in

Kejar THR Sendiri, 5 Peluang Usaha Ini Bisa Dilakukan dari Sekarang

Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan. Setelah itu, lebaran yang ditunggu-tunggu pun pasti akan datang. Biasanya, umat muslim saling berbagi THR alias Tunjangan Hari Raya ketika lebaran tiba.

Nah, tak ada salahnya jika kita bersiap menghasilkan THR sendiri dari sekarang. Sejumlah peluang usaha bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi cuan lebaran nanti. Apa saja? Berikut lima peluang usaha yang bisa dilakukan mulai dari sekarang.

1. Supplier box kardus untuk hampers

Hampers [sumber gambar]
Berbagi hampers alias parcel ketika menjelang lebaran sepertinya sudah sejak lama menjadi budaya umat muslim di Indonesia. Hal ini bisa dimanfaatkan menjadi ide usaha yang menguntungkan. Salah satunya dengan menjadi penyedia box kardus atau kemasan lain yang digunakan untuk hampers. Banyak orang yang membutuhkan barang tersebut lantaran hampers pasti akan dihias dengan kemasan yang indah. Box ini bisa djual secara online maupun offline agar keuntungan semakin maksimal.

2. Jualan kue kering

Lebaran juga tak bisa dipisahkan dari suguhan kue kering. Kue kering sudah menjadi makanan wajib ketika lebaran. Memulai bisnis kering di bulan Ramadhan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya tak perlu modal besar dan kondisi pasar pun sedang sangat bagus.

Kue kering [sumber gambar]
Saat pandemi, banyak orang tak bisa pulang ke kampung halaman dan mengirimkan kue kering sebagai penggantinya. Membuat kue kering juga tak perlu alat canggih. Satu oven dan mixer pun sudah bisa membuat kue kering yang lezat. Ketika bisnis sudah mulai berkembang, alat membuat kue dapat ditambah satu per satu sesuai kebutuhan.

3. Ide lauk frozen untuk buka puasa dan sahur

Bagi yang hobi memasak bisa membuat lauk untuk menu buka puasa dan sahur seperti dendeng, ayam goreng, olahan bakso, dan lain sebagainya. Masakan tersebut bisa dikemas menjadi frozen food sehingga lebih tahan lama. Para pekerja kantoran atau pensiunan bisa menjadi target konsumen yang tepat karena mereka akan memilih masakan yang siap santap.

Lauk frozen [sumber gambar]
Biasanya pasangan suami istri yang sama-sama bekerja juga lebih memilih frozen food sebagai pilihan lauk buka dan sahur. Apalagi ketika sahur, biasanya kita malas memasak makanan terlebih dahulu dan lebih memilih makanan siap saji yang tinggal dipanaskan di microwave.

4. Menjual busana muslim dan mukena

Busana muslim [sumber gambar]
Mukena dan busana muslim pasti akan laris manis menjelang lebaran. Para wanita biasanya suka mengoleksi mukena dengan berbagai warna dan motif meski sudah memiliki banyak mukena. Sementara itu, membeli baju lebaran juga masih menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan busana muslim hingga mukena. Tak perlu modal besar karena kita bisa menjadi dropshipper.

5. Usaha paket sehat ramadhan

Kurma madu [sumber gambar]
Di masa pandemi, masyarakat menjadi lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya. Trend ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha paket sehat ramadhan yang berisi madu, kurma, berbagai herbal seperti teh hingga jintan hitam. Kurma pasti akan menjadi sajian wajib di kala berbuka karena sunnah nabi yang menyarankan berbuka dengan kurma. Madu juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Paket sehat berdasarkan sunnah nabi ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Itulah beberapa ide usaha yang bisa dijadikan inspirasi usaha. Tak perlu modal yang terlalu besar untuk memulai usaha tersebut. Selain bisa menabung untuk THR, semoga usaha ini bisa terus berkembang dalam jangka panjang.

Written by F A Agustina

Video Viral Mercy vs Ambulans Bawa Pasien Melahirkan, Ini Kronologinya

Dilema Pedagang Taoge Diserang Preman, Berujung Jadi Tersangka