6 Pasukan Elit Filipina ini Tak Kalah Gahar Dari Kopassus Bahkan Navy Seal Sekali pun

oleh Rizal
08:08 AM on Apr 2, 2016

Soal militer, Filipina memang tidak punya pamor mentereng. Bahkan di Asia Tenggara, nama mereka seolah senyap dikalahkan oleh deretan negara-negara lain, misalnya Indonesia dan Malaysia. Meskipun demikian, adalah hal yang salah kalau kita menganggap enteng Filipina. Meskipun hanya peringkat 40 dunia, tapi mereka punya sesuatu yang bakal membuat siapa pun mengakui kehebatan negara satu ini.

Sebenarnya militer Filipina boleh dibilang rata-rata. Namun, mereka punya senjata rahasia yang tak boleh diremehkan. Ya, pasukan elitnya. Di dunia, pasukan elit negara tetangga ini bisa dibilang salah satu yang terbanyak jumlah korps atau satuannya. Setidaknya ada lebih dari 5 buah unit yang masing-masing punya kegunaannya sendiri.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Namanya saja pasukan elit, tentu saja para korps ini punya keahlian ketentaraan yang tidak biasa. Jadi, se-sangar apa pasukan elit Filipina? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. 710th Special Operations Wing

Jika Indonesia punya Paskhas AU, Filipina juga tak kalah dengan memiliki 710th Special Operations Wing. Satuan satu ini merupakan bagian dari angkatan udara Filipina yang anggotanya diseleksi amat ketat dan punya kualitas. Sama seperti pasukan elit udara lain, satuan ini juga memiliki kompetensi dan misi tersendiri.

710th Special Operations Wing [Image Source]
710th Special Operations Wing [Image Source]
Pertama, yang jelas pasukan ini ditargetkan untuk melindungi kedaulatan udara Filipina. Tak hanya itu, satuan ini juga bisa digunakan untuk misi serbu cepat yang berkaitan dengan bom. Soal misi, mereka sudah pernah diterjunkan untuk menghadapi gerakan separatis di Moro serta kelompok Abu Sayyaf yang terkenal itu.

2. Force Reconnaissance Battalion

Pasukan satu ini terbentuk sebagai anakan korps angkatan laut Filipina. Sama seperti satuan elit lainnya, member dari Force Reconnaissance Battalion adalah orang-orang yang paling cakap seantero angkatan laut. Tapi, meskipun demikian, mereka tak hanya cakap di laut saja, tapi juga darat dan udara.

Force Reconnaissance Battalion [Image Source]
Force Reconnaissance Battalion [Image Source]
Misi Force Reconnaissance Battalion sendiri adalah untuk pertarungan jarak dekat, penghancuran fasilitas musuh, operasi intelijen sampai penyerbuan bawah air. Kalau di Indonesia, mungkin kualifikasi mereka setingkat dengan Kopaska.

3. Light Reaction Regiment

Indonesia punya Densus 88 untuk menanggulangi aksi terorisme, Filipina juga punya pasukan sejenis yang tak kalah hebat bernama Light Reaction Regiment. Satuan ini beraksi untuk memberangus kejahatan di perkotaan. Mereka juga sama seperti pasukan serbu FBI yang sangat tanggap dan cepat ketika ada kejadian tertentu.

Light Reaction Regiment [Image Source]
Light Reaction Regiment [Image Source]
Resimen satu ini dibentuk pada tahun 2004 dan berkali-kali berganti nama, meskipun sebenarnya intinya adalah sama. Pasukan ini konon merupakan hasil didikan militer Amerika, sehingga tak perlu diragukan kualitasnya.

4. Naval Special Operations Grup

Pasukan elit satu ini merupakan percabangan dari angkatan laut Filipina, tapi ia berbeda dengan Force Reconnaissance Battalion. Naval Special Operations Grup atau NAVSOG diisi beberapa gelintir orang saja, namun mereka adalah yang terbaik. Selain dipanggil dengan nama NAVSOG, pasukan elit ini juga kerap disebut Philippine Navy SEAL.

Naval Special Operations Grup [Image Source]
Naval Special Operations Grup [Image Source]
Secara umum mungkin misi NAVSOG sama seperti Force Reconnaissance Battalion. Tapi, umumnya mereka melakukan misi yang setingkat lebih sulit lagi dan benar-benar sangat khusus. Mulai dari close combat, intelijen, sampai underwater operations. Jika di Indonesia, NAVSOG sendiri kurang lebih sama seperti satuan super elit Denjaka.

5. Scout Ranger Regiment

Pasukan elit satu ini ada di bawah unit spesial angkatan darat Filipina. Misi pasukan ini hanya satu yakni unit anti gerilya. Tak banyak yang tahu kalau pasukan anti gerilya Filipina ini adalah salah satu yang paling oke di dunia.

Scout Ranger Regiment [Image Source]
Scout Ranger Regiment [Image Source]
Meskipun satuan elit terkecil, namun dilihat dari sejarahnya, Scout Ranger Regiment adalah yang salah satu yang paling tua. Ia dibentuk di tahun 1950an. Lantaran sudah punya pengalaman mumpuni, pasukan satu ini kerap dimintai untuk membantu satuan elit lain seperti Light Reaction Regimen.

6. Special Action Force

Pasukan satu ini ada di bawah bendera kepolisian Filipina. Ia dibentuk di tahun 1983 oleh seorang perwira bernama Fidel V. Ramos. Pasukan ini konon dibentuk dengan metode perekrutan anggota layaknya SAS-nya Inggris. Super ketat, seperti neraka dan mematikan. Hanya beberapa gelintir saja yang berhasil lolos dalam satu musim seleksi.

Special Action Force [Image Source]
Special Action Force [Image Source]
Special Action Force (SAF) bertanggung jawab untuk mengatasi masalah kriminal berat seperti ancaman bom dan terorisme. Soal skill, SAF konon mempunyai kualitas yang tak jauh beda dari pasukan serbunya FBI. Bahkan SAF sendiri ternyata dilatih secara khusus oleh pasukan elit polisi Amerika itu.

Sama sekali salah kalau meremehkan Filipina. Meskipun statistik rata-ratanya biasa, tapi militer mereka sangat mematikan. Apalagi pasukan elitnya yang ternyata sama sekali tak bisa dianggap enteng. Sepertinya tak ada salahnya kalau pasukan elit Indonesia latih tanding dengan mereka. Siapa tahu dapat pengalaman baru yang bikin pasukan kita makin oke.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA