Panglima Jukse Besi, Kesatria Andalan Indragiri yang Tak Mempan Ditembak Portugis

Bahkan, bulu tangan Panglima Jukse Besi saja tak mempan dicukur dengan senjata tajam

oleh Aini Boom
10:00 AM on Apr 5, 2017

Dari sekian banyak sosok hebat di masa lalu, nama Panglima Jukse Besi bisa dibilang cukup asing. Ya, hampir jarang orang yang mengenal beliau. Padahal, tentu saja perjuangannya melawan para penjajah dulu juga luar biasa. Dan tak hanya itu, tokoh satu ini juga dikenal memiliki kesaktian yang luar biasa.

Jukse Besi adalah julukan yang diberikan kepada Andi Sumpu Muhammad, sang pentolan kerajaan Indragiri yang dulu ada di Riau. Digelari Jukse Besi tak lain karena kemampuan dirinya yang luar biasa. Sang panglima ini kebal senjata dan sakti mandraguna. Bahkan memotong bulu tangannya pun pisau tajam akan menyerah. Prestasi terbaik sang panglima kebal adalah ketika beliau berhasil mengalahkan seorang jenderal hebat dari Portugis.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Kebal Terhadap Senjata Apapun

Hingga kini, masyarakat Indragiri masih begitu segan kepada sosok Andi Sumpu Muhammad. Pasalnya, sang panglima adalah sosok yang digadang-gadang memiliki kesaktian sangat besar. Konon, kunci dari kesaktiannya adalah memiliki tubuh yang kebal alias tidak mempan ditembus oleh senjata tajam jenis apapun.

Ilustrasi orang kebal [image: source]
Tidak hanya itu, sebuah buku pun menyebutkan bahkan bulu tangan Andi Sumpu Muhammad saja tidak bisa dicukur oleh benda tajam apapun. Karena hal itu, ia kemudian dijuluki Panglima Jukse Besi.

Tangan Kanan Raja Indragiri Ke IV

Panglima Jukse Besi hidup dan mengabdi saat kepemimpinan Raja Indragiri ke IV. Karena kekuatan dan kelihaiannya dalam memimpin pasukan dan mengatur strategi perang, panglima Jukse Besi pun menjadi andalan Sultan Indragini yang saat itu bergelar Narasinga II.

Potret Kerajaan Indragiri di masa lalu [image: source]
Kerajaan Indragiri pun berjaya dengan keberadaan Jukse Besi, karena beberapa kali sang panglima dititahkan untuk membantu perlawanan yang dilakukan kerajaan sekutu seperti Kesultanan Malaka. Dan hasilnya, dengan bantuan panglima Jukse Besi hampir semua pertarungan selalu dimenangkan.

Memukul Telak Jenderal Verdicho Marlos Yang Amat Ditakuti

Suatu ketika, Kesultanan Malaka diambil alih kedudukannya oleh Portugis. Kerajaan Indragiri yang didirikan oleh salah satu putra mahkota Kesultanan Malaka pun andil untuk merebut kembali Kesultanan Malaka. Akhirnya, di bawah komando Panglima Jukse Besi, bala prajurit Indragiri pun bertempur melawan pasukan Portugis.

Gambar peperangan melawan penjajah [image: source]
Namun keberadaan Jenderal Verdicho Marlos dengan perlengkapan senjata militer mumpuni membuat tentara Portugis tak mudah dikalahkan. Beruntung dihadapan Panglima Jukse Besi, senjata-senjata itu tak ada artinya. Meski memakan waktu hampir 20 tahun, sang panglima pun dapat mengalahkan Jenderal Verdicho Marloce dan menjebloskannya ke penjara.

Misteri Makam Panglima Jukse Besi Yang Panjangnya 12 Meter

Semasa hidup, Panglima Jukse Besi selalu jadi bahan perbincangan karena ilmu kebal yang dimilikinya. Saat meninggal , sang panglima pun masih meninggalkan misteri yang belum terpecahkan. Hal ini terkait pusaranya yang terletak di Kompleks Pemakaman Raja Indragiri Desa Kota Lama yang panjangnya mencapai 12 meter. Tentang hal ini, ada yang berpendapat bahwa tinggi sang panglima mencapai 35 meter sehingga jasadnya dilipat menjadi tiga. Cerita ini masih melegenda dan diceritakan turun temurun hingga kini.

Pusara Panglima Jukse Besi [image: source]
Namun ada yang membantah bahwa tinggi Panglima Jukse Besi 35 meter. Panjang makam dibuat 12 meter bukan karena perawakan yang tinggi, melainkan karena kebesaran dan kehebatannya hingga membawa kerajaan Indragiri menjadi sangat hebat. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya bukti-bukti bangunan atau peninggalan sejarah yang mengarah bahwa sang panglima memiliki tinggi 12 atau 35 meter. Karenanya, banyak peneliti yang lebih meyakini bahwa panjang makam  tak biasa itu sebagai penghormatan pada panglima yang berhasil mengalahkan penjajah sekaligus berhasil selalu melindungi sang raja.

Sudah beberapa dekade sejak sang panglima kembali ke hadirat Tuhan, namun sampai sekarang namanya masih bergaung. Orang-orang tetap mengagumi sang Jukse Besi dengan segala kemampuan hebatnya. Tak hanya soal fisik, sang panglima juga memberikan pelajaran penting tentang kesetiaan kepada negara dan perjuangan melawan penjajah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA