Tidak selamanya menjadi pejabat itu selalu enak seperti yang selama ini dibayangkan. Pasalnya selalu saja ada masalah yang bikin puyeng kepala. Salah satunya adalah para pelanggar aturan yang selalu tidak kapok setelah tertangkap berkali-kali. Alhasil para pejabat itu pun harus mengeluarka aturan yang sangat ketat agar bisa bikin jera.

Seperti beberapa pejabat dan pemimpin dunia yang satu ini, lantaran kesal dengan kelakuan pelanggar yang tak pernah kapok, alhasil mereka membuat aturan yang dibilang edan. Mulai dari penenggelaman kapal hingga hukuman mati sempat dilakukan. Lalu tokoh dunia mana saja yang dianggap tidak ramah dengan pelanggar itu? Simak ulasan berikut.

Menteri Susi jadi pelopor penenggelaman kapal yang sempat bikin gempar

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai prestasi menteri yang satu ini. Ditunjuk sebagai yang mengurusi kelautan dan perikanan di kabinet Jokowi, Susi Pudjiastuti menunjukkan hasil yang luar biasa. Selain meningkatnya produksi ikan RI juga membuat para nelayan asing berpikir seribu kali kalau mau mencuri di Indonesia.

Menteri Susi [image source]
Bagaimana tidak, kalau sampai ketahuan, alhasil kapal mereka harus disita dan ditenggelamkan. Usut punya usut, upaya penenggelaman itu dilakukan agar bangkai kapal bisa jadi rumah baru untuk ikan-ikan di dasar laut. Jadi bukan hal yang aneh dong kalau banyak memperoleh penghargaan dalam bidang kelautan. Salut dengan wanita yang satu ini.

Meniru bu Susi, Duterte ikut menenggelamkan kapal bahkan dibom ditempat

Kabar tak kalah mengejutkan terjadi beberapa waktu yang lalu. Ya, orang nomor satu di Filipina Duterte ternyata menerapkan kebijakan yang tak kalah nyeleneh. Meniru apa yang dilakukan oleh menteri Susi, Duterte memerintahkan untuk menenggelamkan kapal asing atau nelayan tak dikenal yang mencoba mencuri ikan di negaranya.

Presiden Duterte [image source]
Usut punya usut, apa yang dilakukan oleh Duterte ini tidak hanya dikarenakan masalah ikan, namun juga pencurian serta tindak kriminalitas yang dilakukan oleh kapal asing. Meskipun beberapa pihak lebih cenderung kontra lantaran presiden Filipina itu akan langsung menembak di tempat para pelanggar.

Berani parkir sembarangan? Siap-siap kendaraan dilindas oleh tank

Tak kalah edan dengan yang lain, Wali Kota Arturas Zuokas dari Ibu Kota Vilnius-Lithuania juga bisa disebut kejam bagi para pelanggar aturan. Bagaimana tidak, pasalnya dirinya tak segan-segan memberikan hukuman “edan” bagi para pelanggar tata tertib parkir di kotanya. Bukan dengan cara diderek atau membocori ban, yang ada malah wali kota ini menyediakan sebuah tank militer yang siap melindas segala mobil yang ketahuan melanggar.

Dilindas tank [image source]
Jadi jangan kaget kalau banyak menemukan mobil ringsek di masa kepemimpinannya. Namun demikian, tentu sang walikota memberikan beberapa ganti rugi para mereka yang mobilnya dilindas.

Dibanding dengan semua Kim Jong Un masih juara

Kalau bicara mengenai hukuman edan untuk para pelanggar aturan, Korut mungkin masih jadi juaranya. Bagaimana tidak, kalau negara lain hanya sebetas menghancurkan properti para pelanggar, negara ini bisa saja merebut nyawanya hingga kerja paksa bertahun-tahun. Buktinya sudah banyak para pelanggar aturan yang akhirnya dieksekusi oleh sang pemimpin agung.

Kim Jong Un [Image Source]
Salah satu buktinya adalah salah satu jenderal dari Kim Jong Un. Hanya karena tidak fokus saat rapat, alhasil nyawa pun jadi taruhannya. Memang di negara tersebut menerapkan aturan yang berbeda ketimbang yang lain, bahkan tertawa sembarangan atau mendengarkan musik  yang dilarang saja bisa kena hukuman di sana.

Memang itulah beberapa pejabat serta pemimpin dunia yang menerapkan hukuman nyeleneh buat para pelanggar aturannya. Tentu selalu ada pro dan kontra atas aksi yang mereka lakukan itu. Tapi selama hal itu tidak melanggar HAM sih sepertinya tidak masalah.