Pemerintah Indonesia Siaga Hadapi Penyebaran Wabah Ebola

oleh Admin
10:36 AM on Aug 6, 2014

Beberapa hari ini, Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengeluarkan data sekitar 8 orang telah meninggal akibat wabah Ebola. Virus Ebola sedang mewabah di wilayah Afrika, dengan persentase kematian mencapai 90% bagi mereka yang terjangkit virus ini. Yang mengkhawatirkan, wabah Ebola telah masuk ke benua Amerika dan tidak menutup kemungkinan akan tersebar ke wilayah lainnya.wabah-ebola

Menanggapi hal tersebut, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia sudah mempersiapkan antisipasi penyebaran virus Ebola, dilansir oleh detik.com, Selasa (5/8). Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH mengatakan walaupun di Indonesia belum ada kasus Ebola, namun laboratorium sudah dipersiapkan untuk mengidentifikasi jika ada kemungkinan virus Ebola.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

“Indonesia pada saat ini memang masih di tingkat waspada. Laboratorium sudah kita siagakan jika ada gejala, sehingga bisa langsung kita periksa kemungkinan ebola atau tidak,” ujar Menteri Kesehatan.

Seringkali wabah di suatu daerah menyebar ke daerah lain melalui orang yang berpindah tempat. Maka pemerintah juga telah waspada dan memberi peringatan perjalanan atau travel warning. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin bepergian ke daerah Afrika, terutama di daerah-daerah yang terkena wabah Ebola, disarankan untuk selalu melakukan pengecekan kesehatan, sebelum dan sesudah kembali ke Indonesia.

Hubungan transportasi Indonesia ke Siera, Liberia, dan Guinea (negara yang terkena wabah Ebola) sangat minim bahkan tidak ada secara langsung, sehingga kecil kemungkinan virus Ebola sampai ke Indonesia. Pihak WHO sendiri sudah mengantisipasi agar orang yang terinfeksi Ebola tidak meninggalkan negaranya, agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

“Meskipun kita dalam status waspada, harapannya insya Allah tidak sampai di sini. Ebola ini kan ada bermacam-macam, yang ada di Asia alhamdulillah tidak berbahaya bagi manusia,” ujar Nafsiah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA