in

Pemberian Super Istimewa Raja Arab Kepada Masyarakat Indonesia

Pedang emas Kapolri [Image Source]

Kedatangan Raja Salman Abdul Aziz kemarin menjadi  buah bibir di kalangan masyarakat. Pasalnya, hampir 40 tahun Indonesia tidak pernah dikunjungi oleh orang nomor satu di kerajaan Arab Saudi itu. Hubungan Indonesia dengan Arab saudi bisa dibilang telah berlangsung lama. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh Indonesia sebagai negara dengan penganut agama Islam paling banyak, yang setiap tahunnya mengirim umat muslim untuk melakukan ibadah Haji.

Kedatangan Raja Arab kali ini adalah untuk membahas  mengenai kerja sama pada bidang ekonomi tapi juga untuk tujuan berlibur. Tapi, tentu tidak hanya begitu saja karena para tamu spesial ini juga memberikan oleh-oleh luar biasa yang harganya tak karuan mahalnya. Tradisi memberi oleh-oleh ini sendiri tak hanya terjadi di zaman sekarang. Dulu, hal yang serupa juga terjadi.

Lalu, hadiah-hadiah spesial apa saja yang pernah diberikan pemerintahan Arab kepada Indonesia? Ketahui lewat ulasan berikut.

Kiswah, penutup Ka’bah yang terbuat dari benang emas

Kiswah Hadiah [image Source]
Lawatan raja Salman kemarin ke Masjid Istiqlal kemarin adalah momen yang sangat bersejarah. Salah satu alasannya adalah lantaran sang raja memberikan Kiswah untuk disimpan sebagai kenang-kenangan. Bagi yang belum tahu, Kiswah adalah kain hitam yang dijahit dengan benang emas dan biasanya digunakan sebagai penutup Ka’bah.  Harga untuk sebuah Kiswah itu sendiri sangat fantastis. Setidaknya dibutuhkan duit sekitar Rp 76 Milyar. Uniknya, hampir setiap tahun sekali Kiswah diganti dengan yang baru. Tentang hadiah Kiswah, ternyata pada tahun 1955, Raja Saud Abdulaziz juga pernah memberikan benda serupa.

Mobil hadiah untuk Presiden Ir. Soekarno

Chrysler Imperial Bung Karno [Image Source]
Saat presiden RI pertama Ir Soekarno melakukan kunjungan ke kerajaan Arab Saudi, Raja Saud Abdulaziz pernah memberikan sebuah hadiah untuknya. Hadiah tersebut berupa sebuah Mobil Chrysler untuk dibawa pulang sang proklamator. Namun sayangnya mobil yang dulu super mahal tersebut sudah hancur oleh ledakan  granat dalam insiden percobaan pembunuhan presiden Soekarno di Cikini.

Pedang Emas untuk Kapolri

Pedang emas Kapolri [Image Source]
Tak hanya Kiswah, pada lawatan beberapa waktu lalu, pemerintah Arab Saudi juga memberikan sebuah pedang emas. Bukan untuk Jokowi, namun kepada Kapolri Tito. Adapun alasan kenapa Sang Kapolri diberi hadiah yang luar biasa ini tak lain sebagai bentuk penghargaan atas Bangsa Indonesia yang dianggap sebagai negara yang baik. Beberapa tahun lalu, hadiah serupa juga pernah diterima oleh presiden Soeharto.

Hadiah Umrah bagi Keluarga Densus 88

Naik haji gratis [Image Source]
Dari semua hadiah yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi, mungkin pemberian inilah yang terbaik. Ya, sebagai apresiasi Raja Salman pada anggota Densus 88 atas usahanya dalam memberantas terorisme, semua anggota keluarga dari personil pasukan khusus ini yang tewas atau pun terluka, berhak mendapatkan haji gratis ke Tanah Suci. Rencana ini sebenarnya sudah cukup lama digodok dan kemungkinan akan segera direalisasikan. Benar-benar hadiah yang luar biasa, bukan?

Sepertinya tak ada alasan bagi Indonesia untuk sentimen kepada Arab Saudi. Ya, kemarin sempat ada semacam isu tidak enak mengenai hal-hal yang berbau Arab. Alasannya bukan karena sentimen itu buruk, tapi lihat juga hal-hal luar biasa yang diberikan pemerintah Arab kepada bangsa Indonesia. Semoga hubungan ini terjalin baik dan awet sampai di masa depan nanti.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Pernikahan Antar Keturunan NU dan Muhamadiyah, Akankah Dua Kubu Bersatu?

Latin Kings, Gangster Brutal Paling Disegani di Tanah Amerika