Pemerintah Telusuri Ijazah Palsu Universitas of Berkley

oleh Adys Disty
06:26 AM on May 28, 2015
Pemerintah Telusuri Ijazah Palsu Universitas of Berkley via tempo
Pemerintah Telusuri Ijazah Palsu Universitas of Berkley via tempo

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan, Muhammad Nasir melakukan inspeksi mendadak ke Universitas yang diduga telah mengeluarkan ijazah palsu, yakni University of Berkley di Jakarta. “Dari kemarin, ternyata Universitas Berkley tersebut hanya memiliki izin membuat kursus,” kata Nasir di rumah dinasnya, Widya Chandra, Jakarta.

Nasir mengatakan lembaga manajemen internasional Indonesia ini mengaku bekerja sama dengan University of Berkley. Namun ternyata Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tidak pernah mengeluarkan izin tersebut. Dia pun akan membekukan kampus itu. Selain itu, Nasir akan menelusuri apa ada unsur pidana penipuan dalam kasus ini. “Kami juga akan bekerja sama dengan polisi untuk kasus ini,” tuturnya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Mantan Rektor Universitas Diponegoro ini masih akan mendalami tentang status mahasiswa yang sudah terlanjur mendapat ijazah dari kampus ini. Salah satunya adalah mantan Rektor Universitas PGRI Nusa Tenggara Timur, Samuel Haning. Samuel pun sudah menandatangani ratusan ijazah kelulusan siswanya di Universitas PGRI Nusa Tenggara Timur.

Gelar doktor yang diterima Samuel dari University of Berkley dipertanyakan sehingga ijazah yang ditandatangani Samuel dipertanyakan juga. Dia tidak mau siswa di sekolah itu menjadi korban atas kesalahan rektor mereka yang ternyata ijazahnya tidak sah. “Ijazah siswa yang telah ditandatangani Samuel Haning ini sedang kami dalami dari sisi legalitas hukumnya,” ucapnya.

Jejak University of Berkley ditemukan di sejumlah situs penyedia informasi perguruan tinggi luar negeri. Namun, umumnya situs itu justru meminta calon mahasiswa untuk mewaspadai program pendidikan yang ditawarkan universitas tersebut. Bahkan, sebuah situs menyebut otoritas pendidikan di Michigan dan Texas telah menyatakan program kuliah dan gelar yang ditawarkan universitas tersebut ilegal.

Di Jakarta, program kuliah jarak jauh University of Berkley difasilitasi Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII). Di sejumlah iklan, LMII-University of Berkley mencantumkan alamat dan nomor telepon yang berbeda-beda. Bahkan, beberapa nomor telepon tidak bisa dihubungi. Kantor LMII-University of Berkley di lantai dua Gedung Yarnati, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA