Kita mungkin mengenal kemampuan militer Korea Utara yang disegani. Mulai dari senjata nuklirnya yang sempat bikin ngeri hingga pasukan yang siap mati melindungi tumpah darah. Alhasil meskipun negaranya tak terlalu besar, namun banyak musuh yang dibuat nyali ciut oleh negara ini. Mungkin ini kelebihan Korea Utara sendiri.

Bicara soal Korea Utara, ternyata ada loh pasukan unit khusus lain yang ditakuti dunia. Bukan berperang bawa senjata seperti yang lain, mereka adalah para hacker yang memang disegani kehebatannya. Yuk mengenal Unit 180 yang sampai saat ini jadi andalan Korut itu.

Unit 180 yang ditakuti oleh Amerika dan dunia

Tidak hanya unggul dengan alusista dan senjata nuklir, siapa sangka Korea Utara juga disegani dengan pasukan sibernya. Dinamakan Unit 180, pasukan hacker ini sudah bikin negara sekelas Amerika jadi kalang kabut. Bagaimana tidak, pasalnya disebutkan kalau bahkan Amerika sempat melakukan pencegahan-pencegahan agar data atau uang mereka tidak terbobol.

Unit 180 [sumber gambar]
Buktinya beberapa perusahaan dan badan resmi milik Amerika sempat kena bobol oleh unit hacker milik Kim Jong Un ini sehingga mereka juga harus meningkatkan pengawasan masalah siber. Hal ini membuktikan kalau Korut tidak hanya jadi mimpi buruk saat perang di dunia nyata namun juga cyber.

Perusahaan besar seperti Sony bahkan kena retas

Ketakutan Amerika akan kemampuan para hacker Korea Utara bukan tanpa alasan. Pasalnya salah satu   perusahaan besar sekelas Sony ternyata perlindungannya sempat jebol. Dan akhirnya setelah diselidiki, dilansir dari Sindonews ditengarai ada campur tangan dari pihak Pyongyang dalam insiden ini.

Perusahaan besar pernah kebobolan [sumber gambar]
Banyak yang menuduh kalau serangan hacking yang dilakukan oleh Unit 180 ini berhubungan dengan pencurian uang untuk memperkaya rezim, namun pihak Korea Utara sendiri menampik adanya anggapan tersebut. Tak sampai di situ, bahkan ada laporan kalau salah satu bank di Bangladesh, Filipina dan beberapa negara lainnya sempat terkena pencurian dan lagi-lagi Unit 180 dituduh ada campur tangan di baliknya.

Saking hebatnya sampai dihubungkan dengan WannaCry

Tentu masih sangat lekat di ingatan kita dimana ransomware WannaCry sempat jadi mimpi buruk untuk komputer dunia. Bagaimana tidak, penyebarannya yang global serta cepat membuat banyak orang yang jadi korban jadi tak bisa berbuat apa-apa selain menyerahkan sejumlah uang.

Sempat dituduh jadi penyebar WannaCry [sumber gambar]
Namun siapa sangka, kalau unit 180 sempat dituduh ada campur tangan di dalamnya. Semua tidak terlepas dengan kemampuan dari para hacker di sana yang memang ditakuti dunia. Namun pihak dari Korea Utara sendiri menampik adanya tuduhan tersebut karena tak adanya barang bukti yang kuat. Hal ini membuktikan kehebatan hacker Korea Utara karena sampai dituduh karena adanya bencana besar itu.

Para anggota Unit 180 adalah para jenius yang ada di Korut

Tidak secara sembarangan Korea Utara dalam merekrut anggotanya. Semisal untuk Unit 180 ini, pastinya mesti ada standar khusus nan tinggi yang mesti dimiliki. Dilansir dari Sindonews, umumnya para calon anggota Unit 180 ini berasal dari anak-anak kelas menengah atas dengan nilai yang luar biasa.

Kebanggaan Korut [sumber gambar]
Selanjutnya mereka akan diberikan pelatihan khusus agar punya memiliki kemampuan hacking yang luar biasa. Oleh sebab itu sampai saat ini prestasi pasukan siber ini memang luar biasa, dengan jeniusnya mereka menggunakan perantara negara ketiga agar tidak tercium jejaknya.

Kemampuan dari Unit 180 memang sudah tidak lagi diragukan kehebatannya. Bagaimana tidak, bahkan sekelas Amerika saja bisa dibuat mati kutu dibuatnya. Hal ini membuktikan kalau bukan hanya kemampuan militer namun kekuatan sibernya memang disegani.