Inilah 3 Pasukan Elit Malaysia yang Nggak Kalah Gahar dari Indonesia

Harus diakui kalau kemampuan para pasukan elit ini bikin merinding.

oleh Aini Boom
07:00 AM on Mar 13, 2017

Bukan rahasia umum kalau pasukan elit Indonesia mempunyai banyak prestasi yang diakui dunia. Jika dibandingkan dengan negara Malaysia, tentu prestasi militer kita jauh lebih unggul. Meski begitu, Malaysia juga mempunyai beberapa pasukan elit hebat yang tidak banyak diketahui publik.

Bahkan kabarnya,  satuan militer rahasia bentukan negara Jiran berikut ini juga mempunyai kekuatan yang diperhitungkan dunia. Nah, berikut ini daftar beberapa satuan militer elit Malaysia yang katanya tak kalah jauh dari Indonesia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

VAT-69

Digadang-gadang sebagai kekuatan rahasia Malaysia, VAT-69 merupakan satuan elit militer tertua di Malaysia. Keunggulan VAT-69 sudah pasti tidak bisa diragukan, mengingat pengalaman latihan dibawahi langsung oleh SAS Inggris yang merupakan satuan elit paling ditakuti di dunia. Kabarnya satuan VAT-69 ini juga memiliki senjata hebat yang mematikan dengan harga sangat mahal. Belum lagi para penggawa yang diberikan latihan ekstrim untuk membentuk fisik mental mereka.

VAT-69 [image: source]
Kemampuan VAT-69 pernah diadu dengan pasukan Indonesia pada konflik Kalimantan di zaman Bung Karno. Kabarnya terjadi perlawanan sengit antara keduanya. Hal ini tentu terjadi karena anggota VAT-69 memiliki kualifikasi lengkap untuk menghadapi segala situasi. Di antara kemampuan tersebut adalah Task Force, Charlie Force, serta Tim Tugas Khusus. Bahkan VAT-69 dilengkapi dengan anggota yang memiliki keahlian tembak jarak jauh, spesialis penyerbuan, sampai ahli penghancuran. Karenanya, pasukan ini diyakini merupakan senjata Malaysia yang paling mematikan.

Grup Gerak Khas (GGK) 21 Tentara Darat Malaysia

Ciri khas GGK-21 adalah baret hijau bagi para anggotanya. Merupakan pasukan elit kebanggaan setelah VAT-69, GGK-21 mempunyai prestasi yang diingat dunia. Di antara peran besar GGK adalah menyelamatkan Ranger Amerika saat terjadi penembakan helikopter Black Hawn Amerika oleh milisi Somalia tahun 1993. Tidak hanya itu, GGK-21 juga berhasil melumpuhkan perompak Selat Malaka.

 

GGK- 21 [image: source]
GGK-21 merupakan pasukan elit yang semua anggotanya memiliki kualifikasi komando dan antiteror. Pasukan ini pertama kali dibentuk pada tahun 1965. Dilatih dibawah 40th British Royal Marines Commando, hanya 15 orang dari 300 sukarelawan yang lulus menjadi anggota GGK saat pertama kali pembentukannya. Hingga kini, satuan militer Indonesia seperti Kopassus TNI AD dan GGK-21 kerap menjalani latihan bersama.

Pasukan Gerak Khas (PGK) Malaysia

Dibentuk dengan menggabungkan satuan VAT-69 yang digadang-gadang disegani dunia dengan Unit Tindak Khas (UTK), PGK menjadi satuan elit anti-teror yang ditakuti. Tak banyak informasi tentang PGK yang beredar di masyarakat, yang jelas pasukan super rahasia ini mulai beroperasi pada bulan Oktober tahun 1997. Sengaja dibentuk untuk mengatasi gangguan teroris, penyanderaan, dan tindakan kriminal skala besar, personel PGK terdiri dari orang-orang pilihan dengan segudang keahlian militer. Spesialisasi minimal untuk bergabung dalam PGK adalah kemampuan darat, laut, dan udara. Selain itu, personel PGK wajib memiliki keahlian menembak jarak jauh, menjinakkan bom, terjun bebas, selam tempur,  bahkan investigasi.

PGK dengan ciri baret warna maroon [image: source]
Pelatihan-pelatihan PGK tergolong berat, yang langsung dibawahi oleh satuan elite kawakan dunia seperti Special Air Service (SAS), US Navy SEALs, dan Special Weapons and Tactics (SWAT). Tak hanya itu, senjata-senjata mematikan seperti pistol kualitas terbaik dan kendaraan tempur modern pun diberikan. Beberapa peran penting PGK bagi Malaysia adalah menggagalkan pemberontakan Mohamad Amin untuk memerangi kerajaan demokratis Malaysia dalam Ops Subuh. Selain itu, penangkapan perampok kejam Mat Komando dalam Ops Api Sawit 2  serta beberapa aksi lainnya.

Tiga satuan elit militer Malaysia ini bisa jadi gambaran bagi Indonesia untuk membandingkan kekuatan. Meski beberapa tahun terakhir Indonesia selalu unggul, tapi dengan pembenahan di sana-sini bisa dan dukungan dari Inggris, para pasukan elit Malaysia ini punya potensi untuk mengungguli Indonesia. Karenanya, tetap berusaha yang terbaik dan terus memperbaiki kualitas sangat penting bagi tentara NKRI. Bukan begitu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA