Beberapa waktu yang lalu ribuan umat Islam di penjuru dunia merayakan Hari Raya Idul Adha, tak terkecuali bintang-bintang lapangan hijau yang larut dalam kebahagiaannya. Beberapa dari mereka bahkan ada yang menyumbangkan hewan untuk dikurbankan. Seperti salah satunya adalah pemain belakang Timnas U-23 Rezaldi Hehanusa. Pesepakbola yang akrab di sapa bule ini mengkurbankan satu ekor sapi. Lalu ada klub Madura United yang melakukan kegiatan serupa.

Meriahnya Hari Raya Kurban tidak hanya hinggap di pemain Indonesia saja. Beberapa pesepakbola muslim dari kompetisi elite Benua Biru juga larut dalam perayaan Idul Adha. Lewat ucapan di akun-akun sosial media, mereka membuat gaung Hari Raya ini juga bergema di Eropa. Siapa sajakah mereka? Boombastis sudah merangkum lima pemain itu. Yuk simak ulasan berikut.

Gelandang Manchester United, Paul Pogba mempertontokan sujud saat Idul Adha

Eid Mubarak 🕋🙏🏾 #eid

A post shared by Paul Labile Pogba (@paulpogba) on

Bukan rahasia lagi dari deretan pemain Manchester United, Paul Pogba adalah pemain muslim yang kerap mempertontonkan keislamannya. Hal ini tercermin dari ia yang acap kali memposting kegiatan beribadah dan tak jarang juga berkunjung ke tanah suci untuk umroh. Sedangkan di Hari Raya Idul Adha 1437 hijriah, Pogba melakukan sujud syukur sembari mengucapkan Eid Mubarak. Apa yang dilakukan mantan punggawa Juventus ini dapat dilihat di akun sosial media Instagram @paulpogba, bersama rekannya yakni Sidibe melakukan sujud syukur.

Mezut Ozil, sambut Idul Adha dengan tunjukkan foto saat berdoa di atas lapangan

Eid Mubarak to all of you celebrating today. 🙏🏼 #EidAlAdha #M1Ö

A post shared by Mesut Özil (@m10_official) on

Kalau Paul Pogba melakukan sujud syukur dalam sambut Idul Adha, berbeda halnya dengan Mezut Ozil yang memilih menunjukkan foto berdoanya. Seperti tergambar di akun sosial medianya yakni @m10_official, berada di tengah lapangan sebelum laga Arsenal dimulai ia melakukan gerakan menadahkan tangan sembari meminta perlindungan tuhan. Pada foto tersebut juga dituliskan caption berbunyi, Eid Mubarak to all you celebrating today, yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia, selamat hari raya Idul Adha untuk semua yang merayakan.

Muslim Juventus Pjanic dan Benatia juga ucapakan Idul Adha lewat sosial medianya

Aidkoum moubarak 🙏🏽 #eidmubarak

A post shared by Medhi Benatia (@m.benatia5) on

Selain nama-nama tadi, beberapa pemain berdarah muslim di skuad Juventus juga sambut Hari Raya Kurban ini dengan ucapan selamat Idul Adha lewat jejaring sosial media Instagram yang mereka miliki. Seperti salah satunya yang dilakukan oleh Medhi Benitia dan Miralim Pjanic, Kamis (22/8) kedua pemain itu mengunggah gambar yang menunjukkan bahwa mereka ikut larut dalam perayaan Idul Adha. Medhi Benitia, mengunggah foto dirinya berseragam Juventus dengan caption yang dituliskan Aidkoum Moubarak #eidmubarak. Sedangkan Miralim Pjanic memposting gambar Eid Mubarak dengan gambar bulan tertempel lentera, tak ketinggalan ia menuliskan caption #eid_mubarak.

Dahulu Demba Ba sumbang hewan untuk di kurban saat Idul Adha

Demba ba [Sumber Gambar]
Jauh sebelum seperti sekarang yang menggunakan gambar dan ucapan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Ada lho sobat, pesepakbola yang menyumbang hewan untuk di korbankan. Demba Ba adalah salah satu nama yang melakukan hal tersebut. Mantan pemain Chelsea yang kini berkarier di kompetisi negeri Cina ini, mendonasikan dua ekor kambing untuk disembelih saat Idul Adha tahun 2015 yang lalu. Sedangkan untuk Idul Adha tahun ini, ia memposting di akun Instagram @dembafoot, dengan gambar sujud syukur dengan caption bertuliskan Eid Mubarek.

Apa yang dipertontonkan berapa pemain ini adalah bukti bagaimana identitas islam yang mereka miliki tidak pernah hilang, meski harus berlaga di ketatnya kompetisi elite Eropa. Selain itu, ucapan-ucapan tersebut juga menjadi jembatan yang menyalurkan energi positif dari sebuah perayaan Hari Raya orang islam ke dunia.