Perjuangan Pak Soleh, Tukang Ojek 60 Tahun yang Bersaing di Antara Derasnya Tren Grabbike dan Gojek

oleh Tetalogi
20:00 PM on Sep 2, 2015

Beberapa waktu belakangan ini, berita tentang Grabbike dan Gojek menyebar luas. Pasalnya, ojek yang lebih modern dan terorganisir ini kabarnya lebih murah dari ojek biasa serta lebih praktis karena bisa melakukan pemesanan dengan menggunakan smartphone. Akibatnya, banyak orang kemudian berbondong-bondong ingin bergabung dengan ojek modern ini. Namun di balik itu semua, nasib ojek yang lama jadi dipertanyakan.

Tidak sekali dua kali terjadi perkelahian antara sopir gojek dan ojek pangkalan. Masalahnya tidak lain karena penghasilan ojek umum yang jelas menurun karena kehadiran ojek yang lebih modern ini. Termasuk kakek-kakek tukang ojek yang mangkal di stasiun Palmerah.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Meski sudah berusia 65 tahun, Pak Soleh masih setia menjadi seorang tukang ojek sejak 10 tahun yang lalu. Dengan sopan ia akan menyodorkan helm ke orang yang lalu lalang di trotoar dengan harapan ada orang yang membutuhkan jasanya. Sebelum menjadi tukang ojek, kakek ini pernah bekerja sebagai pedagang kaca di Pejompongan.

Kakek Tukang Ojek [Image Source]
Kakek Tukang Ojek [Image Source]
Setiap harinya, ia akan berangkat dari rumahnya di Sawangan, Depok menuju stasiun Palmerah tempat ia mangkal. Baginya, mendapatkan penumpang adalah hal yang sulit karena menurutnya kebanyakan orang takut dibonceng olehnya karena usianya yang sudah tua. Rata-rata, sehari ia hanya bisa membawa pulang 60 ribu rupiah setelah ngojek seharian, sebuah angka yang tentu jauh di bawah pendapatan tukang ojek lainnya.

Dalam akun Facebook Dewi Rachmayani, ia menceritakan pertemuannya dengan Pak Soleh ini. Begitu tergeraknya, sampai-sampai Dewi rela membayar jasa ojek Pak Soleh lebih banyak dari seharusnya. Tidak hanya Dewi, banyak orang yang membaca postingannya ikut tergerak dan menyebarkan kisah Pak Soleh.

Siang ini, batalin orderan grabbike dari stasiun Palmerah – ktr. Pasalnya, di stasiun Palmerah ketemu kakek2 yg dgn…

Posted by Dewi Rachmayani onĀ Tuesday, September 1, 2015

Melihat perjuangan kakek yang begitu bersusah payah bertahan di era yang serba modern ini, masihkah kita yang sudah berkecukupan mau mengeluh? Sementara ada banyak orang-orang yang berusaha bertahan namun semakin tergerus oleh modernisasi.

Mungkin, ada baiknya jika sejenak kita menghargai usaha Pak Soleh yang terus berusaha dan tidak mau menyerah meski di usianya yang sudah senja. Tidak ada salahnya kita membantu kakek ini dan memanfaatkan jasanya.

Menurut akun Facebook Dewi Rachmayani yang mengulas tentang Pak Soleh, siapapun yang membutuhkan jasa ojeknya bisa menghubungiĀ 085775304525. Pak Soleh beroperasi di sekitar Palmerah. Tidak ada salahnya menggunakan jasa beliau, bagi siapapun yang membutuhkan, sekaligus membantu Pak Soleh.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA