in

4 Orang Penting Era Soeharto Yang Kini Terpinggirkan

4. Harmoko

Harmoko bisa dibilang orang terdekat dan paling setia pada Soeharto. Harmoko menjadi orang kepercayaan Soeharto dan menduduki jabatan-jabatan penting di pemerintahan. Tercatat tiga kali ia menjabat sebagai menteri penerangan di Kabinet Pembangunan. Yaitu Kabinet Pembangunan IV (1983-1998), Kabinet Pembangunan V (1998-1993) dan Kabinet Pembangunan VI (1993-1997).

Harmoko
Harmoko [image source]
Kedekatannya dengan Soeharto membuatnya mendapatkan julukan “anak emas” penguasa rezim Orde Baru. Harmokolah orang yang antusias agar Soeharto menjabat kembali sebagai Presiden Indonesia peride 1998-2003. Dengan Bantuan Harmoko, sidang MPR dapat dikendalikan dan Soeharto didaulat untuk meneruskan jabatannya sampai tahun 2003. Suara rakyat ternyata berbeda, hanya dalam hitungan bulan demonstrasi besar-besaran menduduki gedung MPR dan menuntut agar Soeharto turun dari jabatannya.

Lalu kemana Harmoko saat itu? Secara tak terduga ia malah mengeluarkan pernyataan pada pers meminta Soeharto mengundurkan diri, “Pimpinan Dewan baik ketua maupun wakil-wakil Ketua mengharapkan demi persatuan dan kesatuan bangsa, agar Presiden secara arif dan bijaksana sebaiknya mengundurkan diri,” kata Harmoko saat itu. Pernyataan tersebut diduga karena rasa takut Harmoko pada ancaman massa, karena rumahnya di solo sudah ludes duluan di bakar massa. Demi melindungi dirinya ia memilih untuk melawan Soeharto.

Baca Juga : Orang Jenius dan Berjasa di Indonesia yang Ternyata Terjegal Negeri Sendiri

Itulah empat orang yang disebut-sebut sebagai anak emas Soeharto. Terlepas dari benar tidaknya hal itu, Kini ke empat orang tersebut telah menjadi orang-orang yang memiliki andil besar dalam mereformasi negeri ini.

Written by Febri

Leave a Reply

4 Proyek Gila Yang Dibuat Manusia Agar Selamat Dari Kiamat

5 Gitaris Fenomenal yang Jadi Bukti Kalau Hebat Tak Perlu Belajar Not Balok