9 Orang Berpengaruh di Indonesia Asal Makassar

oleh Ayu
14:28 PM on Mar 30, 2015

Banyak orang berpengaruh di Indonesia, ternyata berasal dari Makassar. Salah satu kota terbesar di Indonesia itu pernah menjadi kampung halaman, tempat belajar dan berkembangnya banyak orang hebat negeri ini.

Selain memberi kontribusi untuk negara dan masyarakat, kehidupan orang-orang ini pun bisa menjadi panutan. Bergerak di bidangnya masing-masing, orang-orang ini bisa menjadi inspirasi dengan segudang prestasi yang mereka miliki.

Baca Juga
Inilah 9 Institusi di Indonesia yang Paling Berprestasi, DPR Urutan Berapa Ya?
Nggak Hanya Sandiaga Uno, 6 Public Figure Ganteng Ini Juga Lakukan Perawatan Wajah dan Tubuh

1. Mario Teguh

Siapa yang tak mengenal sosok motivator yang selalu menunggingkan senyumnya ini? Mario Teguh, profil inspirator yang banyak memberikan nasehat hidup dan mampu menyentuh banyak kalangan masyarakat. Saat ini, Fan Page Mario Teguh menjadi salah satu halaman paling banyak dilike dengan 14 Juta lebih pengikut.

Meski ada istilah ‘Hidup tak semudah bacot Mario Teguh’, namun seperti namanya, Pak Mario tetap teguh menyuntikkan vitamin spiritual yang mampu mendongkrak semangat hidup banyak orang. “Orang yang bilang hidup tak semudah kata-kata Mario Teguh pasti hidupnya lebih susah,” adalah respon Pak Mario Teguh atas hal itu.

Mario Teguh (c) facebook
Mario Teguh (c) facebook

Hidup memang tidak mudah, namun juga tidak boleh kehilangan keyakinan. Mario Teguh selalu khas dengan ajakannya untuk ‘menyiapkan diri dan membaikkan diri’, karena sesuatu baik atau buruk akan datang tepat pada waktunya dan kita tetap harus menghadapinya. Lebih baik hidup gagah dalam getirnya kekecewaan karena gagal, daripada hidup minder karena takut mencoba, adalah salah satu petuah yang disampaikan oleh Mario Teguh.

2. Muhammad Jusuf Kalla

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering disebut sebagai JK, kini menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Di Makassar, Jusuf Kalla dikenal akrab disapa oleh masyarakat dengan panggilan Daeng Ucu. Pengaruh JK di Indonesia tak hanya dalam bidang politik dan pemerintahan. Sosok yang dikenal memiliki kemampuan berdiplomasi baik ini memiliki banyak peran dalam organisasi masyarakat seperti,  ketua umum Palang Merah Indonesia periode 2009-2014,  Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) di alamamaternya Universitas Hasanuddin dan sebagainya.

Muhammad Jusuf Kalla (c) orangterkayaindonesia
Muhammad Jusuf Kalla (c) orangterkayaindonesia

Meski besar di keluarga pengusaha, namun JK adalah sosok yang bersahaja dan selalu fokus akan pencapaian yang diinginkannya. Jusuf Kalla mengenyam pendidikan tinggi dan banyak bergaul dengan pebisnis maupun tokoh masyarakat. Yang khas dari gaya bicara Jusuf Kalla ialah gaya yang santai tapi selalu mengena pada hal yang sedang dibicarakan,

Jusuf Kalla juga sangat disegani dalam dunia perindustrian. Ia mengelola NV Hadji Kalla sejak tahun 1968 hingga kini merambah berbagai kanal seperti bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi. Duo Jokowi-JK memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden RI untuk periode 2014-2019.

3. Riri Riza

Adalah salah satu tokoh yang disegani dalam dunia perfilman Indonesia. Di tangannya, sudah lahir banyak film berkualitas yang menghidupkan kembali perfilman Indonesia. Riri Riza sering berpartner dengan Mira Lesmana.

Riri Riza (c) tribunnews
Riri Riza (c) tribunnews

Beberapa filmnya yang selalu hits adalah Petualangan Sherina, Kudesak dan Laskar Pelangi. Meski tergolong idealis, sutradara muda ini selalu bisa menghasilkan film yang laris di pasaran. Salah satu contohnya adalah Pendekar Tongkat Emas yang beberapa waktu lalu ditayangkan di seluruh Indonesia.

4. Shankar RS

Dunia perfilman Indonesia banyak bergairah di tangan produser berdarah India. Salah satunya adalah Shankar RS yang ternyata lahir di Makassar. Pria ini merupakan seorang produser yang cukup terpandang dalam dunia perfilman.

Shankar RS (c) tabloidbintang
Shankar RS (c) tabloidbintang

Lewat Indika Entertainment, Shankar RS selalu menelurkan film genre horor yang menggandeng banyak artis terkenal. Tema filmnya diambil dari mitos horor lokal seperti Hantu Jeruk Purut, Terowongan Casablanca dan sejenisnya.

5. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah salah satu nama yang berperan di balik layar Sinar Mas Group, salah satu perusahaan besar di Indonesia. Pria usia 91 tahun ini adalah pebisnis gigih dan disegani di Indonesia, dengan fakta bahwa ia hanyalah lulusan SD semata. Eka Tjipta adalah pria kelahiran Fujian, RRC, namun banyak menghabiskan masa mudanya di Makassar. Saat itu keluarganya miskin dan pendidikannya di bangku SD terancam.

Eka Tjipta Widjaja (c) googledrive
Eka Tjipta Widjaja (c) googledrive

Ternyata Eka Tjipta kecil adalah anak yang gigih. Ia membantu keluarganya dengan berjualan kembang gula hingga bisa membeli becak sendiri. Bahkan saat usahanya pernah bangkrut di jaman penjajahan Jepang dan Belanda, Eka tidak patah arang untuk merintisnya kembali. Kini, meski ia hanya tamatan SD, namun berhasil menjadi pengusaha sukses dan namanya masuk Forbes tahun 2011 sebagai orang terkaya nomor 3 di Indonesia. Putranya menjadi orang terkaya ke 32 di Singapura pada tahun 2013.

6. Najwa Shihab

Cantik dan brilliant, itulah sosok jurnalis Najwa Shihab. Wajahnya banyak ditemui sebagai news anchor dan pembawa acara Mata Najwa yang sudah mengusung banyak tokoh inspiatif hingga kontroversial. Putri dari Quraisy Shihab ini adalah salah satu tokoh pers yang bisa dikatakan berhasil karena sejak kemunculannya hingga kini, Najwa memiliki reputasi dan sederet prestasi yang membanggakan.

Najwa Shihab (c) tennyrosyaria
Najwa Shihab (c) tennyrosyaria

Salah satu momen besar yang pernah dilakukan oleh Najwa adalah ketika ia datang langsung ke Aceh, tidak lama setelah bencana tsunami melanda. Najwa mengaku bahwa pekerjaannya saat itu cukup menguras emosi karena ia melihat langsung efek dramatis dari korban.  Tahun 2005, ia memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya karena misi mulianya menyampaikan berita tentang Aceh.

Mata Najwa adalah salah satu program khusus yang juga dipunggawai oleh Najwa Shihab. Acara ini kerap diapresiasi baik oleh penonton maupun tamu yang diundang. Atas sikap dan karakternya dalam berdialog yang stabil, smart dan berempati, Najwa Shihab beberapa kali mendapat kehormatan untuk mewawancarai pertama kali. Misalnya saat Pak Habibie pertama kali muncul di layar kaca setelah kehilangan Bu Ainun, atau saat Mantan Presiden SBY baru saja dilantik.

7. Aksa Mahmud

Aksa Mahmud terbilang masih keluarga dengan JK. Ia merupakan pemilik Bosowa Corp. dan disebut sebagai orang terkaya ke 38 versi Forbes. Aksa Mahmud lahir di Baru, Sulawesi Selatan. Bosowa Corp. sendiri merupakan bisnis rintisannya yang meliputi bidang Otomotif, Semen, Logistik & Transportasi, Pertambangan, Properti, Jasa Keuangan, Infrastruktur, Energi, Media, dan Multi Bisnis.

Aksa Mahmud (c) youtube
Aksa Mahmud (c) youtube

Aksa Mahmud pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI. Meski tidak lahir di Makassar, namun beliau menyelesaikan pendidikan di Makassar dan beberapa kali menjadi aktivis organisasi di sana.

8. Abraham Samad

Masih hangat di ingatan tentang kasus Polri vs KPK, di mana Abraham Samad disebut dalam kasus tersebut. Pria kelahiran Makassar ini memang sebelumnya ditunjuk menjadi salah satu ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, namun tersangkut kasus yang belum berujung ini membuatnya di-nonaktifkan. Abraham Samad sudah lama berkecimpung dengan dunia hukum. Ia pernah menjadi advokat, konsultan hukum, hingga mulai mendalami isu korupsi dengan menjadi aktivis pemberantasnya.

Abraham Samad via Politik Kompasiana

Abraham Samad menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh di masyarakat. Buktinya setelah masalah KPK dengan Polri, banyak dukungan masyarakat berdatangan pada lulusan Universitas Hasanuddin Makassar ini.

9. Remy Sylado

Bagi penggemar sastra, tentu tahu dengan sosok pria yang satu ini. Ia adalah salah satu penulis dan sastrawan yang unik, karena memiliki banyak nama samaran. Beberapa di antaranya adalah  Dova Zila, Alif Danya Munsyi, Juliana C. Panda dan masih banyak lagi. Karya-karyanya selalu menjadi legendaris. Sebut saja Ca Bau Kan, Kembang Jepun, hingga Tutur Tinular.

Remy Sylado (c) viva
Remy Sylado (c) viva

Pria kelahiran Makassar ini menguasai beberapa bahasa sekaligus. Sastra buah tulisannya kerap menggunakan istilah lama. Ia adalah salah satu sastrawan nyentrik dengan cara menulis yang antik, karena masih suka bongkar arsip lama di perpustakaan atau hunting ke pasar buku bekas dalam rangka riset penulisan karya sastranya.

Masih banyak lagi tokoh-tokoh besar dan berpengaruh yang berasal dari Makassar. Namun semoga secuplik ulasan ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA