7 Kesamaan Pandangan Islam dan Kristen Tentang Yesus

oleh Norman Duarte
15:00 PM on Aug 27, 2015

Meskipun Islam dan Kristen berbeda pandangan tentang sosok Yesus, kedua agama ini juga memiliki kesamaan pandangan tentang beliau. Bahkan Islam mungkin satu-satunya agama di luar Kristen yang memposisikan Yesus dengan sangat tinggi. Sayangnya sebagian umat kedua agama lebih suka mencari perbedaannya dan mengakibatkan banyaknya gesekan bahkan pertumpahan darah.

Redaksi Boombastis mengumpulkan persamaan pendapat kedua agama itu, agar masing-masing lebih bisa saling menghargai satu sama lain. Hal ini perlu untuk membina hubungan yang lebih menghormati antar sesama pemeluk agama ini.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. Yesus adalah pesuruh (messenger) Tuhan

Beliau datang untuk meluruskan penyimpangan agama yang dilakukan orang-orang Yahudi kala itu. Saat itu umat Yahudi memposisikan agama seperti alat untuk memaksakan kehendak.

Yesus adalah pesuruh Tuhan
Yesus adalah pesuruh Tuhan [ImageSource]
Mereka menggunakan bait suci untuk perdagangan. Serta dengan mudah menghukum dan menghakimi orang lain. Hampir mirip dengan ormas-ormas garis keras di jaman ini. (Surah 2:136 dan Yohannes 8:42)

2. Yesus adalah “Word of God”

Islam percaya bahwa Yesus adalah “kalimatullah”.

Yesus adalah “Word of God”
Yesus adalah “Word of God” [ImageSource]
Firman Tuhan yang berupa kabar gembira, dan berwujud sang mesias, Isa bin Maryam atau Jesus son of Mary (Quran 3:45 dan Yohanes 1).

3. Mukjizat Kelahiran Yesus

Yesus lahir dari seorang wanita terhormat yang masih suci, dan belum disentuh oleh laki-laki manapun. Islam dan Kristen percaya bahwa seorang malaikat datang dan memberitahukan kepada Maryam/Maria, bahwa ia akan melahirkan seorang pesuruh Tuhan. Maryam/Maria berkata bahwa ia belum menikah dan ia bukanlah pezina. Sang malaikat memberitahukan bahwa semua itu begitu mudah bagi Tuhan. (Surah 19:20 dan Matius 1:18-23).

Mukjizat Kelahiran Yesus
Mukjizat Kelahiran Yesus [ImageSource]
Di dalam al-Quran, Setelah putra kudus itu lahir, banyak orang menuduhnya sebagai pezinah dan ingin merajamnya. Tetapi Maryam/Maria hanya menunjuk kepada bayi yang baru lahir itu. Lalu sang bayi yang baru berusia beberapa itu berkata, “Sesungguhnya aku adalah pesuruh Tuhan, dan ibuku bukanlah seorang pendosa.” Berdasarkan perkataan ajaib ini, orang Yahudi kemudian percaya kepadanya, dan Maryam/Maria pun selamat dari rajam.

4. Yesus Mengajarkan Kasih dan Pengampunan

Saat agama Yahudi begitu getol menjalankan agama tanpa dasar kasih sayang dan pemahaman, Yesus datang untuk mengajarkan bahwa di atas hukum, ada sebuah hal yang bernama kasih dan pengampunan.

Yesus mengajarkan kasih dan pengampunan
Yesus mengajarkan kasih dan pengampunan [ImageSource]
Islam pun mengajarkan hal seperti ini, bahwa di atas syariat (hukum) masih ada akhlak dan kasih sayang. Semua harus berjalan seiring. Hukum tanpa kasih sayang akan menjadi ekstrimis. Kasih sayang tanpa hukum pun akan menjadi ketidakadilan. (Surah 57:27 dan Matius 9:36)

5. Yesus Melakukan Mukjizat

Ia mampu menghidupkan orang mati, menyembuhkan penyakit, menyembuhkan orang buta, memberi makan banyak orang, dll. Yesus juga mengatakan bahwa semua kekuatan itu berasal dari bapa (Yohannes 5:30).

Mukjizat nabi Isa
Mukjizat nabi Isa [ImageSource]
Islam pun mengakui keajaiban-keajaiban yang diperbuat Yesus. Seperti membuat burung dari tanah liat dan membuatnya hidup lalu terbang. Banyak sekali ayat-ayat tentang keajaiban yang dibuat Yesus di dalam Al Quran.

6. Yesus Naik ke Surga dan Akan Kembali

Muslim percaya bahwa Yesus sekarang sedang tinggal di surga. Tuhan menyelamatkan beliau dari kematian.

Yesus Naik ke Surga dan Akan Kembali
Yesus Naik ke Surga dan Akan Kembali [ImageSource]
Meskipun hal ini sedikit berbeda dengan iman Kristiani, kedua agama ini mengajarkan bahwa Yesus akan turun kembali ke bumi, menjadi hakim yang adil atas segala urusan di dunia, dan membawa dunia pada kemakmuran yang sejati (Al Quran surah 3:55).

7. Ibunda Yesus Bukan untuk Disembah

Islam dan Kristen percaya bahwa hanya Tuhanlah yang berhak disembah. Tidak boleh ada Tuhan selain Tuhan itu sendiri. Sehingga penyembahan terhadap apapun selain Tuhan adalah sebuah dosa besar. (Quran 5:116 dan Lukas 4:8). Walaupun begitu, penghargaan Islam tentang Maryam, ibunda Yesus, begitu tinggi sehingga ada sebuah surah dalam Al-Quran khusus tentang beliau yang bernama Surah Maryam.

Ibunda Yesus Bukan untuk Disembah
Ibunda Yesus Bukan untuk Disembah [ImageSource]
Demikianlah kesamaan pandangan ini. Semoga kedua umat yang mengimani beliau benar-benar menerapkan apa yang beliau ajarkan, sehingga kedamaian kembali hidup di tengah-tengah umat beragama yang sesungguhnya saling bersaudara ini. Amin.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA