Ini Lho 4 Pasukan Elit Korea Utara yang Konon Bikin Amerika Ketar-Ketir

oleh Rizal
09:02 AM on May 17, 2016

Soal militer, Korea Utara bisa dibilang negara kelas dua. Dilihat pada daftar yang terpampang di Global Fire Power, negara ini hanya menempati peringkat 25. Sangat jauh jika dibanding Indonesia yang ada di peringkat 14, apalagi AS sang jawara di rangking 1. Tapi, meskipun secara statistik ecek-ecek, Korut sangat ditakuti. Buktinya, AS pun sampai detik ini tak pernah kirim rudal atau mungkin merapatkan kapal induk di dekat negaranya Kim Jong Un itu.

Nuklir mungkin jadi alasan kenapa Korut ditakuti, padahal sebenarnya tak hanya itu. Jumlah pasukan yang membludak dan alutsista yang mutakhir juga turut menyumbang pamor Korut. Selain itu, negara ini juga punya banyak sekali pasukan dengan skill level dua alias di atas tentara biasa. Jarang sekali terekspos tentang pasukan elit Korut padahal mereka juga punya, dan banyak jumlahnya.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Nah, berikut adalah beberapa pasukan elit sang musuh abadi Korsel. Secara kesan mungkin biasa-biasa, tapi mereka memang punya kemampuan hebat.

1. Airborne, Pasukan Elit Udara Korut yang Gahar

Korut adalah negara yang benar-benar tertutup. Susahnya minta ampun untuk mencari detail negara ini, apalagi hal-hal rahasia seperti pasukan elitnya. Namun, dari data yang ada, dipastikan jika negara yang didirikan oleh Kim Il Sung ini punya pasukan khusus. Salah satunya bernama Airborne.

Pasukan elit Airborne [Image Source]
Pasukan elit Airborne [Image Source]
Detail kualifikasi dan juga kemampuan pasukan elit udara ini tak pernah diketahui secara mendalam. Hanya hal-hal umum saja yang bisa digali. Misalnya kemampuan para anggotanya mengendarai pesawat-pesawat besar macam Antonov, sampai kemampuan mereka meluncurkan paratrooper di tempat yang pas.

2. Reconnaissance Brigades, Pasukan Elit Sniper Korut

Dalam angkatan darat Korut ada sebuah divisi yang bernama Reconnaissance Brigades. Diketahui, satuan ini hanya berisi orang-orang pilihan dengan kemampuan gila. Tak hanya fisik saja, tapi juga dalam penggunaan senjata-senjata, khususnya sniper.

Salah satu anggota Reconnaissance Brigades [Image Source]
Salah satu anggota Reconnaissance Brigades [Image Source]
Ya, pasukan ini juga disebut Sniper Brigade karena hampir semua anggotanya mahir memakai senjata runduk mematikan itu. Meskipun lihai dalam pengintaian, bukan berarti kemampuan Reconnaissance Brigades hanya itu saja. Satuan ini juga bisa diterjunkan dalam misi-misi serbu langsung. Tak hanya aksi militer, pasukan khusus ini konon juga mahir dalam intelijen.

3. Light Infantry, Pasukan Elit Dengan Kemampuan Menggila

Light Infantry ini secara umum hampir mirip dengan Kopaska karena kemampuan amphibi mereka. Jadi, mereka tak hanya mematikan di darat, tapi juga laut. Kemampuan utama para anggota Light Infantry sendiri adalah melakukan infiltrasi kilat dengan pergerakan cepat.

Light Infantry [Image Source]
Light Infantry [Image Source]
Soal misi, mereka dituntut untuk mampu menaklukkan skenario tak masuk akal. Seperti menguasai markas besar musuh dengan cepat, sampai menghancurkan pusat-pusat pengembangan nuklir. Pasukan ini konon yang paling dimanjakan Korut dengan berbagai peralatan tempur yang sangat oke.

4. Maritime, Pasukan Angkatan Laut Khusus yang Mumpuni

Alasan kenapa AS segan merapatkan kapal induknya ke negara ini adalah karena laut Korut dijaga oleh pasukan khusus bernama Maritime. Bagaimana tak segan, kemampuan para anggota Maritime ini memang sangar.

Maritime [Image Source]
Maritime [Image Source]
Mereka dibekali dengan kemampuan serang taktis plus mahir dalam mengoperasikan kendaraan-kendaraan laut. Macam kapal tempur sampai dengan kapal selam kelas menengah. Patut diketahui, Korut adalah pemilik pertahanan laut terkuat di dunia. Dan hal itu sedikit banyak adalah karena jasa para anggota Maritime yang diperkirakan jumlahnya mencapai ribuan orang.

Korut selalu dipandang sebelah mata, padahal mereka punya kemampuan menggila. Termasuk deretan pasukan istimewa di atas yang mungkin sebelumnya tak pernah kita ketahui. Sebenarnya mungkin bukan hanya itu saja pasukan elit yang dimiliki Korut. Hal ini masuk akal mengingat negaranya Kim Jong Un ini adalah yang paling tertutup di antara yang lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA