in

Mengintip Geliat Warga Palestina Saat Ikut Merayakan Kemerdekaan Indonesia Ke-73

Hari ulang tahun kemerdekaan tentu jadi salah satu momen berharga yang tak boleh dilewatkan. Oleh sebab itu diselenggarakan berbagai kegiatan untuk lebih memeriahkannya. Mulai dari upacara bendara hingga perlombaan-perlombaan yang selalu dinanti pun tak pernah absen. Bisa dibilang hal ini jadi simbol menghormati para pahlawan.

Namun di Palestina sana ternyata juga diadakan kegiatan serupa yang tak kalah heboh dengan Indonesia loh. Namun bedanya yang ikut acara tersebut bukan orang Indonesia namun Palestina asli. Lalu seperti apakah kemeriahan di sana? Simak ulasan berikut.

Pertama kali, lomba yang diadakan di Palestina luar biasa

Umumnya dalam memperingati kemerdekaan RI, tentunya selalu diselenggarakan perlombaan untuk memeriahkannya. Mulai dari panjat pinang, tarik tambang dan lomba-lomba lainnya tak pernah luput dalam jadwal. Kalau di Indonesia sih sudah biasa, namun bagaimana kalau diselenggarakan di Palestina.

Banyak lomba diadakan [sumber gambar]
Ya beberapa waktu yang lalu netizen dibuat heboh atas sebuah postingan Palestinow. Dilansir pula dari Bolasport, ternyata memang benar kalau ada kegiatan lomba serta upacara seperti di Indonesia yang diadakan di sana sebagai pengenalan sekaligus mempererat hubungan antaran keduanya. Meskipun baru pertama kali diadakan, namun antusias warga sangat luar biasa.

Lomba tradisional Indonesia jadi salah satu yang favorit di sana

Jangan kaget kalau pemandangan lomba yang ada di Palestina itu sangat tidak beda jauh dengan Indonesia. Ya, pasalnya hampir semua perlombaan tradisional ada di sana. Bayangkan saja, mulai dari panjat pinang, tarik tambang, lomba mengeluarkan koin, memasukkan pensil dalam botol hingga balap karung pun juga di adakan di sana.

Panjat pinang Palestina [sumber gambar]
Namun demikian tidak mudah untuk mengenalkan lomba-lomba ini pada warga. Ya, beberapa hari sebelumnya panitia harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu agar warga di sana paham dengan cara dan peraturan lomba. Namun yang unik, di hari H ternyata banyak orang yang mengikutinya bahkan ribuan yang hadir.

Upacara dan pengenalan budaya pun juga ada

Lantaran diadakan pada hari kemerdekaan, tentu jadi salah satu hal wajib kalau mesti diadakan upacara kemerdekaan. Nah di sana ternyata juga dilakukan upacara kemerdekaan seperti yang ada di Indonesia dimana sang saka Merah Putih berkibar jadi simbol persahabatan dua negara.

Upacara bendera di Palestina [sumber gambar]
Tidak sampai di situ, masih ada hiburan lain yang juga diselenggarakan panitia. Salah satunya adalah tarian dari Palestina sendiri yang dilakukan oleh anak-anak di sana. Rencananya, kegiatan seperti ini akan terus diselenggarakan kalau ada momen yang tepat ke depannya. Dan tentu akan diusahakan agar bisa lebih besar dan meriah dari pada yang sekarang.

Memang dari dulu hubungan kedua negara dianggap erat

Kalau sampai Palestina ikut dalam menyelenggarakan HUT RI yang ke 73, itu semua sejatinya tidak terlepas dari hubungan kedua negara yang erat sejak dulu. Seperti yang kita ketahui kalau Palestina jadi salah satu negara yang dulu pertama kali mengakui mengenai kemerdekaan kita.

Hubungan kedua negara emang erat [sumber gambar]
Jadi bukan hal yang aneh kalau sampai sekarang masih terjalin hubungan baik. Tidak sampai di situ, bahkan saat konflik terjadi di Palestina ini Indonesia juga sudah beberapa kali mengirim bantuan, baik secara materil maupun moril. Bahkan Indonesia jadi salah satu negara yang lantang ingin membantu Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan.

Tentu kita jadi semakin bangga dimana saudara kita di Palestina juga ikut merasakan senang dalam menyambut HUT RI ke 73. Apalagi bisa jadi salah satu sarana dalam menyebarkan budaya Indonesia. Diharap ke depannya hubungan antara kedua negara ini bisa lebih baik.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Aduh Bikin Malu! Inilah Noda-noda Asian Games 2018 yang Mungkin Tak Kamu Ketahui

Jangan Bangga Smartphonemu Sudah Rooting, Ternyata Punya Dampak yang Buruk!