in

4 Aksi Mulia Pengembalian Uang Ini Jadi Bukti Orang Jujur Masih Banyak di Indonesia

Baru-baru ini dunia maya dikejutkan dengan aksi pengembalian dompet berisi uang 148 juta yang dilakukan oleh bocah SMP di California. Hal mulia ini juga membuat anak bernama Rhami Zeini digajar hadiah sebesar 1,4 juta. Terlepas dari nominal yang diterimanya, Zeini menunjukkan kepada kita semua apabila orang jujur masih ada di dunia ini. Kisah semacam itu ternyata juga sempat terjadi di Indonesia.

Kendati jumlahnya tidak banyak, namun perilaku mereka jauh lebih baik dari pada para koruptor yang kerap mencuri uang negara. Kisah mereka pun sangat layak berikan apresiasi tinggi, lantaran berani menolak yang bukan haknya. Dan juga menghiraukan keuntungan dari uang yang ditemukannya. Lalu siapa sajakah orang berhati mulia tersebut? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Jubaidi, pemulung yang sudah enam kali mengembalikan uang temuan

Jubaidi [Sumber Gambar]
Sebagai seorang pemulung yang hidup pas-pasan ternyata tidak membuat Jubaidi hilang rasa jujurnya. Bahkan dalam perjalannya menjadi pemungut sampah selama 27 tahun pria asal Mojokerto ini selalu mengembalikan sebuah uang temuannya. Seperti beberapa bulan yang lalu ia menyerahkan uang dengan nominal 20 juta ke kantor polisi. Dilansir laman Detik.com, hal mulia ini sudah dilakukannya sebanyak enam kali. Sebuah hal yang bisa membuatnya auto menjadi duta kejujuran di Indonesia.

Pencari sampah Denpasar menolak kaya dengan emas temuannya

Ilustrasi pemelung Denpasar [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan Jubaidi, seorang pemulung di Bali bernama Ahmad Zaini juga melakukan hal yang serupa. Malahan pria asal Situbondo ini menolak sebuah emas yang memiliki nilai ratusan juta. Dilansir laman Liputan6, temuan yang memiliki nominal sebesar 300 juta tersebut didapatkannya di sebuah bak truk sampah. Kendati sempat menyimpannya sendiri, namun pada akhirnya ia mengembalikan kepada yang mempunyai barang tersebut. Perilaku yang dilakukannya tersebut ubahnya tokoh-tokoh super hero yang ada di film Avangers.

Hati jujur petugas kebersihan ini selamatkan tas wanita berisi uang jutaan

abdullah-petugas-kebersihan [Sumber Gambar]
Selain pemulung perilaku semacam itu juga sempat dilakukan oleh seorang karyawan ISS yang ditempatkan dibagian kerbersihan. Pria diketahui bernama Abdulah itu menemukan uang yang sebesar 30 juta saat menjalankan tugasnya di sebuah kereta api. Temuan yang sempat dikira hanya sebatas tas berisi make-up langsung diberikannya kepada atasnya. Perilaku baik karyawan ISS ternyata tidak hanya dilakukan oleh Abdulah saja, petugas bernama Hamzah juga mengembalikan uang temuan berjumlah 12 kepada pemiliknya. Padahal jika disimpannya langsung kaya mendadak itu sobat. Namun mereka tetap berpegang kepada perilaku jujur.

Kendati sulit jadi pengajar honorer, guru ini pilih mengembalikan uang temuan

Guru Honorer [Sumber Gambar]
Dalam banyak hal menjadi seorang pengajar honorer bukanlah perkara yang mudah. Selain harus bekerja keras bagaikan kuda, mereka juga kerap mendapatkan gaji yang yang ngenes. Namun, keadaan serba tidak enak tersebut tak serta merta membuat guru bernama Wahyu Sriyanto menanggalkan perilaku jujur. Pria 24 tahun yang menemukan uang 2,5 juta malah dengan berani mengembalikan kepada pemiliknya. Ketika uang temuannya berwujud seratusan yang didapatkan tidak bermilik di depan ATM BRI Panglima Utara Kumai.

Dari beberapa ulasan ini kita dapat mengambil kesimpulan jika tidak semua keadaan susah mengubur perilaku jujur manusia. Kendati sebetulnya dengan uang temuan langsung bisa ‘kaya’, namun mereka memilih untuk tetap berperilaku jujur. Sebuah hal juga membuktikan bahwa di Indonesia orang kategori auto hebat ini masih banyak. Besar harapan mereka menjadi contoh para koruptor di tanah air.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Kebiasaan Makanmu Jadi Aneh? 4 Kelainan Ini Bisa Jadi Sedang ‘Bertamu’ ke Tubuhmu

Sangarnya Pertempuran Saragarhi, Ketika 21 Orang Mengalahkan 10 Ribu Pasukan Perang