10 Pakaian di Nusantara Tempo Dulu yang Bikin Geleng-geleng Kepala

oleh VeBee
14:01 PM on May 31, 2016

Pakaian merupakan salah satu hal yang identik dengan identitas seseorang atau masyarakat di suatu daerah. Begitu pula pakaian di Indonesia. Di negara ini kita mengenal pakaian adat atau sering disebut baju daerah. Pakaian atau baju daerah ini ternyata merupakan pakaian yang telah dikenakan sejak berabad-abad yang lalu loh. Pakaian yang dikenakan pun sedikit banyak juga mirip dengan pakaian adat yang kita kenal saat ini.

Inilah galeri pakaian daerah di Indonesia tempo dulu yang unik dan klasik abis.

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

1. Beginilah pakaian yang dikenakan masyarakat Aceh, yang sekitar abad 18 dan 19-an

Pakaian masyarakat Aceh zaman dulu
Pakaian masyarakat Aceh zaman dulu

2. Lain Aceh, lain pula orang-orang dari Batak Karo. Orang dari suku ini punya pakaian yang tak kalah unik dari suku-suku sebelumnya.

Pakaian orang-orang suku Batak Karo zaman dulu [image source]
Pakaian orang-orang suku Batak Karo zaman dulu [image source]

3. Masih di pulau yang sama yaitu di Sumatra, ada suku Minangkabau.  Orang-orang dari suku ini mengenakan pakaian seperti baju adat Minang yang kita kenal saat ini.

Pakaian orang Minang zaman dulu [image source]
Pakaian orang Minang zaman dulu [image source]

4. Nah, sekarang kita lihat pakaian dari tanah Jawa. Nggak jauh berbeda dari zaman sekarang, dulu pakaian orang Jawa adalah kebaya dan kain jarik.

Foto keluarga Kartini, salah satu keluarga Jawa [image source]
Foto keluarga Kartini, salah satu keluarga Jawa [image source]

5. Kalau rakyat di Pulau Dewata, pakaiannya vulgar banget. Tapi dulu nggak marak dengan pemerkosaan. Kenapa bisa begitu ya?

Adat Bali
Adat Bali [image source]

6. Tak jauh beda dari tetangganya yaitu Bali, suku Sasak di Lombok juga mengenakan pakaian yang vulgar. Mereka bertelanjang dada baik laki-laki maupun perempuan.

Foto masyarakat suku Sasak yang diambil tahun 1911 [image source]
Foto masyarakat suku Sasak yang diambil tahun 1911 [image source]

7. Dari Pulau Kalimantan, ada suku Dayak. Hampir sama dengan suku Sasak dan orang Bali, pakaian suku Dayak juga nyaris telanjang. Yang bikin unik adalah kembennya yang terbuat dari logam.

Pakaian masyarakat Dayak zaman dulu [image source]
Pakaian masyarakat Dayak zaman dulu [image source]

8. Di Sulawesi ada suku yang terkenal tangguh mengarungi samudera, Suku Bugis. Pakaian orang-orang dari suku ini seperti yang kita kenal sekarang dengan baju Bodo.

Pakaian suku Bugis dalam sebuah acara di Sulawesi [image source]
Pakaian suku Bugis dalam sebuah acara di Sulawesi [image source]

9. Dari tanah Maluku, inilah potret masyarakatnya zaman dulu. Pakaiannya sekali lagi, vulgar abis.

Foto masyarakat Maluku tempo dulu [image source]
Foto masyarakat Maluku tempo dulu [image source]

10. Dan di pulau terbesar dan paling timur Nusantara, Papua atau dulu bernama Irian Jaya.  Hampir sama dengan Maluku, orang Irian menggunakan daun rumbia sebagai pakaiannya.

Masyarakat Irian yang dulu masih bergabung dengan Papua Nugini [image source]
Masyarakat Irian yang dulu masih bergabung dengan Papua Nugini [image source]
Ternyata pakaian orang-orang Indonesia (dulu masih Nusantara) seperti deretan gambar di atas. Sebagian besar pakaian yang dikenakan hanya menutup setengah badan, alias vulgar. Tapi meski begitu, zaman dulu aksi pemerkosaan dan pencabulan tidak sebanyak zaman sekarang yang bajunya sudah lebih tertutup. Nahlo, sebenarnya apa yang terjadi dengan masyarakat Indonesia?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA