Meski bukan jadi yang terhebat di Asia, tapi sepak bola Korea Utara terus menggeliat dari waktu ke waktu. Puncaknya, tentu ketika sembilan tahun lalu mampu menembus ajang tertinggi sepak bola yaitu Piala Dunia. Selain itu, beberapa tahun lalu di ajang multi event sekelas Asian Games mereka juga sukses melaju hingga babak delapan besar.

Berbicara sepak bola Korut, tentu tidaklah bisa disamakan dengan negara-negara lain. Hal ini lantaran di sana, kabarnya menghubungkan olahraga ini dengan militer. Dan bagi mereka yang gagal dalam kompetisi akan mendapatkan tekanan hebat dari fans dan federasi. Meski kaku dan terkesan lepas kemanusiaannya, tapi beberapa pemain asal sukses tembus Eropa. Dan beberapa warga Kim Jon Un yang pernah dan kini bermain di Benua Biru.

Choe Song-Hyok pemian asal Korut bermain di divisi 3 Italia

Choe Song-Hyok bersam Timnas Korea Utara [Sumber Gambar]
Choe Song-Hyok tentu bukanlah nama yang familiar di telinga kita semua. Meski begitu, pria 25 tahun asal Korea Utara ini diam-diam kini bermain di Eropa. Bergabung dengan U.S. Arezzo, saat ini ia bermain di kompetisi Seri C atau liga kasta ke tiga Italia. Sebelum bermain di situ, dirinya juga sempat berseragam klub Negeri Pizza lainnya yakni Olibian. Di sana ia mencatatkan 5 pertandingan saja tanpa berhasil sekalipun membuat gol. Kendati statistik-nya buruk, untuk pemain 21 tahun berani menimba ilmu di Eropa tentu sebuah langkah yang bagus. Apalagi bakatnya sempat membuat klub Fiorentina ingin merekrutnya.

Penyerang masa depan Korut Han Kwang-Song bermain di Perugia

Han Kwang-Song bersma Caliagri [Sumber Gambar]
Seperti mengikuti jejak rekannya tersebut, penyerang masa depan Korea Utara yakni Han Kwang-Song juga kini tengah memperjuangkan karier-nya di Italia. Bermain untuk Perugia, kiprahnya di negara kelahiran Valentino Rossi tersebut bisa dibilang lebih moncer dari nama tadi. Dimana dalam karier-nya di Italia ia sudah sukses mengemas 10 gol dan mencatatkan 39 kali penampilan. Bahkan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar sempat membuat klub raksasa Juventus ingin merekrutnya.

Hong Yong-Jo andalan Korut Piala Dunia sempat cicipi kompetisi Eropa

Aksi Hong Yong-Jo bermain di Piala Dunia [Sumber Gambar]
Walaupun kini sudah tinggalkan Eropa, tapi Hong Yong-Jo juga menjadi salah satu warga Korea Utara yang sukses tembus sepak bola Eropa. Berlaga di kompetisi Serbia, ia habiskan satu tahun kompetisi dengan berseragam FK Bezanija. Di klub sudah berdiri di tahun 1921 ini dirinya menorehkan 7 kali penampilan dan satu gol. Puas di Serbia, Hong Yong-Jo melanjutkan karier dengan bermain di Rusia. Bergabung FC Rostov dirinya sukses bantu klub promosi dan mampu bertahan hingga 2 tahun di sana.

Cha Jong-Hyok pemain kawakan Korut yang sempat jajal Liga Swiss

Cha Jong-Hyok bersama klub Eropa [Sumber Gambar]
Setelah nama-nama tadi, Cha Jong-Hyok juga menjadi warga Korea Utara menjadi jebolan kompetisi benua biru. Berlaga untuk FC WIl yang berlaga di divisi 2 Liga Swiss, Cha Jong-Hyok menjadi salah satu warga Kim Jonhg Un yang kini terus bermain di sana. Usut punya usut, hal tersebut bisa terjadi lantaran pemain berposisi bek kanan ini telah mengantongi izin untuk pindah ke Eropa.

Pembobol gawang Brazil asal Korut sempat bermain di Jerman

Jong Tae-Se bermain di klun Jerman [Sumber Gambar]
Selain 4 sosok tadi, Jong Tae-Se juga menjadi warga Korut sempat merasakan kerasnya kompetisi Eropa. Pria yang sempat membobol gawang Brazil di Piala Dunia 2010 ini pernah berseragam klub Jerman,VfL Bochum dan FC Koln. Meski di klub terakhir ini nama kurang bersinar tapi ketika masih berseragam Bochum, Jong Tae-Se sukses menciptakan statistik yang lumayan. Dimana mampu mencetak 14 gol dari 39 penampilan. Sebelum penampilan epic juga tersaji ketika pemain berkepala tiga ini bermain di Liga Jepang.

BACA JUGA: Pilih Jadi Pemain Dunia, Pesepakbola Korea Utara Harus Merasakan Hal Tidak Menyenangkan Ini

Ya, siapa sangka di balik negara yang kerap menyimpan sebuah keunikan dalam memperlakukan atletnya, pemain Korea Utara ternyata juga bisa menembus Eropa. Negara yang konon mempunyai selera yang tinggi terkait pesepakbola. Besar harapan ke depan semakin banyak lagi pemain Asia yang mampu bermain di sana.