Kalau menegok India, memang banyak profesi unik yang bisa kita temui. Misalnya saja para penyelam got hingga dokter gigi emperan. Hal itu tidak terlepas dari kebutuhan dan perilaku masyarakatnya yang terbilang unik. Oleh sebab itu, bagi yang pertama kali datang ke sana, akan sangat kaget dengan keadaan di negeri tersebut.

Nah, ada satu lagi nih profesi yang dibilang lumayan menarik. Dia adalah para penyelam sekaligus pemburu koin. Mereka hidup dengan mengais rezeki di bawah sungai Yamuna. Uniknya lagi, mereka juga berjasa bagi pihak kepolisian. Lalu seperti apasih sebenarnya para pemburu koin ini? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Para pemburu koin sungai Yamuna

Adanya tradisi pelemparan koin di salah satu daerah di India, rupanya hal itu juga menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang. Itulah yang terjadi pada beberapa penyelam di sungai Yamuna yang setiap hari mengais rezeki di sana. Dilansir dari laman Merdeka, para pria ini berangkat mulai sekitar pukul 7 pagi, dan terus menyelam hingga waktu istirahat siang hari.

Pemburu koin [sumber gambar]
Dalam beberapa hari mereka dapat mengumpulkan hingga 100-200 rupee (Rp 17.717-35.435). Angka itu memang terbilang sedikit, namun bagi mereka itu sangat berarti. Apalagi para penyelam ini masuk ke dalam air dengan peralatan yang sangat sederhana, semua dilakukan untuk menambah pemasukannya.

Teknik menyelam yang luar biasa

Untuk menyelam di sungai Yamuna bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, para penyelam ini meski memiliki ketrampilan khusus supaya bisa terus bekerja. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah menyelam menggunakan mata tertutup. Jika biasanya penyelam memakai kacamata khusus, para pemburu koin ini hanya memakai tangan dan kaki untuk meraba-raba.

Teknik menyelam luar biasa [sumber gambar]
Bisa dibilang kalau tangan dan kaki mereka sebagai mata sebagai pengelihatan. Belum lagi adanya beberapa penyelam lain yang juga ikut memburu koin yang membuat mereka harus cepat agar tidak kehabisan. Sebagian orang bekerja jadi pemburu koin sebagai sampingan, namun ada pula yang jadi pekerjaan tetap.

Koin sempat dianggap membawa sial

Lantaran koin yang dilempar adalah koin persembahan, tentunya banyak orang yang tidak mau menjalani profesi pemburu koin. Ya, takutnya karena mengambil koin persembahan, mereka bisa mendapatkan sial. Namun bagi para pemburu koin, beda lagi ceritanya.

Disucikan sungai [sumber gambar]
Mereka percaya kalau koin persembahan ini sudah disucikan oleh air sungai Yamuna yang dianggap suci, sehingga tidak apa-apa jika mereka mau mengambil uang tersebut. Tak hanya uang, banyak benda lain yang juga dibuang di sana untuk persembahan. Pasalnya ada pula yang beruntung dengan mendapatkan cincin emas saat berburu koin di sungai Yamuna. Memang kalau sudah untung, tidak akan kemana-mana.

Membantu polisi dalam pencarian

Tak hanya bisa membantu keluarga untuk meringankan beban hidup, profesi ini juga berjasa membantu polisi dalam tugasnya. Bagaimana tidak, pasalnya para penyelam ini biasanya diterjunkan untuk mencari jasad korban pembunuhan yang dibuang di sungai. Bagaimana lagi, kalau banyak kendala teknis saat memakai alat, maka para penyelam inilah satu-satunya jasa yang dianggap paling ampuh hingga sekarang.

Berjasa bagi polisi [sumber gambar]
Tak mengenal waktu, ketika musim dingin pun para penyelam koin ini juga sering melakukan tugasnya jika memang ada korban pembunuhan. Wah kalau seperti ini sih, profesi seperti mereka sepertinya mesti dilestarikan, apalagi kemampuannya menyelamnya sangat terasa dan terlatih.

BACA JUGA: Mengenal Para Pencari Harta Timur Tengah yang Masih Pakai Jasa Jin Buat Temukan Emas

Profesi pemburu koin ini mirip anak-anak di dekat pelabuhan di Indonesia yang rela terjun demi koin yang dilemparkan kapal atau orang. Namun bedanya para pemburu koin di India ini juga ikut membantu polisi dalam pencarian korban pembunuhan. Tentunya semua tidak terlepas dari kemampuan dan skill mereka dalam menyelam.