in

Kamu anak Jawa Timur? Coba Uji Nyali di 5 Pantai ‘Berhantu’ Ini!

Bali memang menjadi salah satu destinasi cantik serbuan para turis. Bukan hanya turis mancanegara, turis domestik pun banyak yang terbang ke Bali dan menikmati keindahan pantainya. Well, Bali memang banyak menangnya jika berbicara mengenai keindahan pantainya. Pun demikian, ada juga tempat yang menyajikan hamparan pasir dan lautan cantik selain di Bali. Salah satunya adalah Jawa Timur.

Bagi kamu yang anak Jawa Timuran pasti tahu betul pantai dengan pesona tak terbantahkan. Dari banyaknya pantai di Jawa Timur, ternyata ada di antaranya yang memiliki cerita mistis yang melegenda di masyarakat. Wah, penasaran dengan pantai-pantai berhantu ini kan? Berikut rangkumannya.

1. Hutan Terlarang di Pulau Sempu

Siapa sih yang tak tahu dengan Pulau Sempu? Pulau indah yang terkenal dengan Segara Anakannya ini terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Dikenal dengan keindahannya yang bikin mata terbelalak, ternyata Pulau Sempu ini memiliki cerita mistis yang sudah banyak beredar di masyarakat sekitar.

Pulau Sempu
Pulau Sempu [image source]
Kabarnya, hutan (Cagar Alam Pulau Sempu) ini pernah menyesatkan wisatawan yang berniat jahat. Mereka tersesat masuk ke hutan dan hanya berkeliling-keliling tanpa mengetahui arah. Bukan bualan, ternyata pernah ada sepasang suami istri yang pernah 3 hari hilang di Pulau ini. Beruntungnya mereka ditemukan selamat setelah bertahan hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan.

 

2. Pantai Pasir Putih Malikan yang Ombaknya Memakan Korban

Nah, bagi arek-arek Jawa Timur pasti sudah tahu dengan pantai Pasir Putih Malikan. Pantai cantik yang biasa dikenal dengan nama Papuma ini terletak di wilayah Jember. Tak kalah dengan Pulau Sempu, Papuma memiliki pantai serta batuan karang yang cantik dan terawat. Dibalik keindahan pantainya, ternyata Papuma juga memiliki cerita mistis yang bikin merinding.

Pantai Papuma
Pantai Papuma [image source]
Dari banyaknya cerita mistis yang ada, ombak ganas dari rangkaian pantai selatan Jawa ini memiliki cerita sendiri. Siapapun korban yang terseret ombak hingga menghilang, konon katanya mereka telah dibawa masuk ke kerajaan ghaib penguasa jin di pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Gerbang Masuk Kerajaan Nyi Roro Kidul

Parangtritis bisa menjadi salah pantai paling mistis sepanjang garis pantai selatan. Tak kalah mencengkamnya dengan pantai satu ini, ada pantai lain yang konon katanya menjadi gerbang masuk ke kerajaan Nyi Roro Kidul. Pantai tersebut adalah Watu Ulo yang terletak tak jauh dari Papuma.

Watu Ulo
Watu Ulo [image source]
Seperti namanya, pantai Watu Ulo memiliki pemandangan cantik mirip replika ular raksasa bersisik. Menurut cerita yang beredar, batu-batu karang yang menyerupai ular inilah yang memiliki kisah mistis. Konon, batu-batu ini bisa bergoyang-goyang layaknya seekor ular. Tak hanya itu, di sekitar batu tersebut terdapat pintu gerbangnya.

4. Munculnya Kucing Raksasa di Gili Ketapang

Pernah dengan tentang Goa Kucing? Well, bagi arek-arek Jawa Timuran pasti kenal Goa satu ini. Goa satu ini terletak di pulau Gili Ketapang, Probolinggo yang memiliki keunikan lain dari pada yang lain. Konon katanya, Goa ini dulunya adalah petilasan penyebar agama Islam bernama Syech Maulana Ishaq yang tengah menempuh perjalanan dari Gresik ke Banyuwangi. Saat di Gili Ketapang, ia sempat memelihara banyak kucing yang kemudian ia tinggalkan di pulau tersebut.

Gili ketapang
Gili Ketapang [image source]
Kini, beredar kabar mistis jika kucing-kucing peliharaan Syech Maulana Ishaq ini sering muncul setiap malam Jumat Legi. Kucing tersebut keluar dari dalam Goa Kucing yang memiliki tinggi satu meter tanpa diketahui asalnya. Bukan sembarang kucing, kabarnya kucing tersebut memiliki tubuh besar dan tinggi seperti raksasa.

5. Jembatan Panjang di Pantai Malang Selatan yang Konon Tak Direstui Keberadaannya

Jembatan yang memiliki kisah mistis satu ini berada di pantai Jembatan Panjang. Konon kabarnya, jembatan cantik ini sudah melewati perbaikan selama bertahun-tahun, namun proses pengerjaannya selalu tak pernah berhasil. Masyarakat meyakini bahwa gagalnya pembangunan jembatan menuju pulau kecil tersebut tidak disetujui makhluk halus penghuni. Kabarnya, pembangunan tersebut selesai jika ada dari penduduk yang berani melakukan pertapaan hingga selesai.

Jembatan Panjang
Jembatan Panjang

Pantai yang cantik dengan keindahan jembatannya ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Malang. Letaknya pun tak jauh dari pantai Balekambang. Tak kalah dengan Balekambang, pantai Jembatan Panjang ini juga memiliki pesona hamparan pasir putih dilengkapi pecahan kerang.

Nah, itu dia pantai cantik yang kabarnya memiliki cerita mistis menakutkan. Percaya dengan cerita mistis di atas?

 

Written by isti

Leave a Reply

Kuntilanak suka dengan anak kecil (image source)

Selain Cantik, Ini Dia Mitos Unik Kuntilanak yang Belum Kamu Ketahui

Pocahontas (image source)

5 Cerita Mengerikan Di Balik Tokoh Kartun Pocahontas yang Manis dan Romantis