Pelatih Filipina Minta Aprilia Manganang Tes Gender

oleh Adys Disty
06:40 AM on Jun 11, 2015
Tim Bola Voli Putri Indonesia via metrotvnews
Tim Bola Voli Putri Indonesia via metrotvnews

Tim voli putri Indonesia melewati laga awal di babak penyisihan Grup B  SEA Games 2015 dengan baik. Amalia Fajrina dan kawan-kawan sukses menaklukkan Filipina dengan skor 3-0 di Hall 2 OCBC Arena, Singapura, Rabu (10/6).

Pertandingan ini sempat diwarnai kontroversi. Filipina sempat mengajukan protes kepada    panitia pelaksana SEA Games Singapura dan meminta memeriksa status gender salah satu pemain tim voli Indonesia, Aprilia Santini Manganang. Mereka meragukan Aprilia adalah wanita. Tim Filipina bahkan sampai meminta April melakukan tes gender.

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

Pelatih Filipina, Roger Gorayeb pun mengaku meragukan pemain Indonesia, Aprilia Santini Manganang karena penampilan dan fisiknya yang tampak berotot. “Dia (Aprilia) kuat sekali. Ini seperti memasukkan pemain putra dalam tim putri,” kata Gorayeb.

Juru bicara kontingen Filipina membenarkan bahwa timnya telah mengajukan permintaan tersebut. Namun, mereka tidak berharap sudah akan ada hasil sebelum pertandingan bola voli dimulai. “Setelah kami mengajukan (protes) ini, terserah kepada manajer pertandingan untuk meneruskannya kepada federasi bola voli ataupun pengurus bola voli,” ungkap juru bicara tersebut.

Namun terlepas dari itu, Aprilia tetap tampil memperkuat tim voli putri Indonesia. Di bawah teriakan fan Filipina yang berusaha menjatuhkan mentalnya, Aprilia tetap mampu tampil baik. Dia bahkan tampil sebagai pencetak poin terbanyak di timnya dengan koleksi 13 poin. Indonesia akhirnya sukses menutup pertandingan dengan skor telak 3-0 (25-22, 25-20, dan 25-14). Kemenangan ini praktis membuka peluang Indonesia lolos ke babak semifinal.

Tes gender sendiri merupakan satu hal yang sensitif dan berpeluang memancing kontroversi karena akan mempunyai dampak psikologis kepada sang atlet. Sementara itu, proses untuk membuktikan hal tersebut sangat kompleks. Beberapa kasus pernah terjadi menyangkut masalah ini. Atlet lari Afrika Selatan, Caster Semenya yang merupakan juara dunia lari 800 meter pernah menjalani tes jender sebelum dinyatakan sah untuk berlomba.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA