dahsyat pada sebuah bangunan dan menyebabkan 70 pengikut meninggal dunia. Hal ini ia lakukan agar terhindar dari kejaran polisi federal yang menginginkan dirinya ditangkap dan diadili. David Koresh mendirikan sebuah sekte bernama Branch Davidians. Sekte ini banyak sekali melakukan kegiatan yang sangat melanggar aturan, salah satunya adalah menjual senjata api ilegal.

David Koresh [image source]
David Koresh [image source]
David Koresh mendirikan Branch Davidians karena menganggap dirinya adalah Musa. Ia mengajak semua orang bersama-sama mengikuti apa yang ia percayai. Termasuk melakukan hubungan badan dengan anak di bawah umur. Parahnya lagi, ia juga banyak memiliki anak dari wanita-wanita yang menjadi sekternya. Sekte ini akhirnya selesai setelah David ikut tewas dalam ledakan yang juga membuat 168 pengikutnya luka parah.

5. Marshall Applewhite, Merancang Bunuh Diri Untuk Pergi ke Surga

Marshall Applewhite adalah seorang guru musik. Namun karena memiliki obsesi yang tinggi menjadi seorang pemimpin sekte, ia akhirnya mendirikan Heaven’s Gate. Sebuah sekte yang percaya akan adanya kapal luar angkasa yang membawa mereka ke alam lain yang disebut dengan surga. Namun syarat untuk naik ke kapal itu adalah mati di saat yang sangat tepat.

Marshall Applewhite [image source]
Marshall Applewhite [image source]
Akhirnya Marshall merangkai sebuah acara bunuh diri massal yang nantinya akan membawa banyak sekali pengikutnya ke luar angkasa. Ia percaya jika ada UFO dan alien yang akan menyelamatkan kaumnya dari kehancuran bumi yang diperkirakan terjadi pada 1997. Marshall dan semua anggotanya memakan puding yang sebelumnya diberi obat-obatan dosis tinggi hingga mereka mati dengan cepat.

Inilah lima pemimpin sekte terkejam di dunia yang membuat dunia jadi gempar. Keberadaan mereka di dunia ini benar-benar menyalahi hukum. Terlebih mereka kerap melakukan pemaksaan dan pembunuhan meski itu dilakukan pada dirinya sendiri. Menurut sobat Boombatis, Indonesia punya tidak ya pemimpin sekte mengerikan seperti ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA