Pahlawan Kebangkitan Nasional Yang Hampir Terlupakan

oleh Febri
07:10 AM on May 20, 2015

Apakah arti sebuah pahlawan dalam hidup Anda? Dia adalah orang hebat yang berjasa untuk hidup Anda hari ini, maka sudah seharusnya jasa-jasanya tidak dilupakan begitu saja. Indonesia juga punya pahlawan-pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaanya. Tapi ironisnya, generasi penerusnya seakan ‘lupa’ terhadap jasa-jasa mereka.

Apakah cara kita menghargai jasa mereka hanya dengan menggunakan nama nereka sebagai nama jalan saja? Tentu tidak, kita juga harus meneruskan perjuangan mereka untuk mewujudkan indonesia yang benar-benar merdeka.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Maka menjelang hari kebangkitan nasional ini, marilah kita mengenang kembali para pahlawan yang membangkitkan nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka. Mereka adalah pelopor bangkitnya semangat nasionalisme muda-mudi dari generasi-ke generasi hingga hari ini. Siapa sajakah mereka ? ini dia para pahlawan kita.

1. Dr. Soetomo

Tokoh Kebangkitan Nasional yang berhak menempati urutan pertama adalah Dr. Soetomo, Kenapa begitu? Ini karena, peringatan Hari Kebangkitan Nasional sendiri ditetapkan berdasarkan hari berdirinya organisasi Boedi Utomo pada 20 mei 1908 silam yang dipelopori oleh beliau.

Dr. Soetomo
Dr. Soetomo [imagesource]
Mungkin jika pahlawan lulusan STOVIA ini tidak mendirikan organisasi tersebut, maka tidak akan bermunculan organisasi-organisasi serupa lainnya. Pergerakan nasional serta kebangkitan bangsa ini melawan penjajahan tidak akan pernah terwujud.

2. Dr. Cipto Mangunkusumo

Dr. Cipto Mangunkusumo adalah orang yang berjasa besar dalam membangkitkan semangat nasionalisme lewat tulisan-tulisannya dalam De Express. Bahkan beliau harus menanggung resiko kehilangan pekerjaan sebagai seorang dokter, karena cenderung mengkritik Belanda pada saat itu.

Dr. Cipto Mangunkusumo
Dr. Cipto Mangunkusumo [imagesource]
Berbeda dengan generasi bangsa masa kini yang cenderung bisa mengkritik tapi tidak melakukan apa-apa untuk memperbaiki negeri ini. Dr. Cipto bersama dengan teman-temannya mendirikan organisasi politik pertama yang bernama Indische Partij. Walaupun dipecat sebagai pegawai Belanda ternyata tidak membuat nyalinya surut tapi malah semakin bersemangat melawan penjajahan.

3. Douwes Dekker

Sikap cinta tanah air benar-benar patut kita contoh dari seorang Douwes Dekker. Beliau memperlihatkan bahwa, walaupun ia tidak sepenuhnya berdarah Indonesia, tapi tetap memperjuangkan persatuan Indonesia.

Douwes Dekker
Douwes Dekker [imagesource]
Beliau mempunyai pemikiran bahwa Boedi Utomo yang berdiri sebelumnya, hanya bergerak di bidang kebudayaan. Maka berdirilah Indische Partij di tahun 1912, dengan tujuan yang lebih besar untuk menentang penjajahan.

4. HOS Cokroaminoto

Pahlawan hebat ini pernah mendapat julukan “Raja Tanpa Mahkota”. Sebutan ini disematkan kepadanya karena perjuangan beliau membela kaum pribumi dengan semangat nasionalisme yang cerdas.

HOS Cokroaminoto
HOS Cokroaminoto [imagesource]
Beliau berjuang melalui rumahnya yang digunakan sebagai tempat kost. Berawal dari rumah kost inilah HOS Tjokroaminoto mengajarkan nasionalisme hingga masalah politik pada pemuda-pemuda yang nantinya akan menjadi tokoh-tokoh penting di Indonesia. salah satu yang beliau ajarkan adalah sikap percaya diri dan mengangap bahwa orang pribumi itu sederajat dengan orang asing seperti Belanda.

5. Ki Hadjar Dewantara

Selain menjadi pahlawan pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara juga ikut memperjuangkan kemerdekaan indonesia, beliau mencurahkan buah pikirannya dan mengajak orang lain melawan penjajahan melalui bangku pendidikan.

Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara [imagesource]
Beliaulah yang mempelopori berdirinya sekolah untuk rakyat pribumi, sehingga tak hanya ilmu pengetahuan yang disalurkan tapi juga rasa nasionalisme untuk mencapai indonesia merdeka yang diimpi-impikan.

Belum terlambat untuk membenahi negeri tercinta ini, para pahlawan-pahlawan hebat tersebut telah membuktikan bahwa dengan menanamkan jiwa nasionalisme maka Indonesia dapat disatukan dan memperoleh kemerdekaanya, hal itu juga dapat dilakukan saat ini tapi bukan untuk merdeka dari penjajahan tapi merdeka dari kemiskinan hingga kebodohan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan atas keberagaman Indonesia saat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA