in

Ibu-Ibu Pedagang Asal Korea Ini Bikin Heboh Gara-Gara Fasih Berbahasa Jawa

Kami pernah membuat sebuah artikel tentang kelebihan bahasa Jawa yang tidak dimiliki bahasa lain. Di sana ada salah satu poin yang mengatakan jika bahasa Jawa itu sama sekali tidak sulit. Alasannya karena struktur bahasanya yang mudah. Misalnya aku cinta padamu, dalam bahasa Jawa bisa langsung dilafalkan ‘aku tresno kowe’. Sangat mudah baik pengucapan maupun struktur.

Bahasa Jawa tidak hanya mudah dipelajari oleh orang Indonesia non Jawa, tapi juga masyarakat luar negeri. Tak percaya? Sebaiknya kamu mempercayainya karena ada satu bukti tak terbantahkan tentang itu. Ya, belakangan ada sebuah video yang cukup viral di Internet.  Video ini berisi tentang ibu-ibu pedagang asal Korsel yang mahir banget bahasa Jawa. Meskipun mungkin sangat kental aksen Koreanya, tapi si ibu bisa berbahasa Jawa dengan sangat lancar. Penasaran? Saksikan sendiri deh video berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=_2tHcA4WgAI

Kamu yang asli Jawa pasti geleng-geleng dengan video di atas. Bagaimana tidak, seorang ibu-ibu pedagang bisa begitu fasihnya berbahasa Jawa. Bahkan si ibu mampu mengucapkan lafal angka ‘likuran’ atau angka dua puluhan di mana banyak orang yang tidak bisa melakukannya. “Wolu likur…” kata si ibu dengan gampangnya.

Lantaran menampilkan sesuatu yang sama sekali tidak biasa, video ini pun banjir share dan like. Komentar pun berjubel dan rata-rata terkagum-kagum dengan aksi ibu tersebut. Tak hanya itu, ada juga yang berkomentar dan mengatakan kalau si ibu ini sebenarnya asli TKI asal Jawa hanya saja lama tinggal di Korsel. Ada juga yang menambahi kalau mungkin saja ibu ini suaminya orang Jawa sehingga fasih berbahasa Jawa.

Terlepas dari segala komentar yang ada, tapi ini jadi bukti kalau bahasa Jawa memang mudah sekali dipelajari. Bahkan ibu-ibu pasar yang notabene mungkin pendidikannya rata-rata, bisa menguasai bahasa ini dengan lancar sekali. Wah, bangga ya bahasa Jawa bisa go international. Ngomong-ngomong, kalau ke Korsel coba deh mampir ke lapak ibu ini dan pakai bahasa Jawa. Siapa tahu dapat banyak diskon walaupun di video tadi sesekali ibu agak sedikit berbuat nakal hehe.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Senjata-Senjata Paling Mematikan yang Terbuat dari Batuan Luar Angkasa

S-21, Tempat Pembantaian Penduduk Kamboja yang Terlewatkan Mata Dunia