in

Tidak Hanya Sembuhkan Pasien, Dokter Ini Kembangkan Sepak Bola Indonesia Sampai Berjaya

Sebagai olahraga yang banyak dicintai orang, sepak bola tumbuh sangatlah cepat. Apabila kita dulu hanya bisa melihat pertandingan dalam negeri, sekarang laga bola di penjuru dunia pun bisa kita tonton. Tidak hanya itu saja sepak bola juga bisa dimainkan oleh siapa saja. Asal ada bola dan lawan atau teman mereka sudah bermain.

Lantaran hal ini juga dahulu Indonesia juga memunculkan seorang dokter yang mampu bermain bola. Bahkan berkat mereka nama Timnas melambung tinggi dan dikenang sebagai kekuatan hebat. Kiprah para pemain tersebut mungkin kini tinggal menjadi dongeng, namun tanpa ada kerja keras dokter tersebut Timnas tidak bisa seperti sekarang. Dan beginilah kiprah mereka majukan sepak bola Indonesia

Pemain handal di Olimpiade 1956 di Melbourne adalah dokter

Kwee Kiat Sek [Sumber Gambar]
Kwee Kiat Sek atau Arief Kusnadi pastinya menjadi nama yang asing untuk para pencinta sepak bola nasional. Meski jarang diketahui orang, Dokter satu ini juga ikut dalam berjuang di olimpiade 1956. Pemain yang mulai karier dengan Union Makes Strenght, saat itu bantu Timnas menahan tim terkuat dunia Uni Soviet. Sejak partai tersebut nama Indonesia terus melambung dan mulai diperhitungkan di percaturan sepak bola Asia. Tercatat ia juga menjadi pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Kapten Tim Hindia Belada di Piala Dunia adalah pribumi berprofesi dokter

Achmad Nawir [Sumber Gambar]
Meski bukan menggunakan nama Indonesia di Piala Dunia 1938, tapi tetap saja hal tersebut menjadi sebuah prestasi besar sepak bola bangsa kita. Saat itu tidak mudah untuk pemain tanah air bisa masuk skuad di ajang tersebut. Diperlukan bakat mumpuni layaknya Achmad Nawir ini, yang lihai pimpin tim dan memiliki skill bagus. Seperti halnya Kwee Kiat Sek tadi, ia juga seorang dokter yang mampu bawa harum Indonesia di dunia. Bahkan melalui tangan dinginnya saat melatih Persebaya, bakat-bakat muda juga dimunculkannya.

Endang Witarsa dokter gigi yang tetap harum namanya

Endang Witarsa [Sumber Gambar]
Sebagai seorang pemain dan juga pelatih, Endang Witarsa bisa dikatakan seorang sukses di ajang ini. Seorang dokter ini mampu membawa Timnas ditakuti di Asia. Gelar-gelar di Tournamaent Internasional, seperti Kings Cup 1868, Merdeka Games 1969 dan Aga Khan di Pakistan adalah bukti kehebatannya. Sebagai pemilik title dokter Gigi, pria ini banyak menghabiskan waktunya untuk sepak bola, tercacat lantaran hal tersebut pernah ia di anugerahi pelatih tertua di dunia dengan umur 90 tahun.

Pengorbanan besar menjadi kata yang pas untuk menggambarkan beberapa pemain ini. Mereka yang bisa hidup enak dengan gelarnya malah menginginkan hidup pas-pasan di sepak bola. Ditambah lagi saat itu, olahraga ini baru saja merangkak untuk naik. Namun melalui para dokter tersebut kita bisa belajar apabila kecintaan orang terhadap sepak bola sangat sulit untuk dikalahkan. Melalui hal seperti ini lah olahraga ini bisa dijauhkan dari tindakan korupsi.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Hidup Susah Jadi OB, Pria Ini Malah Sukses Hasilkan Omset Ratusan Juta Hingga Mancanegara

Ini Ciri-Ciri Akun Facebook yang Datanya Tercuri, Cek Milikmu Sebelum Terlambat Guys