6 Pekerjaan Paruh Waktu Yang Mendatangkan Banyak Uang Untuk Mahasiswa

oleh titi
14:26 PM on May 29, 2015

Pekerja paruh waktu dan pekerja lepas, atau istilah kerennya freelance merupakan salah satu mesin ATM bagi banyak mahasiswa masa kini. Uang saku yang tidak cukup membuat para mahasiswa memutar otak untuk berburu pekerjaan yang tidak terkait waktu.

Bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan karena uang saku yang kurang. Namun dengan melakukan pekerjaan paruh waktu, bisa untuk menambah uang shopping. Lalu pekerjaan apa saja yang bikin kantong mahasiswa ini menebal? Berikut ulasan dari Boombastis.

Baca Juga
Mengenal Purgatory, Band Metal yang Selalu Melantunkan Shalawat dan Dakwah Saat Manggung
Dikenal Sebagai Raja Ekonomi, Inilah Potret Singapura Jadul yang Tak ubahnya Seperti Desa Tertinggal

1. Tutor atau Guru Les

Salah satu pekerjaan yang banyak diburu mahasiswa yaitu menjadi guru les. Selain waktu bisa ditentukan sendiri, komisi yang dihasilkan juga tergantung dengan kuantitas kerjanya. Pekerjaan ini bisa dimiliki karena kenalan atau masuk di lembaga Bimbel.

Menjadi guru les privat
Menjadi guru les privat [imagesource]
Sumber uang menjadi tutor bisa berlipat-lipat jika semakin banyak murid atau masuk lembaga kursus ternama. Karena mahasiswa merupakan kaum intelektual maka pekerjaan ini memang pantas bagi mahasiswa. Sudah ada yag pernah mencoba?

2. Blogging

Profesi satu ini juga bisa dibilang pekerjaan mahasiswa yang bisa menebalkan dompet. Apalagi mahasiswa jaman sekarang boleh dibilang lebih canggih dan punya banyak ide seru. Dengan blogging atau vlogging, mereka bahkan bisa jadi terkenal dan mendapatkan pundi-pundi rupiah tambahan. Bukan hanya itu, para blogger bisa mengasah kemampuan menulisnya dengan baik lewat situs pribadinya.

Menjadi Blogger
Menjadi Blogger [imagesource]
Hasil dari ngeblog bisa membuat para mahasiswa bisa tenar lewat tulisannya. Bukan hanya tenar, banyak dari mereka mampu menjual buku sendiri dan expert dalam bidang tertentu berkat menulis atau membuat vlog. Kalau kemampuan bahasamu bagus, coba deh menilik bidang freelance editor atau penulis. Lumayan tuh buat uang saku tambahan.

3. Usaha Online

Bisnis online shop saat ini sedang menjadi trend menambah uang di rekening bank para mahasiswa. Hanya bermodalkan Facebook, Twitter dan Instagram, pundi-pundi rupiah bisa didapatkan dengan mudah.

Bisnis Online
Bisnis Online [imagesource]
Tanpa perlu berpanas-panas untuk mencari produk pilihan. Kita cukup menjadi reseller dari sebuah produk saja. Produk yang paling laris biasanya berupa make up wanita, baju, sepatu bahkan alat elektronik.

4. Bersihkan Mobil atau Motor

Pekerjaan satu ini, dulunya memang menjadi pekerjaan paruh waktu para mahasiswa. Bermodalkan kerja keras dan tanpa malu, banyak mahasiswa mau bekerja untuk membersihkan mobil atau motor.

Cuci Mobil dan Motor
Cuci Mobil dan Motor [imagesource]
Saat ini mereka bukannya meninggalkan pekerjaan paruh waktu satu ini, tapi mereka membuat peluang usaha sendiri dengan membuka bengkel dan tempat cuci motor. Malah lebih menguntungkan bukan? Dengan membuka usaha sendiri dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran dan melatih kemampuan bisnis kita.

5. Jual Minuman di Hari Minggu

Bukan hanya masuk bengkel atau mengelola cucian motor dan mobil. Banyak para mahasiswa yang ikut andil dalam jual beli di tempat ramai seperti pasar minggu atau balai olahraga. Biasanya hari yang paling menguntungkan adalah hari minggu, hari istimewa saat banyak orang libur atau pagi sebelum jam kantor.

Jual Makanan
Jual Makanan [imagesource]
Saat ini, kue cubit pun bisa menghasilkan duit. Menjajakan makanan di jalan atau melalui stan makanan sudah bukan hal yang dipandang kelas dua lagi. Justru menjadi ladang uang tambahan yang bisa dimanfaatkan. Sebentar lagi memasuki bulan puasa, umumnya ada acara ngabuburit yang sering digunakan mahasiswa untuk jualan takjil atau menu berbuka.

6. Penjaga Toko

Pekerjaan lain yang dapat dilakukan mahasiswa disela-sela waktu kosong setelah kuliah adalah menjaga toko. Di kampus-kampus besar tentunya dekat dengan pusat perbelanjaan yang mempekerjakan mahasiswa.

Penjaga Toko
Penjaga Toko [imagesource]
Bekerja di toko memang pekerjaan menggunakan fisik, namun penghasilan juga bisa menambah uang saku untuk membeli keperluan pribadi. Dan biasanya para mahasiswa ini merupakan pekerja paling gigih di antara yang lain.

Mencari pekerjaan bagi mahasiswa sebenarnya sangat mudah, namun banyak yang mengira mencari kerja itu sangat susah. Semua itu memang tergantung bagaimana mind set dan usaha kita untuk mendapatkan sesuatu. Kalau kita gigih dan mau belajar, bukan hanya uang yang didapat, namun juga pengalaman berharga. Setuju?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA