in

5 Pekerjaan Aneh Bergaji Tinggi Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Jepang

Julukan negara yang unik dan aneh memang sepertinya layak untuk diberikan kepada Jepang. Alasannya sudah jelas karena di sini kita bisa mendapati berbagai macam hal yang tak biasa. Cafe misalnya, kalau di Indonesia yang unik adalah tempat atau sajiannya, kalau di sana kita bisa mendapati tempat nongkrong yang di dalamnya bisa sekaligus sewa para waitres untuk diajak tidur. Tidur saja lho ya, tidak untuk macam-macam.

Jepang memang unik sekaligus aneh, dan hal ini juga bisa kita lihat lewat dari beberapa pekerjaan yang tersedia di sana. Kamu mungkin belum tahu kalau di tanah Sakura ini ada banyak jenis pekerjaan yang aneh-aneh dan takkan lazim ditemui di mana pun, apalagi di Indonesia. Tapi, meskipun unik dan nyeleneh, namun gajinya sendiri dikatakan lumayan banget.

Lalu, pekerjaan aneh macam apa yang ada di sana dan katanya bergaji tinggi itu? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut ini.

Jadi Tamu Resepsi Pernikahan

Jika di Indonesia ada penonton bayaran, maka di Jepang ada tamu resepsi pernikahan bayaran. Sayangnya, di Indonesia sendiri untuk menjadi penonton bayaran tidak diberi gaji tinggi. Berbeda dengan Jepang yang menawarkan bayaran luar biasa untuk jadi tamu resepsi pernikahan. Hal itu karena tugas mereka cukup penting yakni bikin resepsi jadi lebih meriah.

ilustrasi tamu resepsi bayaran [image source]
Mekanisme pekerjaan ini cukup simple. Jadi, berapa orang yang dibutuhkan maka itu yang akan disediakan. Job desc-nya sendiri adalah menyamar sebagai rekan kerja si mempelai atau bisa apa pun itu. Lalu bagaimana dengan bayarannya? Lumayan juga lho. Untuk setiap resepsi, para tamu palsu bakal dibayar sekitar 5.000 yen, plus makan-makan ala prasmanan. Kalau di Indonesia ada semacam ini pasti laris banget.

Tukang Nyicipin Makanan Anjing

Bagi kita yang pertama kali mendengar profesi satu ini mungkin sedikit kaget. Selain konyol, mencicipi makanan anjing terkesan menjijikkan. Namun, dengan iming-iming gaji tinggi, sepertinya orang juga akan berpikir ulang untuk menolaknya. Bagaimana tidak, profesi nyeleneh ini dibayar antara 10.000 hingga 20.000 Yen sehari. Jika dihitung dengan kurs Rupiah, gaji tersebut senilai 1.200.000 – 2.400.000 rupiah. Tinggal dikali satu bulan sudah bisa beli motor sport.

ilustrasi profesi pencicip makanan anjing [image source]
Adanya pekerjaan pencicip makanan anjing tersebut dikarenakan produsen makanan anjing ingin memastikan bahwa produk mereka memiliki rasa yang konsisten dan disukai oleh anjing. Karena anjing tidak bisa ditanyai, maka satu-satunya jalan untuk mengetahuinya adalah dengan memakai jasa manusia untuk mencicipinya.

Pengetes Kenyamanan Sepatu

Orang Jepang hampir menghabiskan semua waktunya dengan menggunakan sepatu. Oleh karena itu, mereka sangat memerhatikan kenyamanan alas kaki tersebut. Tak heran jika di Jepang ada sebuah profesi khusus sebagai tukang tes kenyamanan sepatu. Untuk menjadi pengetes kenyamanan sepatu sendiri memiliki tiga level, yaitu Primer, Bachelor hingga Master.

pengetes kenyamanan sepatu [image source]
Mengingat yang memakai sepatu bukan saja orang dewasa, sudah dipastikan jika profesi pengetes ini ada remaja dan juga anak-anak. Meski profesi ini bisa dikatakan mudah, namun ternyata gaji yang ditawarkan sungguh di luar nalar, yaitu 38 – 98 dollar atau setara Rp 450 ribu sampai 1 juta untuk sekali mencoba kenyamanan sepatu.

Pencium Bau Busuk

Bisa dibilang pekerjaan ini begitu menjijikkan. Namun, profesi bernama Olfactory Measurement Operators merupakan salah satu pekerjaan resmi dari pemerintah Jepang. Untuk mendapatkan profesi ini, dibutuhkan sertifikat khusus bagi pelamar. Sebagai negara yang peduli akan lingkungan, Jepang memang sangat memperhatikan bebauan yang dianggap mengganggu. Para pencium bau busuk tersebut yang bertugas untuk merespon laporan warga yang merasa ada bau busuk di lingkungan.

Pencium bau busuk [image source]
Mereka pun akan bekerja mencari sumber bau busuk dan mengisolasinya dengan sedemikian rupa hingga tak lagi mengganggu. Di Jepang, tercatat hanya sekitar 2.000 orang yang memiliki profesi tersebut. Hal itu karena tak semua orang bisa melamar pekerjaan ini. Meski tergolong menjijikkan, sebenarnya banyak yang tertarik dengan profesi ini. Bagaimana tidak, gaji yang ditawarkan saja 2.5 Juta – 5 Juta Yen pertahun yang kalau di rupiah kan mencapai Rp. 3-6 Milyar.

Pengembang Biak Serangga

Mungkin pekerjaan ini terdengar tak asing di telinga kita. Mengingat banyak warga Indonesia yang berprofesi sama. Yang membedakan adalah gaji pengembang biak serangga di Jepang yang tak tak main-main. Setidaknya, mereka menerima 3 juta Yen tiap bulan. Serangga yang dipelihara pun berbeda dengan di Indonesia.

Ilustrasi pengembang biak serangga [image source]
Kalau di Indonesia adalah jangkrik, maka Jepang memelihara beragam serangga menjijikkan dari kecoa hingga kumbang tanduk. Jepang sebagai negara yang memiliki empat musim memang dikenal membuat para serangga musim panas sulit untuk bertahan hidup. Meskipun terlihat remeh, tapi memelihara serangga rupanya membutuhkan keseriusan tersendiri.

Mungkin sebenarnya masih banyak pekerjaan aneh lainnya di Jepang selain apa yang sudah dijelaskan di atas. Namun yang paling terkenal adalah apa yang sudah tertera. Meskipun tidak bisa bagi kita, tapi untuk orang-orang sana cukup umum kok, malah jadi karir yang lumayan menjanjikan gara-gara gajinya yang tinggi. Kira-kira bagaimana ya kalau deretan pekerjaan di atas juga dibudayakan di sini?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Dokter Henry Howard Holmes

Henry Howard Holmes, Dokter Sakit Jiwa yang Jadi Pembunuh Berantai Paling Ditakuti

Rita Erna Mayasari, Sosok Prajurit Wanita Indonesia dalam Misi Perdamaian PBB